Siapa sih yang ga suka libur? Semua menanti – nantikan waktu libur. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja pasti menunggu waktu libur.

Seperti mahasiswa, setelah puncak sibuk – sibuknya di kampus, banyak tugas, revisi skripsi terus – menerus, kegiatan organisasi dan lain – lain, kita sangat berharap dan ingin suatu waktu berlibur ke suatu tempat untuk menenangkan diri dan menjauh dari hiruk pikuk kesibukan mahasiswa sejenak.

Bahkan selama mahasiswa kita sering berpikir ya, kapan aku bisa liburan ke kota ini, Jakarta, Bali, Bandung, Yogya, Raja Ampat dan lain – lain bahkan berharap bisa liburan ke luar negeri.

Ya, banyak sekali mahasiswa yang ingin mengunjungi tempat dan kota – kota yang belum pernah dikunjunginya.

Tenang, kali ini saya akan memberikan tips – tips buat kamu mahasiswa agar bisa mendapat liburan murah dan hemat.

Semoga bermanfaat ya, yuk di simak ulasan berikut ini:

1. Ikut kompetisi kampus ke luar kota

Tips yang pertama sekali agar dapat liburan murah adalah sering ikut kompetisi ke luar kota. Buat mahasiswa/i lomba udah pada tahu banget, kenapa aku buat tips ini yang pertama.

Karena jika kamu lolos sebagai finalis untuk kompetisi/perlombaan mahasiswa antar kampus, tingkat nasional dan bahkan internasional, kamu akan dibiayai oleh kampus. Paling tidak uang transportasi kamu aman toh.

Dengan adanya pembiayaan dari kampus, kamu akan bisa mengunjungi kota yang mungkin belum pernah kamu kunjungi dan menikmati suasana baru di sana dalam beberapa hari atau minggu.

Apalagi banyak destinasi wisata di sana, duh pasti merasa beruntung banget bisa mewakili kampus dan bisa sambil liburan

2. Liburan bersama teman sekelas

Mau liburan yang murah dan hemat? Yang bareng teman sekelas dong, dijamin murah.

Pastinya murah dong, kamu bisa sewa moda transportasi bareng – bareng, biaya perjalanan dan kebutuhan bisa ditanggung bersama.

Pastinya ini sangat menghemat banget. Selain hemat, liburan bareng teman sekelas akan menjadi lebih seru.

3. Pesan tiket perjalanan jauh – jauh hari sebelum Hari H

booking tiket pesawat online

Source: triptrus.com

Hal ini sudah menjadi rahasia umum jika ingin mendapatkan tiket lebih murah ya.

Misalnya kamu ingin liburan ke suatu tempat dalam beberapa bulan ke depan, kamu sudah bisa membeli tiket pesawat sekarang.

Karena tiket pesawat semakin dekat dengan jadwal keberangkatan, biayanya akan semakin mahal.

Saya kasih tahu juga nih tips untuk mendapatkan tiket yang lebih murah. Silahkan melakukan booking online pada waktu – waktu dini hari.

Secara pengalaman, pada waktu tersebut tiket bisa jauh lebih murah dari pada waktu biasanya.

Baca: Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kamu Pecinta Travelling

4. Liburan ke suatu tempat yang ada promo liburannya

Buat kamu yang udah pengen banget liburan. Jenuh dengan aktivitas keseharian misalnya di lingkungan kampus.

Kamu bisa cari – cari di internet, liburan untuk paket promo.

Misalnya promo yang diberikan adalah: diskon tiket pesawat, diskon tiket penginapan/hotel. Atau sejenis tour gratis jika kita memenangkan kompetisi/lomba tertentu.

Ya, mahasiswa harus nyari yang liburan murah bahkan GRATIS dong. 😊

5. Perjalanan Darat Lebih Murah & Bisa Lebih Menyenangkan

Nah, jika jarak tidak terlalu memaksa kamu untuk naik pesawat, artinya jarak tempat yang ingin kamu kunjungi tidak jauh – jauh amat. Kamu bisa memilih perjalanan jalur darat.

Kenapa?

Ya, selain lebih murah apalagi sejak januari 2019, harga tiket pesawat sangat melambung tinggi. Melalui perjalanan darat, kamu sudah bisa menikmati liburan kamu sepanjang perjalanan.

Kamu bisa menikmati hamparan sawah, pemandangan pegunungan, melewati indahnya sungai – sungai, matahari terbit dan terbenam. Perjalanan ini akan memanjakan mata kamu.

bus wonogiri jawa tengah ke bali

Source: traveloka.com

Perjalanan darat bisa kamu tempuh dengan memilih moda transportasi. Pilihlah moda transportasi darat yang aman dan nyaman. Misalnya memilih naik bus, seperti PO Sedya Mulya. Ya, bus ini melayani perjalanan dari beberapa kota di Jawa Tengah, mulai dari asalnya Wonogiri ke kota – kota besar di Jawa mulai dari Semarang, Depok, Jakarta, bahkan hingga ada jurusan ke Bali.

6. Ikut lomba yang hadiahnya adalah Tour Gratis

Buat kamu yang hobby travelling ini cocok banget buat kamu. Ya coba saja ikut lomba yang sangat banyak di internet. Cari lomba yang menyediakan Tour Gratis.

Nah, jadi kalo kamu menang, kamu bisa menikmati liburan tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun.

Nah lomba dengan hadiah yang seperti ini biasanya adalah lomba blog, video competition atau menulis seputar travelling.


So, teman – teman itulah cara liburan murah & hemat ala mahasiswa yang bisa aku share kali ini. Semoga bermanfaat ya.

Secara pada waktu tertentu kita butuh refreshing nih, dan sebenarnya ilmu itu tidak hanya ada di dalam kampus, namun sangat banyak juga ilmu yang di dapat di luar kampus.