Sebagai mahasiswa, kewajiban yang harus dijalankan tak lain dan tak bukan adalah kuliah. Di perkuliahan, kita belajar dan menuntut ilmu untuk menggapai apa yang kita inginkan.

Ilmu tidak hanya didapatkan dari kuliah. Belajar tidak hanya sebatas di perkuliahan. Di luar perkuliahan, kita juga bisa belajar materi perkuliahan untuk didalami atau lebih mengerti.

Berbicara tentang hal tersebut, saya pernah mengalami kesulitan untuk belajar di luar perkuliahan. Saya memang bisa belajar dimanapun dan kapanpun saya berada. Sering kali saya tidak bisa fokus sehingga membuat saya tidak “tangkap” penuh materi yang ingin dipelajari.

Keributan di sekitar, waktu yang mepet, tempat yang tidak cocok, dan gangguan lainnya yang mengalihkan pikiran saya bisa menjadi penyebabnya. Itulah masalah yang saya hadapi pada saat itu.

Tentu saya tidak membiarkan masalah tersebut bersarang. Saya mencari tau bagaimana cara supaya saya bisa fokus belajar. Pada akhirnya, saya pun menemukan caranya. Cara itulah yang akan saya bagikan di tulisan ini.

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan supaya kita bisa sepenuhnya fokus untuk belajar. Tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

Siapkan materi pembelajaran

Sudah pasti dong. Hal yang paling awal adalah menentukan mata kuliah dan materi-materi apa saja yang akan dipelajari dalam mata kuliah tersebut. Ini dilakukan supaya tidak buang-buang waktu ketika mau belajar.

Tetapkan waktu

Tetapkan Waktu untuk BelajarNah, ini nih yang perlu diperhatikan selanjutnya. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya bisa belajar dimanapun dan kapanpun saya berada tetapi itu tidak efektif.

Kita perlu menyediakan waktu luang yang cukup untuk fokus belajar. Memanfaatkan kesempatan waktu yang sedikit bisa-bisa saja asalkan kita tau apa yang perlu dipelajari dan bisa fokus. Jika kita belajar pada saat yang mepet atau dikejar waktu, kemungkinan untuk bisa fokus tidaklah terlalu besar.

Usahakan untuk belajar di saat-saat yang nyaman atau santai sehingga pikiran kita pun bisa lebih terarah. Disinilah manajemen waktu sangat penting. Kita harus mengatur waktu kita sebaik mungkin.

Oh iya, satu lagi, jangan belajar lebih dari satu materi dalam waktu yang sama. Itu malah akan membuat fokus kita terbuyar. Selesaikan terlebih dahulu satu materi baru lanjut ke materi lain.

Baca juga: 7 Tips Manajemen Waktu untuk Mahasiswa

Pilih tempat yang nyaman

Pilih Tempat yang Nyaman untuk BelajarSelain waktu, tempat kita juga mempengaruhi lho. Jika kita belajar di tempat yang ribut seperti dekat dengan jalan raya atau di sebuah acara panggung, pasti kita akan susah untuk fokus.

Pilihlah tempat yang nyaman, sunyi, dan tidak membuat kita kepanasan atau kedinginan. Misalnya, di rumah, cafe, atau taman.

Tempat-tempat yang memiliki suara rumput dihembus angin, suara air mengalir, dan kicauan burung juga bisa membuat kita jauh lebih tenang, santai, dan fokus.

Baca juga: 6 Tempat yang Wajib Dikunjungi Mahasiswa 

Jauhi semua gangguan

Tentunya gangguan-gangguan pada setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang bisa fokus jika mendengarkan lagu, mendengarkan alunan musik yang santai tetapi ada juga yang tidak bisa. Ada orang yang bisa fokus jika suasananya benar-benar sunyi.

Contoh gangguan terbesar saat belajar adalah gadget. Mulai dari suara notifikasi yang masuk, nge-game, dan chatting-an sama teman pastinya akan membuat kita tidak fokus dan akhirnya materi-materi yang dipelajari tidak masuk ke otak. Matikan semua notifikasi gadget dan hindari melakukan sesuatu yang lain selain belajar.


Nah, itulah 4 langkah yang membuat saya bisa sepenuhnya fokus untuk belajar materi perkuliahan sampai sekarang.

Di kampus, tentunya kita akan menghadapi yang namanya quiz, ujian tengah semester (UTS), dan ujian akhir semester (UAS). Jauh sebelum itulah, kita perlu belajar apa-apa yang akan diujikan.

Bukan itu saja, sebagai mahasiswa, belajar membuat kita mendapatkan lebih banyak pengetahuan. Ilmu tidak akan didapat jika tidak dicari. Jadi, bukan hanya sebatas untuk quiz, UTS, ataupun UAS.

Belajar itu perlu tetapi jangan berlebihan sampai kita mengurung diri dari pergaulan. Jangan sampai kita lupa bersosialisasi gara-gara terus belajar. Semuanya harus seimbang.

Itu saja yang perlu saya sampaikan di tulisan ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan langkah-langkah di atas bisa diterapkan oleh semua orang.

Baca juga: Pilih Genre Musik yang Cocok untuk Belajar