Kamu mau kuliah tapi tak memiliki biaya dan terlewat beasiswa yang diberikan pemerintah? Seperti beasiswa berikut ini: 3 Beasiswa Bergengsi Dalam Negeri dari Pemerintah Indonesia

Tenang, kamu tetap bisa melakukannya dengan mengajukan beasiswa untuk mahasiswa baru yang diberikan pihak swasta, kok! Ada banyak pihak swasta yang memberikan beasiswa untuk para calon mahasiswa yang bisa kamu ambil.

Ini dia pilihannya!

1. Beasiswa Astra

Salah satu pihak swasta yang memberikan beasiswa untuk mahasiswa yang masih baru adalah PT. Astra Internasional Tbk.

Beasiswa ini diberikan pada mahasiswa yang baru kuliah di perguruan tinggi di seluruh pulau Jawa. Namun, beasiswa ini dikhususkan untuk mereka yang berasal dari jurusan Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT dan Statistisk saja.

Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa yang ada di semester 2 dengan jumlah sekitar Rp5.000.000,-. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan pelatihan yang akan memperkuat jaringan profesional kamu.

Selain yang diberikan Rp5.000.000,-, ada juga beasiswa dari Astra yang memberikan Rp250.000,- per bulannya. Ini juga untuk para mahasiswa, ya!

2. Djarum Beasiswa Plus

dapatkan beasiswa plus di ruang mahasiswa

Source: djarumbeasiswaplus.org

Beasiswa yang satu ini sebenarnya sudah sangat populer di Indonesia. Kamu yang baru menjadi mahasiswa atau sedang ingin mendaftar jadi mahasiswa juga bisa mengincarnya.

Namun, kamu harus memiliki prestasi tinggi di Indonesia lebih dulu untuk mendapatkannya. Beasiswa ini memberi dana pendidikan satu tahun penuh serta pelatihan juga.

3. Beasiswa Sampoerna Foundation

Bagi kamu yang kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah namun memiliki prestasi yang cemerlang, tak ada salahnya mendaftar beasiswa Sampoerna Foundation saja.

Kamu bisa mendapatkan beasiswa yang menanggung biaya kuliah selama 4 tahun penuh serta uang saku dan tunjangan yang lainnya selama kuliah.

Hanya saja, kamu harus memenuhi semua kriteria yang ditentukan oleh pihak Sampoerna Foundation.

Salah satunya adalah kamu memiliki semangat yang tinggi untuk membangun negeri serta memiliki jiwa kepemimpinan serta prestasi yang tidak naik turun.

Baca: 6 Program Beasiswa Dikti untuk S1, S2 dan S3

4. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

beasiswa orbit ainun habibie di ruang mahasiswa

Source: blogspot.com

Beasiswa yang satu ini dikelola oleh Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie. Di sini, bukan hanya mahasiswa yang baru masuk saja yang bisa mendapatkan beasiswanya.

Namun, kamu yang masih ada di tingkat SMA juga bisa. Besaran dana yang bisa kamu dapat dari beasiswa ini adalah Rp750.000,- per bulannya.

Dana tersebut akan diberikan dalam satu tahun ajaran saja untuk unit beasiswa reguler. Sedangkan untuk yang mendapatkan unit beasiswa unggulan, kamu akan ditanggung seluruh biaya mulai dari pendaftaran kuliah, uang kuliah, uang buku, uang kost, hingga uang saku selama kuliah.

5. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa yang satu ini sesuai namanya dikeluarkan oleh BCA Finance. Beasiswa yang satu ini diperuntukkan untuk semua mahasiswa S1 baik yang kuliah di perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta.

Penerima beasiswa yang satu ini adalah kamu yang mulai memasuki tingkat dua atau sedang berada di semester dua saja.

Pada beasiswa ini, kamu akan mendapatkan dana sebesar Rp3.000.000,- setiap semester hingga semester 8 masa perkuliahanmu.

Syarat untuk mendapatkannya juga tak susah. Salah satunya adalah kamu harus memiliki IPK minimal 3 untuk perguruan tinggi negeri dan minimal 3.40 untuk perguruan tinggi swasta.

Baca: 16 Beasiswa Ini Menantimu di Perguruan Tinggi

Apa kamu sudah memenuhi semua persyaratan yang diharuskan para pemberi beasiswa untuk mahasiswa baru di atas? Kalau iya, cobalah daftar sekarang.

Hanya saja, perlu kamu ingat bahwa kuotanya terbatas dan peminatnya cukup banyak. Jadi, tak semua orang bisa mendapatkannya. Belajarlah lebih giat dan keras lagi untuk memperoleh kesempatan itu, ya!