MAKSIMALKAN : 6 Manfaat dan Fungsi Media Sosial bagi Pelajar dan Mahasiswa

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial secara bertahap telah menduduki posisi yang cukup krusial dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk pelajar dan mahasiswa.

Meskipun sering kali menjadi topik pembicaraan yang menarik karena banyak juga efek negatif yang ditimbulkan, media sosial nyatanya tetap mampu memberikan banyak dampak yang positif pula.

Terutama bagi pelajar dan mahasiswa sebagai pengguna media sosial terbanyak.

Untuk dapat memahami lebih lanjut, berikut telah terangkum manfaat dan fungsi penting media sosial bagi pelajar dan mahasiswa.

Disimak sampai akhir ya, Sobat!

1. Sebagai Media Pembelajaran

Tidak hanya di sekolah, menuntut ilmu pada dasarnya dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Keberadaan media sosial membuat kamu sebagai pelajar dan mahasiswa menemukan banyak pengetahuan dan ide baru yang semakin menambah wawasan kamu.

Kamu dapat memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi atau bertukar pikiran dengan teman sesama pelajar atau mahasiswa lainnya.

Selain itu, media sosial mewadahi berbagai konten inovatif yang bisa memberikan tips, trik, petunjuk, materi, hingga tutorial yang tentunya sangat bermanfaat bagi kamu.

Pastikan sumber konten yang kamu baca daat dipercaya, yaa!

2. Mengekspresikan Diri / Personal Branding

Media sosial memberikan kebebasan bagi setiap pengguna untuk membagikan konten sesuai minat dan ketertarikan mereka dengan tetap menaati peraturan.

Sumber gambar: pexels.com

Kebebasan tersebut, merupakan peluang bagi kamu untuk unjuk gigi tanpa merasa diatasi.

Kamu bisa membagikan karya buatan sendiri, seperti foto, lukisan, video, tulisan, dan konten-konten lainnya memang merepresentasikan diri kamu.

Konten-konten yang dibagikan dapat kamu jadikan sebagai salah satu personal branding yang akan sangat mendukung perjalanan karir kamu di masa depan dan sosok seperti apa kamu akan dikenal.

Hal tersebut karena, belakangan ini, semakin banyak perusahaan yang menjadikan akun media sosial calon pegawainya sebagai salah satu bahan penilaian dalam proses seleksi.

Jadi, jangan sembarangan membagikan konten di media sosialmu, ya!

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Personal Branding

3. Terhubung ke Seluruh Dunia

Media sosial adalah platform tanpa batasan jarak sehingga pelajar dan mahasiswa dapat terhubung dengan siapa pun di dunia.

Melalui media sosial, kamu juga dapat belajar tentang banyak hal menarik dari seluruh penjuru dunia, mengenal beragam budaya, bahasa, gaya hidup, dan sebagainya.

Selain itu, kesempatan lebar juga terbuka bagi kamu untuk memeroleh berbagai pengetahuan baru dari acara-acara berskala internasional yang dibagikan melalui media sosial.

Kamu tak perlu repot berkunjung secara langsung ke tempat-tempat yang kamu ingin datangi.

Cukup melalui sentuhan layar telepon pintar, kamu sudah bisa terhubung dan merasakan sensasi berinteraksi dengan penduduk di seluruh dunia.

4. Mendapatkan berbagai Insight

Pernahkah kamu merasa tidak menemukan inspirasi, kehilangan motivasi, dan perasaan lainnya yang mengganggu pikiranmu?

Media sosial memberikan kemudahan tersendiri bagi kamu dalam mengakses berbagai konten yang diharapkan mampu menyelesaikan persoalan yang mengganggu tersebut.

Terlebih lagi, konten di media sosial dapat diakses dengan sangat mudah.

Kamu tinggal mengikuti beberapa akun atau tokoh yang rutin membagikan konten-konten sesuai kebutuhanmu.

Kemudahan ini merupakan kesempatan yang besar bagi kamu untuk mendapatkan insprasi, motivasi, insight, dan sebagainya yang mungkin kamu perlukan.

Baca juga: Jadikan Media Sosial Lebih Berguna untuk 10 Hal Ini

5. Menjadi Sarana Riset dan Penelitian

Konten di media sosial dapat digunakan sebagai data riset atau penelitian.

Bila diperlukan, kamu dapat mengumpulkan data berupa cuitan di Twitter, melakukan polling dan survei sederhana di Instagram, atau menganalisis konten tertentu sesuai kebutuhan.

Sumber gambar: pexels.com

Kamu juga bisa bergabung dengan grup terkait riset yang kamu lakukan di Facebook.

Tidak hanya itu, kamu dapat dengan mudah menemukan material riset yang banyak tersedia di sosial media. Tidak jarang, pengguna lain juga mengunggah data hasil riset atau tren terkait berbagai topik.

6. Mendapatkan Informasi Seputar Pendidikan dan Karir

Sebagai pelajar maupun mahasiswa, kamu pasti membutuhkan berbgai informasi demi menunjang pendidikan sekaligus karir kamu di masa depan, bukan?

Nah, media sosial mampu mengakomodasi kebutuhan kamu tersebut.

Saat ini, terdapat banyak akun yang menyediakan berbagai informasi seputar pendidikan dan karir, seperti seleksi masuk perguruan tinggi, beasiswa, magang, hingga tips seputar pendidikan lainnya. 

Perlu diingat, pastikan konten yang kamu terima itu memang berasal dari sumber yang jelas, ya!

Kamu bisa mengakses berbagai konten yang bermanfaat dan menambah wawasan kamu di media sosial Ruang Mahasiswa.

Sebagai start up yang bergerak di bidang pendidikan, Ruang Mahasiswa secara rutin akan membagikan konten-konten menarik dan terpercaya melalui media sosial instagram @ruangmahasiswa.

Jangan lupa follow, ya!

Baca juga: 5 Website Informasi Beasiswa Kuliah Paling Update

Nah, itu dia 6 manfaat dan fungsi penting media sosial bagi pelajar dan mahasiswa.

Jika digunakan secara bijaksana, media sosial pada dasarnya mampu memberikan banyak keuntungan bagi kamu sebagai pelajar atau mahasiswa, kok!

Penulis: Hana Palestri
Mahasiswi Ilmu Komunikasi UGM

*Artikel ini telah ditulis berdasarkan referensi dan media online terpercaya seperti edukasi.kompas.com, kominfo.bengkulukota.go.id, uma.ac.id dan lain sebagainya.

Hana Palestri: