Kuliah Peduli Negeri (KPN) merupakan agenda pengabdian masyarakat yang rutin diselenggarakan mahasiswa Universitas Mercu Buana.

Pada kesempatan ini, civitas akademika FIKOM jurusan Public Relations (PR) dan Broadcasting mengadakan sosialisasi dengan mengambil tema dari industri yang sedang berkembang pesat yakni e-sport.

Kegiatan tersebut dibawakan dalam tajuk acara “Hobby, Opportunity, and Potency of Esports Industry”.

Sosialisasi diselenggarakan di SMK Taruna Terpadu 1 yang merupakan sekolah kejuruan unggulan di Kota Bogor.

Target audiens sosialisasi juga dipilih atas dasar pertimbangan relevansi jurusan yang tersedia dengan bidang e-sport. 

Mahasiswa FIKOM UMB Sosialisasikan Peluang Industri E-sport kepada Siswa SMK
Sumber: Dokumentasi Mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana

KPN dilaksanakan selama satu hari pada 23 November 2022 lalu dan bertempat di auditorium SMK Taruna Terpadu 1 pada pukul 14.00.

Rangkaian acara KPN diawali dengan beberapa sambutan dari pihak UMB maupun SMK Taruna Terpadu 1. Dimulai oleh Bapak Ade Sunandar, SM selaku Kabid Humas SMK Taruna Terpadu 1 lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Dr. Elly, Yuliawati, M.Si selaku Dekan FIKOM Universitas Mercubuana, dan kata sambutan ditutup oleh Tita Ayu Muhalimah mahasiswa FIKOM UMB selaku ketua panitia kegiatan. 

Tita turut menggarisbawahi pengabdian yang dilaksanakan, “Program ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan pengetahuan siswa tentang potensi dunia kerja yang ada, terutama dalam industri e-sport”, terangnya.

“Hal ini dilakukan agar mereka tidak hanya bermain gimnya saja. Namun, mereka diharapkan juga dapat merencanakan bidang kerja apa yang mereka inginkan saat mereka lulus nanti yang tentunya berhubungan dengan hobi mereka yaitu bermain gim”, lanjut Tita.

Acara inti yakni penyampaian materi oleh dua narasumber dengan penjelasan yang berfokus pada besarnya pasar e-sport industri hingga peluang kerja yang tersedia dalam industri E-sports. 

Salah satu materi diisi oleh mahasiswa FIKOM jurusan PR yang telah berpengalaman dalam bidang Esports sekaligus menjadi Project Manager dari tim Dunia Games e-sport, yaitu Dio Agung Wijanarko.

Mahasiswa FIKOM UMB Sosialisasikan Peluang Industri E-sport kepada Siswa SMK
Sumber: Dokumentasi Mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana

Secara keseluruhan materi yang disampaikan cukup luas meliputi besarnya potensi pasar e-sport, berbagai perusahaan penyelenggara e-sport, serta peluang kerja yang tersedia.

Rangkaian acara ditutup dengan sesi tanya jawab dalam suasana penuh antusiasme baik dari pemateri maupun audiens.

Panitia berharap bahwa sosialisasi yang dilakukan mampu membuka wawasan siswa tentang industri kerja dalam e-sport yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka setelah lulus sekolah nanti.