Halo sobat RM. Punya ketertarikan di bidang IT? Pengen kuliah secara gratis sambil kerja? Beasiswa Semesta bisa jadi solusi buat kamu.

Pendaftaran beasiswa Semesta (Sevima Mencari Siswa Bertalenta) batch.5 sudah dibuka mulai tanggal 3 Maret – 7 Juni 2023.

Beasiswa Semesta merupakan beasiswa program sarjana yang diadakan rutin oleh Sevima, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan.

Sebelumnya, Sevima (PT Sentra Vidya Utama), merupakan perusahaan konsultan dan pengembang teknologi informasi yang didirikan pada tahun 2004. 

Sevima sebagai perusahaan Edutech (education technology) yang berperan dalam menyelesaikan kendala kerumitan administrasi akademik di pendidikan tinggi.

Sevima telah berkomitmen selama 18 tahun, dengan 99% keberhasilan implementasi melalui sistem informasi siAkadCloud.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA yang berprestasi khususnya di bidang teknologi, namun terkendala di bidang finansial. 

Baca juga : Ruang Mahasiswa Berikan BEASISWA hingga Puluhan Juta untuk Calon Mahasiswa PTN 2023

Selain berkesempatan mendapatkan beasiswa full S1, para peserta akan mendapat pengalaman kerja langsung dari industry expert dengan gaji dan tunjangan penuh.

Lalu, apa aja sih syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar pada beasiswa yang satu ini?

Syarat Pendaftaran

beasiswa semesta
sumber : Instagram @ifeatsevima
  • Warga negara Indonesia (WNI)
  • Berminat belajar dan berkarir di bidang IT
  • Siswa kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA sederajat angkatan 2010-2022
  • Bersedia ditempatkan di Surabaya. Pemenang beasiswa semesta bisa dapat kesempatan untuk kontrak kerja dari PT Sentra Vidya Utama (sevima)
  • Tidak terikat dengan kontrak beasiswa lain
  • Mengisi formulir pendaftaran di bit.ly/semesta2023

Nah, itu dia syarat pendaftaran yang wajib kamu penuhi. Sayang banget kan kalau ga di coba. Dimana lagi kamu bisa kuliah dan mendapatkan ilmu langsung dari perusahaan. Kira-kira, timeline pendaftarannya bagaimana ya.

Baca juga : 7 Profesi IT Paling Banyak Dibutuhkan Saat Ini

Timeline Beasiswa Semesta 2023

  • Periode pendaftaran : 3 Maret – 7 Juni
  • Tes Computer Based Test (CBT) : 17 – 18 Juni
  • Tes Hackathon : 24 – 25 Juni
  • Pengumuman lolos tes : 1 Juli
  • Presentasi project dan interview : 8 Juli
  • Pengumuman pemenang Semesta : 9 Juli

Buat sobat RM yang belum tau, tes Computer Based Test (CBT) merupakan tes berbasis komputer dengan komputer sebagai media melakukan tes. Pada tes ini, setiap peserta akan mendapatkan paket soal yang berbeda.

Selanjutnya, Hackathon merupakan istilah yang sering dipakai dalam kompetisi pemrograman seperti graphic designer.

Baca juga : 7 Profesi IT Paling Banyak Dibutuhkan Saat Ini

Dilansir dari sevima.com, seleksi hackathon ini digunakan untuk mengetahui kemampuan para peserta dalam menunjukkan kebolehannya dalam mendapatkan beasiswa Semesta. 

Nah, itu dia penjelasan singkat seputar beasiswa Semesta dari PT Sentra Vidya Utama (SEVIMA). Segera daftarkan diri kamu di bit.ly/semesta2023. Cek informasi selengkapnya di instagram @lifeatsevima.

Selamat mencoba sobat RM.