Halo, kali ini Ruang Mahasiswa akan membahas tentang beasiswa ke kuliah ke luar negeri yang bisa kamu ikuti.

Terutama, program beasiswa luar negeri yang sangat populer dan mempunyai reputasi yang besar. Dibuktikan setiap tahunnya bisa puluhan ribu calon pelamar memperebutkannya.

Selain itu, beasiswa luar negeri menjadi primadona karena fasilitas yang disiapkan penyelenggara beasiswa tersebut. Umumnya, program beasiswa bergengsi ini sudah memfasilitasi biaya kuliah, uang saku bulanan, asuransi kesehatan, biaya penelitian, hingga tempat tinggal.

Tidak itu saja, penerima beasiswa nyaris tak mengeluarkan uang sepersen pun untuk kebutuhan studi. Bahkan, sebelum berangkat ke negara tujuan hingga kembali ke negara asal, tiket pesawat sudah ditanggung.

Sekarang, jika kamu ingin lanjut kuliah ke luar negeri tapi terkendala dengan biaya. JANGAN KHAWATIR, karena ada banyak beasiswa bergengsi luar negeri yang bisa kamu manfaatkan untuk mewujudkan cita-citamu.

Berikut 10 Top beasiswa paling bergengsi Kuliah Keluar Negeri yang bisa kamu ikuti.

Mari simak ulasan di bawah ini:

1. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

beasiswa lpdp kuliah ke luar negeri

Beasiswa LPDP atau yang disingkat dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kemenkeu dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia Indonesia yang berkarakter pemimpin, profesional, saintis, dan teknokrat.

Beasiswa LPDP ini bisa berlaku bagi kamu yang ingin kuliah di dalam ataupun di luar negeri. Tentunya, kalian harus mendaftarkan diri dulu dengan menyerahkan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Untuk mendaftar, kalian dapat melakukannya secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan kemudian mengunggah semua dokumen kelengkapannya (sesuai persyaratan) pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.

Selain itu, beasiswa ini memiliki tujuan yaitu: mencetak pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang dengan menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi mendatang sebagai pertanggungjawaban antargenerasi.

Adapun beberapa program yang ditawarkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Adalah:

  • Beasiswa Regular
  • Beasiswa Disertasi
  • Beasiswa Dokter Spesialis
  • Beasiswa Afirmasi:
  1. Beasiswa Daerah Tertinggal
  2. Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi
  3. Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera
  4. Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan dan Keagamaan
  5. Beasiswa Penyandang Disabilitas
  6. Beasiswa PNS/TNI/POLRI
  7. Beasiswa Santri
  8. Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilang/Talent Scouting
  9. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
  10. Program Co-Funding

Tidak itu saja, sobat mahasiswa harus melewati beberapa tahap seleksi

Untuk Beasiswa Reguler, Afirmasi Daerah 3T, Alumni Bidik Misi Berprestasi, Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera, dan Prestasi Olahraga, Seni Kebudayaan, dan Keagamaan:

  • Tahap 1: Pendaftaran pada website LPDP
  • Tahap 2: Seleksi Administrasi
  • Tahap 3: Seleksi Berbasis Komputer
  • Tahap 4: Seleksi Substansi

Untuk Beasiswa PNS/TNI/POLRI, Beasiswa Santri, dan Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan/Talent Scouting:

  • Tahap 1: Pendaftaran
  • Tahap 2: Seleksi atau pengusulan oleh Kementerian/Lembaga/Pemda
  • Tahap 3: Pendaftaran pada website LPDP
  • Tahap 4: Seleksi Administrasi
  • Tahap 5: Seleksi Berbasis Komputer
  • Tahap 6: Seleksi Substansi

Pastikan kalian yakin atas pilihan Perguruan Tinggi yang dituju karena setelah dokumen dikumpulkan kalian tidak diperbolehkan pindah Perguruan Tinggi.

2. Fulbright Scholarship

Fulbright Scholarship adalah beasiswa terpopuler di dunia. Beasiswa ini sangat bergengsi dan ternama. Fulbright scholarship merupakan beasiswa penuh hingga studi selesai di Amerika serikat.

Program ini disiapkan untuk pelajar Internasional dan juga warga Amerika Serikat.

Ada sekitar 7500 pelajar internasional yang menerima beasiswa ini setiap tahunnya. Fulbright Scholarship bertujuan untuk meningkatkan pemahaman antara warga Amerika Serikat dengan negara lain melalui pertukaran pelajar, pengetahuan, dan kemampuan.

Sebanyak 294 ribu alumni penerima Fulbright Scholarship di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola melalui AMINEF, lembaga yang mengurus kerjasama pertukaran pelajar Amerika Serikat dan Indonesia.

Beasiswa Fulbright juga di tawarkan dalam berbagai kategori, di antaranya:

  • Fulbright Master of Science & Technology Initiative Degree Program
  • Fulbright-DIKTI Master’s Degree Program
  • Fulbright Presidential Scholarship
  • Fulbright-Freeport Master’s Degree Program, dan beberapa jenis lain.

Program ini memberikan dana tunjangan kuliah termasuk, tiket pesawat, uang saku, asuransi kesehatan.

Selain itu, Fulbright Scholarship memberikan kesempatan bagi pelajar internasional untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat dengan jenjang studi S2 atau S3.

Pendaftaran beasiswa ini biasanya ditutup pada bulan April setiap tahunnya.

Jika, kamu ingin menempuh pendidikan di Amerika Serikat dengan beasiswa maka Fulbright bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan study di negeri Statue of Liberty ini.

Selain itu, kamu bisa merasakan suasana belajar yang serba digital, fasilitas kampus yang nyaman, bahkan kamu akan bertemu banyak orang dari belahan dunia. Menarik bukan?

Baca juga: 16 Beasiswa Ini Menantimu di Perguruan Tinggi

3. Erasmus Mundus Scholarship

Erasmus kepanjangan dari (European Community Action Scheme For The Mobility Of University Students) Scholarship merupakah beasiswa yang paling bergengsi di Uni Eropa.

Program beasiswa ini menyediakan dana penuh untuk mahasiswa-mahasiswa di Uni Eropa dan Asia khususnya Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, China, India, Indonesia, Maldive, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka dan Thailand.

Beberapa jenjang pendidikan yang tersedia dalam program beasiswa ini. Diantaranya: Master (S2) dan PhD (S3). Erasmus Scholarship bertujuan untuk memperkenalkan negara-negara Eropa kepada masyarakat Internasional.

Adapun, beberapa bidang studi yang diprioritaskan untuk project Erasmus Scholarship ini, diantaranya:

  • Ilmu Agrikultur, Arsitektur
  • Urban and Regional Planning
  • Ilmu Manajemen dan Bisnis, Education
  • Teacher Training
  • Teknik
  • Teknologi
  • Geografi
  • Geologi
  • Hukum
  • Ilmu Kedokteran
  • Ilmu Alam
  • Ilmu Sosial
  • Sosiologi
  • EU Studies
  • Ilmu Politik, dan
  • Social Work.

Tapi, jika sobat Ruang Mahasiswa berasal dari luar bidang studi yang sudah disebutkan tadi, maka kamu masih bisa apply tapi skala prioritas bidang studi tetap berlaku sesuai dengan yang ditentukan oleh penyelenggara beasiswa.

Selain itu, program ini menanggung biaya kuliah, biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, dan biaya perjalanan. Untuk program studi ada sekitar 116 bidang studi S2 dan 29 bidang studi S3 yang didukung oleh beasiswa ini.

Jadi, jika kamu bercita-cita untuk mengenyam pendidikan di Eropa, maka, Erasmus Scholarship bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi disana.

Apalagi, yang membuat beasiswa ini populer karena dikelola dengan dana besar yang melibatkan konsorsium 27 negara yang ikut serta.

4. Chevening Scholarship

Chevening Scholarship merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Inggris

Chevening Scholarship atau The British Chevening Awards merupakan salah satu beasiswa yang paling bergengsi di Inggris. Beasiswa ini ditawarkan Pemerintah Inggris setiap tahunnya bagi pelajar internasional dan didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO).

Sejak 1983, Chevening Scholarship diberikan kepada pelajar Internasional dari berbagai negara, hingga saat ini melayani 116 negara di luar Amerika Serikat dan Uni Eropa. Bahkan beasiswa ini, setiap tahun sekitar 700 beasiswa diberikan dan memiliki lebih 41 ribu alumni.

Chevening Scholarship diberikan kepada individu-individu berbakat yang memiliki potensi kepemimpinan untuk melanjutkan studi S2 di berbagai area studi di Inggris. Beasiswa ini menawarkan tanggungan biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, dan tanggungan lainnya.

Namun, Sebelum mengajukan lamaran permohonan beasiswa Chevening, penting untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang lembaga yang ingin kamu daftari serta di jurusan mana kamu ingin mendaftar karena Beasiswa Chevening ini bukan hanya ditawarkan pemerintah Inggris untuk satu universitas saja tapi seluruh universitas di Inggris.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui bagaimana syarat yang diajukan oleh setiap universitas. Untuk pendaftaran beasiswa ini biasanya dibuka setiap tahun pada bulan Agustus dengan deadline aplikasi bulan November.

Bagaimana teman? Apa kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Inggris?

Maka beasiswa Chevening bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menempuh pendidikan disana, Kamu akan bersaing dengan seluruh pelajar dari penjuru dunia untuk mendapatkan beasiswa ini. Tapi, sobat kampus tidak perlu takut mendaftar,  karena setiap negara mempunyai qouta yang berbeda-beda untuk menerima beasiswa ini.

Baca juga: 4 Tips dan Tahapan Umum Mendapat Beasiswa

5. Australia Awards Scholarship (AAS)

Australia Awards Scholarships yang juga biasanya diketahui sebagai Australian Development Scholarship (ADS) merupakan beasiswa paling bergengsi yang didanai oleh Pemerintah Australia. Beasiswa ini diberikan kepada orang Indonesia dan beberapa negara lain yang ingin belajar S2 atau S3 di Australia

Beasiswa AAS adalah kesempatan bagi para calon pemimpin untuk melakukan studi, penelitian dan pengembangan keprofesian di Australia.

Selain itu, Australia Awards Scholarship menyediakan tanggungan biaya kuliah, termasuk biaya perjalanan, biaya kedatangan, biaya hidup, biaya Introductory Academic Program, biaya Pre-course English, dan biaya asuransi kesehatan.

Biasanya Pendaftaran beasiswa Australia Awards Scholarships akan dibuka mulai Februari dan selalu berakhir pada bulan April. Beasiswa ini bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan study  di Australia dengan biaya penuh. Maka, raih mimpimu dengan beasiswa Australia Awards Scholarship

6. Eiffel Excellence Scholarship

Eiffel Scholarship merupakan beasiswa yang paling populer di prancis karena program beasiswa ini dikembangkan oleh Ministry of Foreign Affairs yang disediakan oleh Pemerintah Perancis bagi kandidat Internasional yang berpotensi melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di universitas yang berada di Perancis.

Program beasiswa meliputi tunjangan bulanan sebesar 1.181 Euro yaitu, tunjangan pemeliharaan 1.031 Euro dan uang saku 150 Euro. Kemudian disediakan tiket pesawat pulang-pergi, transportasi nasional, transportasi lokal, jaminan sosial, asuransi kesehatan, kegiatan budaya, serta memungkinkan memperoleh tunjangan perumahan.

Beasiswa Eiffel terbuka untuk jenjang master dan PhD juga  tersedia untuk tahun akademik 2020–2021. Bagi kamu yang berminat, beberapa informasi bisa kamu akses di webside resmi beasiswa ini. Agar, menjadi bahan pertimbanganmu sebelum memutuskan untuk mengikuti Beasiswa Eiffel 2020 tersebut.

Selain itu, bidang studi yang ditawarkan mencakup Engineering Science, Economics, Management, Law, and Political Sciences. Untuk pendaftaran beasiswa ini dibuka setiap tahunnya dengan deadline aplikasi bulan Januari.

Jika, kamu ingin melanjutkan studi ke Perancis, Maka beasiswa Eiffel Excellence bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan study disana. Jangan lupa Semua mempunyai kesempatan yang sama. Maka, manfaatkan peluang yang ada untuk menggapai mimpi kamu kuliah di negeri menara Eiffel ini seperti nama beasiswanya, Sobat. Segera susun strategimu!

Baca: 3 Beasiswa Bergengsi Dalam Negeri dari Pemerintah Indonesia

7. DAAD Scholarship

DAAD Scholarship merupakan program beasiswa paling populer di Jerman untuk pelajar internasional yang didanai oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) Jerman.

Yang menarik, meskipun pelamar memiliki pendanaan secara mandiri atau menerima beasiswa dari pemerintah atau sumber lain, mereka juga berkesempatan mendaftar program beasiswa DAAD.

Program ini mendukung studi S2 dan S3 di universitas yang ada di Jerman yang memiliki tujuan untuk menyediakan profesional muda dengan pendidikan akademik yang baik.

Beasiswa ini ditawarkan bagi mahasiswa internasional dan profesional muda dari sejumlah negara berkembang, baik di kawasan Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Tengah, serta Eropa Timur.

Tidak itu saja, DAAD Scholarship menanggung biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lain. Setiap tahun sekitar 70.000 beasiswa diberikan.

Durasi beasiswa pada umumnya adalah 12 hingga 24 bulan. Beasiswa ini diadakan setiap tahunnya dan deadline aplikasi bervariasi dalam rentang Agustus hingga Oktober setiap tahunnya.

Bagi pelamar terpilih akan mendapatkan beasiswa sebesar 850 Euro per bulan untuk program master, dan 1.200 Euro per bulan untuk program PhD. Beasiswa juga mencakup asuransi kesehatan dan kecelakaan, kursus bahasa Jerman selama 6 bulan untuk perkuliahan dalam bahasa Jerman, serta DAAD akan memberikan tunjangan studi dan penelitian sebesar 230 Euro per semester.

Semua biaya ini akan cukup memenuhi kebutuhan perkulihan kamu selama di Jerman, sobat.

Bahkan, dalam kondisi tertentu, penerima beasiswa juga bisa menerima manfaat tambahan, yakni subsidi sewa bulanan, serta tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani. Tetapi, ada biaya yang tidak ditanggung oleh DAAD berupa biaya pendaftaran kuliah atau biaya masuk ke universitas. Biaya ini ditanggung oleh si pelamar beasiswa.

Menarik, bukan sobat? Jadi, Jika kamu ingin merasakan pendidikan di Jerman dengan biaya gratis maka beasiswa DAAD bisa menjawab mimpi kamu untuk kuliah di sana. Kamu akan banyak mendapatkan benefits dengan beasiswa ini.

8. Netherland Fellowship Programmes (NFP)

Selanjutnya, Beasiswa datang dari Negara Belanda yaitu NFP. Beasiswa ini singkatan dari Netherlands Fellowship Programmes, sebuah program yang mendanai pendidikan tinggi dan pelatihan di Belanda bagi kalangan profesional.

Beasiswa NFP ini diadakan oleh Dutch Ministry of Foreign Affairs. NFP juga bekerja sama lebih dari 50 negara termasuk Indonesia. Selain itu, program beasiswa ini sangat populer, terutama bagi pelajar Internasional yang ingin melanjutkan pendidikan di Belanda.

Adapun, beragam jenis beasiswa NFP yang ditawarkan, di antaranya beasiswa program master, beasiswa kursus singkat (short courses), beasiswa studi PhD, dan beasiswa kursus penyegaran (refresher courses). Jumlah serta durasi beasiswa disesuaikan dengan pilihan program yang diambil.

Program ini memberikan tanggungan biaya hidup bagi calon penerima beasiswa termasuk biaya kuliah, biaya visa, biaya perjalanan, asuransi dan biaya riset skripsi. Untuk pendaftaran program beasiswa ini biasanya terbagi dalam tiga sesi, yakni:

  • Pendaftaran online yang dibuka pada bulan Desember berakhir pada bulan Februari (program master dan kursus singkat)
  • Pendaftaran online yang dibuka pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Mei (program master dan kursus singkat)
  • Pendaftaran online yang dibuka pada bulan Agustus dan berakhir pada bulan Oktober (kursus singkat dan PhD)

Jadi, jika kamu ingin merasakan dunia pendidikan di Belanda dengan beasiswa maka Netherlands Fellowship Programmes bisa menjadi pertimbanganmu dalam merahi mimpi untuk kuliah di negeri kincir angin ini. Jangan buang waktumu!

9. StuNed Scholarship

StuNed (Studeren in Nederland)  datang dari Negeri Kincir Angin juga selain beasiswa NFP, merupakan program beasiswa bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia sejak tahun 2000. Beasiswa ini bertujuan untuk membantu pembangunan Indonesia melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.

Ada beberapa bidang-bidang prioritas pada program StuNed antara lain:

  • Kewirausahaan Berkelanjutan – Ekonomi Sirkular (Sustainable Entepreneurship – Circular Economy)
  • Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
  • Agro-Pangan dan Hortikultura (Agro-Food and Horticulture)
  • Pengelolaan Air (Water Management)

Selain itu, kelebihan dari StuNed dibandingkan dengan program beasiswa lainnya ada pada kesempatan yang ditawarkan dan alokasi yang tersedia. Program beasiswa ini memberikan kesempatan bagi semua orang baik yang memiliki pengalaman kerja maupun yang baru fresh graduate juga bisa dan berfokus pada calon pelamar yang berasal dari Indonesia saja.

Lalu, jika dibandingkan dengan program beasiswa yang lain yang juga menerima calon pelamar dari berbagai negara, peluang untuk mendapatkan program beasiswa StuNed lebih mudah.

Prioritas diberikan kepada pelamar yaitu:

  • Memiliki prestasi akademis dan non akademis yang sangat baik, yang dibuktikan dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional maupun internasional.
  • Memiliki keunggulan kompetitif lain seperti kualitas kepemimpinan, kewirausahaan, dan kemampuan berbahasa Inggris.
  • Memiliki daya juang dan tingkat resiliensi yang tinggi.

Secara garis besar, syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa StuNed adalah harus memiliki IPK minimal 3,00 dalam skala 4,00 dan kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan bukti hasil tes TOEFL iBT di atas 80 atau IELTS di atas 6,0.

Selain itu, keaktifan dalam berorganisasi maupun kegiatan sosial, dan pengalaman kerja atau magang juga akan menjadi nilai tambah yang bisa memperbesar peluangmu mendapatkan beasiswa ini.

Hal lain yang menjadi salah satu persyaratan beasiswa ini adalah perlunya Letter of Admission (LoA) dari universitas di Belanda. Jadi, sebelum kamu mendaftar untuk beasiswa StuNed pastikan kamu telah mendaftar terlebih dahulu ke universitas yang dituju.

Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa StuNed, kamu akan mendapatkan beberapa hal berikut: Uang kuliah (maksimum EUR 20.000 per tahun), biaya hidup (uang bulanan), biaya perjalanan internasional dan lokal, dan biaya lain yang diperlukan untuk mendukung kepentingan studi selama di sana.

Nah, jadi apalagi yang kamu tunggu? Segera daftarkan dirimu untuk program beasiswa StuNed dan raih kesempatan belajar ke Belanda tanpa perlu khawatir soal biaya kuliah!

10. Monbukagakusho Scholarship

Terakhir, Beasiswa dari Monbukagakusho Scholarship merupakan program beasiswa paling bergengsi yang menawarkan kesempatan studi di Jepang. Program ini ditawarkan oleh Japanese Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology.

Adapun, sekitar 65 ribu pelajar dari 160 negara di seluruh dunia telah mengenyam pendidikan di Jepang. Program ini telah diadakan sejak tahun 1954 dan memiliki beberapa tipe. Untuk pendaftaran beasiswa ini dibuka setiap tahunnya dengan deadline aplikasi yang bervariasi, kamu bisa cek selengkapnya di webside resmi beasiswa ini, Sobat.

Selain itu, kamu bisa daftar di Kedutaan Besar Jepang yang ada di Indonesia dan konsulatnya di antaranya berada di Surabaya, Medan, Denpasar dan Makassar, mereka setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho.

Adapun program-program yang ditawarkan kepada pelajar Indonesia yaitu Research Students (S2 dan S3), Teacher Training Students, Undergraduate University Students (S1), College of Technology (D-3), Professional Training College (D-2), Japanese Studies.

Jadi, jika kamu ingin merasakan kehidupan dunia perkuliahan di negeri sakura ini dengan beasiswa maka Monbukagakusho bisa menjadi pertimbangan kamu untuk melanjutkan studi disana.


Nah, diatas adalah gambaran umum terkait beasiswa populer dan paling bergengsi di seluruh dunia yang bisa kamu pertimbangkan untuk melanjutkan study kamu ke luar negeri.

Apalagi, setiap negara mempunyai beasiswa untuk pelajar Internasional jadi kamu mempunyai kesempatan dan peluang yang sama dengan pelajar dunia lainnya. Namun, kamu harus berjuang lebih keras karena yang mendaftar tidak hanya kamu saja tapi seluruh pelajar di dunia ini.

Maka, kamu harus mempunyai daya juang yang tinggi, harus sering mencari informasi terkait universitas, jurusan dan negara tujuan kampus kamu. Sekarang, sobat mahasiswa bisa tentukan beasiswa apa yang ingin di ikuti untuk Apply melanjutkan study.