Hallo, Sobat Ruang Mahasiswa! Pada masa pandemi ini, kita semua dituntut untuk belajar secara online.  Bagaimana, apakah kamu sudah merancang tips yang efektif selama belajar online dalam satu semester ini? Atau belum sama sekali?

Di semester depan, kegiatan belajar online masih berlanjut

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim telah menetapkan bahwa pada semester depan sistem pembelajaran masih berlangsung secara online di daerah yang termasuk zona merah, oranye, dan kuning.

Artinya,  belajar online menjadi sebuah keharusan buat para sobat pelajar. Kesulitan selama belajar online dapat dimaklumi untuk semester yang lalu, karena perlu adanya adaptasi terhadap perubahan yang terjadi secara mendadak. Hal ini yang perlu untuk diperbaiki di semester baru.

source: shutterstock.com

Kamu masih merasa kesulitan belajar secara online? 

Bagi kamu yang merasa kesulitan selama belajar online, tim Ruang Mahasiswa akan berbagi tips yang dapat sobat terapkan selama belajar dari rumah.

Yuk, terapkan 7 tips di bawah ini agar sukses belajar di semester yang baru

1. Atur Jadwal Belajar seperti Hari Biasa Sekolah

Apa yang biasanya sobat lakukan selama di rumah? Jangan sampai menjadi kaum rebahan ya. Buat kamu yang lebih sering “gabut” alias malas – malasan sampai bingung melakukan apa selain memainkan gadget, yuk berubah di semester baru!

Kamu perlu menyusun jadwal belajar sebagaimana biasanya yang dilakukan di sekolah. Misalnya belajar dua mata pelajaran dalam sehari, masing – masing selama 100 menit. Kamu juga dapat menyusun jadwalnya seperti jadwal di sekolah.

Dalam tips ini, kuncinya adalah konsisten untuk menjalankan jadwal yang sudah kamu tetapkan. Seperti kata pepatah, ala bisa karena terbiasa. Jangan menunda untuk mulai mengeksekusinya, ya.

Baca: 7 Tips Meningkatkan Konsentrasi Mengerjakan Tugas

2. Gunakan aplikasi untuk mendukung proses belajar

Selain menentukan jadwal, yang tidak kalah penting adalah menentukan media untuk membantu dalam belajar. Selain buku, kamu dapat menggunakan aplikasi belajar online agar dapat belajar secara efektif, misalnya Ruang Guru.

Dalam aplikasi ini, kamu dapat belajar online secara mandiri dengan pilihan kurikulum dan materi yang lengkap dan memadai sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedang kamu tempuh.

Bukan hanya materi tertulis, terdapat juga video pembelajaran dan tutor yang berpengalaman untuk membantu dalam memahami materi. Selain itu, Ruang Guru juga menyediakan bank soal dan try out untuk mengevaluasi kegiatan belajar yang kamu lakukan.

Sangat membantu, bukan? Saatnya menggunakan teknologi yang ada untuk mengejar mimpimu, sobat!

source: ruangguru.com

3. Mengerjakan soal – soal secara mandiri

Setelah belajar, para sobat perlu mengerjakan soal – soal terkait materi yang telah dibahas. Soal tersebut harus dikerjakan secara mandiri ya, sobat. Tujuannya adalah agar kamu dapat mengukur sejauh mana pemahamanmu terhadap materi tersebut.

Selain itu, kegiatan ini dapat membantu dalam mengingat materi yang telah dibahas sebelumnya. Bukan hanya itu, kamu dapat melihat bagian yang belum kamu kuasai dan kembali mempelajarinya.

4. Gunakan jejaring sosial untuk berdiskusi

Menggunakan jejaring sosial adalah hal yang sudah biasa dilakukan oleh kaum millenial. Mau menjadi luar biasa? Coba deh, gunakan media sosial untuk berdiskusi santai dengan temanmu, kesannya akan menjadi belajar sambil berinteraksi.

Berdiskusi dengan teman adalah salah satu metode belajar yang efektif, karena kamu dapat secara bebas saling mengeksplorasi dan membantu. Kamu dapat menemukan teman yang kamu yakini mampu mendukungmu dalam belajar.

5. Kreatif dalam mengulang materi

Selain mengerjakan soal untuk mengulang materi, kamu juga dapat menggunakan cara – cara kreatif yang lainnya. Misalnya dengan membuat ringkasan materi dan menempelkannya secara rapi di dinding kamar dengan menggunakan sticky notes.

Terkesan kreatif dan sederhana, bukan? Semakin kamu menciptakannya dengan kreatif, semakin besar pula ketertarikan untuk membacanya.

Baca: 7 Kegiatan Ini Bukti Nyata Mahasiswa Yang Kreatif

Dengan kreativitas sejenis, kamu juga dapat menciptakan kegiatan mengulang materi yang lainnya secara mandiri dan tidak membosankan. Saatnya berkreasi sambil belajar, sobat.

source: unsplash.com

6. Jaga semangat belajar

Untuk menjaga konsistensi selama belajar online, kamu juga perlu mempertahankan semangat belajarmu agar jangan sampai surut. Hal ini dapat mengganggu fokus selama kegiatan belajar.

Menjaga semangat belajar dapat kamu lakukan dengan cara rutin membaca atau mendengarkan hal – hal yang inspiratif, menyeimbangkan diri dengan kegiatan yang menyenangkan, seperti melakukan hobby saat weekend.

Belajar terus menerus juga tidak baik, sobat. Sesekali lakukan hal – hal yang mampu membangkitkan semangatmu agar siap untuk menjalani hari dengan lebih optimal, ya.

Baca: 5 Tips agar Semangat Menjalani Kuliah

7. Pola hidup sehat dan istirahat cukup

Tips yang terakhir adalah yang terpenting, sobat. Agar dapat melakukan kegiatan belajar online secara lancar dan efektif, kamu harus menjaga kesehatan. Caranya adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat dan istirahat secukupnya.

Hal ini juga akan membantu mu dalam menjaga semangat dan konsistensi selama belajar online. Belajar pastinya tidak dapat dilakukan jika kamu sakit, bukan?

Ketujuh poin di atas adalah tips yang dapat kamu terapkan selama belajar online karena masa pandemi ini. Berhenti mengeluh karena kendala selama belajar dan saatnya bergerak mandiri, sobat.

Kamu bisa jika mulai melakukan tips belajar online dan yakin pada dirimu

Yang sebenarnya perlu ditanamkan adalah niat. Niatin untuk belajar dulu ya, sobat. Mudah – mudahan di semester depan, kegiatan belajar online nya lebih efektif dan membuahkan hasil yang baik ya! Semangat dan keep doing the best!