Di masa pandemi saat ini banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan untuk mengembangkan potensi diri salah satunya dengan membaca.

Membaca menjadi salah satu pilihan kegiatan dalam mengisi waktu, ketika banyak orang bosan dan bingung apa yang harus dilakukan di rumah.

Baca: 8 Kegiatan Ini Tingkatkan Produktifitas Mahasiswa Saat Social Distancing

Kampanye Membaca Online

Mahasiswa  bidang Advertising & Marketing Communication Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana menginisiasi sebuah kampanye untuk meningkatkan minat baca melalui  tempatmembaca.id.

Inisiasi ini merupakan implementasi dari Kuliah Peduli Negri (KPN) dalam upaya mengkampanyekan kebiasaan membaca yang telah pudar pada masyarakat terutama perkembangan digital yang sangat maju saat ini.

Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%.Artinya, dari 1000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Ditambah derasnya arus informasi pada media digital tanpa ada filter informasi, menimbulkan dampak negatif dan penyebaran berita palsu atau “hoax”.

Media online seharusnya meningkatkan berbagi informasi yang berkualitas

tempat membaca id ruang mahasiswa

Tempatmembaca.id hadir sebagai media alternatif untuk berbagi informasi mengenai membaca.

Menggunakan media blog tempatmembacaid.blogspot.com sebagai media utama penyampaian informasi dalam bentuk artikel, serta memanfaatkan media instagram tempatmembaca.id dalam mendukung kampanye ini.

Di setiap feednya berbagi informasi yang disampaikan sesuai dengan artikel yang ada di blog seperti:

  • 5 Penyebab Kurangnya Minat Baca
  • Meningkatkan Kualitas Diri Demi Meraih Kesuksesan
  • Pentingnya Menumbuhkan Minat baca Anak Sejak Dini
  • Membaca Untuk Investasi dan juga mengadakan giveaway untuk menarik minat pembaca.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Kita harus Banyak Membaca

Dengan adanya program ini selain menjadi salah satu kegiatan dalam mengisi waktu, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tentang manfaat yang diperoleh ketika membiasakan diri membaca

Serta pentingnya mencari kebenaran terlebih dahulu sebelum menyebarkan informasi yang didapat kepada orang terdekat dan media sosial.

Ditulis oleh: Nisa Khoyrounnisa
Mahasiswa Universitas Mercu Buana