Jika pada sebelumnya, kami telah berbagi tentang 8 Strategi dan Tips Menembus SNMPTN 2018maka pada kali ini tim redaksi langsung memberikan artikel tentang saran dan tips dari alumni yang telah tersebar di berbagai universitas di Indonesia.

Kakak – kakak ini adalah mahasiswa yang lulus SNMPTN 2016 tahun lalu.

Apa saja saran dan tips mereka untuk kamu yang ingin lulus SNMPTN 2018 ini? Mari kita simak di bawah ini:

1.  Windy Prastyaningrum Nawawi
(Bahasa dan Sastra Asing Universitas Negeri Semarang)

Windy Prastyaningrum Nawawi

Ada beberapa strategi yang saya lakukan agar lulus SNMPTN, diantaranya:

a. Berdo’a: Yakinkan dirimu lulus snmptn, kalau pun belum rejekinya (tapi semoga rejekinya) tidak apa-apa berarti kamu harus lebih berjuang lagi di SBMPTN dan UM.

b. Restu kedua orangtuamu: Mintalah restu kepada kedua orangtuamu, karena ridha orangtua ridha-Nya juga. Mulailah nurut apa perintah orangtuamu (tapi yang baik-baik ya). Niscaya kamu akan dipermudah olehNya.

c. Belajar: Memang sih kelas 12 sebenarnya tinggal mengulas apa saja yang sudah didapat sewaktu kelas 10 dan 11, tetapi alangkah baiknya jika kamu belajar lagi untuk membuat dirimu siap menghadapi segala ujian.

d. Jangan sombong : Nih, buat kalian yang sudah diberi kesempatan mendaftar snmptn, janganlah kalian sombong. Karena kesombongan tidak akan membawa kesuksesan. Biasa saja. Untuk kalian (khususnya kelas 12 hehe) perbanyaklah sedekah, karena dengan sedekah (Inshaa Allah) akan dipermudah.

e. Pilihlah jurusan yang benar-benar kalian minati. Jangan terpengaruh oleh teman,saudara,dll. Pilih sesuai minat kamu jadi nanti waktu kuliah tidak ada yang bilang “ah, salah jurusan.” “Ah, sulit nih. Males banget” Semua tergantung kalian, dek. Kalau kalian bersungguh-sungguh dalam kuliah pasti tidak ada opini seperti itu. Mencoba menerima apa yang telah diberikan olehNya.

f. Berdoa. Pasrahkan semua kepadaNya. Semua hasil yang akan kalian terima adalah sesuai dengan perjuangan yang kalian lakukan.

2. Suci Amanah
(
THP, Universitas Diponegoro)

suci amanah

Pilih prodi yang daya tampungnya banyak, sesuaikan prodi yang kamu pilih dengan nilai raportmu dan passion-mu dan terakhir pilihlah yang peminatnya sedikit.

Baca: 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Webometrics 2016

3. Dewi Isra
(
Biologi, Universitas Negeri Padang)

dewi isra

Kunci utama adalah lewati proses belajar itu dengan baik, karena hasil tidak pernah membohongi proses. Dalam artian, bersungguh-sungguh saat belajar sehingga mendapatkan nilai akhir semester yang berkualitas.

Selain itu pula aktif di kegiatan ekstra maupun organisasi, seperti ikut pramuka, PMI, lomba karya ilmiah dan lain sebagainya karena sertifikat prestasi nasional maupun regional sangat membantu di SNMPTN serta nilai UN tentunya harus diatas KKM.

Letakkan jurusan yang diprioritaskan pada pilihan pertama dan pilihlah jurusan yang paling diminati, juga harus pandai membaca peluang seberapa persenkah presentasi kelulusan saya ketika saya memilih jurusan tersebut dengan jumlah peminat yang demikian.

4. Nurrijawati
(Biologi, Universitas Mataram)

nur

a. Tentukan Universitas yang menjadi prioritasmu Menurut aku ini yang paling utama because kamu harus tentuin dari jauh hari kamu mau masuk Universitas mana dan itu sistemnya harus diprioritaskan. Artinya kamu, harus mengutamakan universitas yang ingin banget kamu masukin.

Jika sudah ditentukan, kamu bisa lihat peluang masuk universitas tersebut berapa persen ,sehingga itu bisa jadi acuan untuk lolos. Jangan lupa lihat akreditas kampus yang dipilih, apakah A,B,atau C karena ini penting banget buat kamu ke depannya dalam dunia pekerjaan jangan sampai  kamu milih atau tiba – tiba masuk universitas yang akreditasinya C dehh..

b. Tentukan jurusan yang menjadi keinginan dan prioritas Dalam menentukan jurusan, kamu harus lihat dulu berapa daya tampung dari jurusan yang dipilih di universitas yang kamu pilih.

Bisa melalui web universitas yang kamu pilih juga. Setelah kamu lihat daya tampunngya berapa,  kamu  juga harus tahu saingan di sekolah kamu yang milih jurusan yang sama ada berapa.

Kalo misalnya di jurusan yang kamu pilih ada sedikit peminat yang ada di sekolah lo terus daya tampung di universitas sedikit juga maka itu bisa menjadi peluang besar buat lo lolos snmptn di major tersebut.

Baca juga: Jangan Takut, Semua Orang Punya Kesempatan untuk Kuliah

c. Nilai raport walaupun hal itu tidak terlalu menjanjikan untuk lolos Biarpun nilai raport gak menjamin banget buat kamu lolos tapi menurut aku kagak ape2  lo bagusin nilai raport lo karena nilai raport yang bagus juga bisa menjadi pertimbangan tapi  tergantung juga kamu ngambil jurusan apa. Misalnya kamu ambil jurusan biologi  kayak gue.

Nah jadi kamu harus bagusin nilai biologi kamu jangan sampai nilainya naik-turun kayak sinyal itu bisa memperkecil peluang kamu lolos.

d. Strategi dengan model A1 – A2 – B Nah maksudya A1= universitas yang kamu prioritaskan untuk masuk dengan jurusan yang kamu yang ingin banget. A2= universitas yang sama (A1)yang ingin kamu masuk tapi dengan jurusan cadangan.  B =  universitas pilihan kedua yang kamu pilih dengan jurusan yang terserah kamu mau pilih apa

e.  Jangan bergantung pada SNMPTN, kamu harus tetap belajar untuk persiapan SBMPTN. Ini penting untuk diingat, jangan keenakan dan berharap lolos SNMPTN karena biar nilai kamu bagus  belum tentu juga lulus.

Saran nih, kamu lebih baik pelan – pelan belajar soal – soal  SBMPTN yang tahun lalu karena biasanya modelnya sama sebagai persiapan kalo seandainya kamu tidak  lulus SNMPTN jadi gak bakalan kelabakan buat belajar SBMPTN pada nantinya karena kamu udah latihan dari awal.

6. Berdoa Setiap apapun yang kita usahakan harus diiringi dengan doa, karena lolos SNMPTN itu biasanya juga bisa dibilang keberuntungan so perecaya aje deh sama Allah.

5. Inggrit
(Ilmu filsafat Universitas Gadjah Mada)

inggrid

Untuk tips dan trik SNMPTN, hal yang pertama perlu diketahui adalah SNMPTN bukan masalah keberuntungan, melainkan bagaimana kita mengatur strategi.

SNMPTN tetap menggunakan perhitungan yang jelasnya lebih rumit sehingga kebanyakan siswa berpendapat “ah SNMPTN mah untung-untungan doang” katakanlah mereka malas untuk mencari tahu.

Kemarin aku juga melakukan perenungan atas apa yang diperlukan untuk perhitungan SNMPTN, yang jelasnya butuh nilai raport yang agak stabil, prestasi(aku gak punya).

Nilai-nilai mata pelajaran tertentu yang berhubungan dengan jurusan yang diambil, jumlah alumni yang ada di universitas pilihan, prestasi alumninya, akreditasi sekolah, sifat pemikiran peserta yang bakal ambil jurusan yang dipilih, kuantitas peserta, kualitas peserta, daya tampung, peluang.

Banyak peserta tahun kemarin dibagi daya tampung, asal daerah, kebijakan kebijakan yang ada di negara, penyelenggara SNMPTN, serta universitas, melihat cerminan diri, dsb. Banyak yang perlu diperhitungkan, itu hanya peritungan aku kok.

Yang jelasnya kita butuh usaha, terus doa sama Tuhan, dan kalo milih jurusan tuh ya pilih passionnya atau inginnya dimana, jangan pikirin PG, PG mah gaada menurutku, tapi pilih jurusan dulu jangan pilih universitas.

Kuliah dimana aja sama, kalo diterima ya bersyukur, jangan sekali – kali ambil jurusan yang kita gak mau kesana, karena itu bakal mempengaruhi kuliah nantinya

Intinya bisa melihat realitas jangan fakta aja.
Nah, mudah – mudahan tips dan trik yang diberikan kakak – kakak di atas membantu kamu yang ingin daftar SNMPTN 2017 ya.