Halo, Sobat Mahasiswa dan para pelajar Indonesia!

Tau nggak sih, kalau Kota Makassar, Sulawesi Selatan punya kampus yang masuk dalam tataran top di Indonesia, loh. Salah satunya ialah Universitas Hasanuddin.

Universitas ini patut menjadi pilihan bagi kalian yang ingin melanjutkan studi di Kota Daeng, Makassar. Tapi, apakah Sobat Mahasiswa sudah tahu tentang Universitas ini?

Kalau belum, tak perlu khawatir. Di bawah ini ada 10 fakta mengenai Universitas Hasanuddin untuk kalian simak.

Dibaca dengan seksama ya, sobat!

1. Lahir dari Percabangan Universitas Indonesia 

Sobat Mahasiswa tau ngak sih, kalau Universitas Hasanuddin dulunya merupakan cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia? 

Awalnya, melalui keputusan No. 127 tertanggal 23 Juli 1947 oleh Letjend Gubernur Pemerintahan Hindia Belanda, dibangunlah cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di Kota Makassar. 

Melalui proses yang cukup panjang, didirikanlah dua fakultas lainnya yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran yang kemudian disusul dengan peresmian Universitas Hasanuddin pada tahun 1956. 

Selanjutnya, fakultas-fakultas lainnya dibentuk seiring waktu hingga saat ini Universitas Hasanuddin memiliki total 15 fakultas. 

Wah, banyak juga yah fakultasnya!

2. Universitas Terbaik se-Indonesia Timur

fakta seputar universitas hasanuddin menarik
Sumber gambar: faktakampus.news

Sejak diresmikan pada tahun 1956, Universitas Hasanuddin telah melewati banyak proses, mencetak alumni yang bekerja di berbagai bidang, dan berbagai hal lainnya telah universitas ini capai. 

Saat ini, Universitas Hasanuddin menjadi salah satu universitas top lokal untuk wilayah Indonesia Timur, loh!

Jadi, buat kamu, khususnya anak-anak timur, Universitas Hasanuddin wajib masuk ke dalam pilihan kamu untuk melanjutkan studi. 

Lalu, bagi Sobat Mahasiswa lainnya dari luar Sulawesi, Universitas Hasanuddin cocok bagi petualangan antar pulau kalian, merasakan suasana dan pengalaman baru di Kota Daeng. 

Oh iya, kalian wajib mencoba Coto Makassar kalau berkunjung ataupun melanjutkan studi di sini, yah!

Baca juga: 20 PTN Terfavorit pada SNMPTN 2020

3. Universitas Ranking Dunia

Selain menjadi universitas top lokal, dilansir dari laman webometrics.info, Universitas Hasanuddin berhasil menempati peringkat ke-68 se-Asia Tenggara sekaligus meraih peringkat ke-2289 dunia pada edisi Januari 2021. 

Untuk masalah metodelogi dan objektif dari webometrics.info dapat langsung diakses di halaman web-nya ya, sobat!

4. Kampus PTN Berbadan Hukum 

Fakta menarik Universitas Hasanuddin berikutnya adalah bahwa kampus ini termasuk dalam kategori PTN-BH. 

PTN-BH sendiri adalah singkatan dari Perguruan Tinggi Negara Berbadan Hukum.

Meskipun pada awal peresmian kampus menjadi PTN-BH menimbulkan konflik setuju dan tidak setuju, PTN-BH sendiri memberikan keuntungan bagi negara dan kampus itu sendiri. 

Negara mendapatkan keringanan dalam bentuk pengurangan beban biaya sehingga dapat dialihkan ke bidang lain yang lebih membutuhkan, 

Sedangkan kampus yang memperoleh status PTN-BH, mendapatkan otonomi yang lebih luas.

Salah satunya, universitas dapat dengan mudah membuka dan menutup suatu program studi.

Baca juga: 10 Fakta Penting Universitas Tanjungpura

5. Prestasi UKM Level Internasional

fakta universitas hasanuddin
Sumber gambar: pixabay.com

Universitas Hasanuddin memiliki gedung Pusat Kreativitas Mahasiswa atau disingkat gedung PKM. 

Nah, gedung PKM ini apa, sih? Gedung ini dapat dikatakan sebagai pusat berkumpulnya UKM tingkat universitas se-Unhas. 

Di dalamnya terdapat sejumlah sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa dan ruang pendukung lainnya. Seperti, dua buah ruang rapat,  koperasi mahasiswa, musholla, dan kamar mandi yang disertai tempat wudhu. 

UKM yang ada di Universitas Hasanuddin bukan UKM sembarangan, loh. 

Para kader atau anggota UKM di sini telah mencetak berbagai prestasi baik kancah nasional dan internasional.

Sebut saja UKM Paduan Suara Mahasiswa, UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah, dan UKM Tari telah mencicipi medali di kancah internasional. 

Wah, kalau sobat sekalian masuk di Unhas, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk bergabung dengan UKM-nya, yah!

Baca juga: Kenali 5 Jenis Organisasi Kampus ini

6. Sarana Olahraga dan Taman Bersifat Open Public

Selain gedung PKM sebagai pusat berkumpulnya sekretariat UKM, Universitas Hasanuddin juga memiliki ruang-ruang publik pendukung perkuliahan.

Diantaranya ialah sarana berupa gedung olahraga, lantai dasar gedung PKM, lapangan sepak bola, taman, dan danau. 

Kelima fasilitas tersebut kerap kali digunakan oleh mahasiswa dan masyarakat untuk berkegiatan pada pagi dan sore hari. 

Penulis sendiri, sebelum pandemi, melakukan latihan berupa lari keliling lapangan dan kerap kali melihat anak-anak kecil sedang latihan bela diri dalam gedung PKM.

Lantai dasar gedung PKM memang dapat digunakan untuk olahraga indoor.

7. Melahirkan Tokoh Nasional 

Teman-teman pasti tau kan, salah satu tokoh nasional yang tercatat dua kali menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia?

Iya, benar, Bapak Jusuf Kalla! Mantan wakil presiden kita ini merupakan salah satu jebolan dari Fakultas Ekonomi, Universitas Hasanuddin lho, sobat!

Selain Pak JK, terdapat pula lulusan lainnya yang juga dikenal luas. Yaitu, Abraham Samad dan Hamdan Zoelva yang keduanya berasal dari Fakultas Hukum. 

Wah, ada banyak orang hebat, yah!

Jangan ragu masuk ke Universitas Hasanuddin, siapa tau nanti kamulah yang menjadi salah satu alumni hebatnya!

Baca juga: 17 Quote Motivasi dari Orang Paling Sukses di Dunia

8. Memiliki Jurusan Berakreditasi Internasional 

Salah satu fakta membanggakan dari Universitas Hasanuddin ialah terdapatnya jurusan-jurusan dengan akreditasi internasional. 

Sebut saja salah satunya dari 4 jenis sertifikasinya ialah AUN-QA. Tapi, apasih AUN-QA itu? 

Dilansir dari laman Program Studi S1 Biologi Universitas Sebelas Maret, AUN-QA atau ASEAN University Network-Quality Assurance, merupakan salah satu akreditasi internasional yang berfungsi untuk menjamin, meningkatkan, dan serta memperomosikan kualitas dan jaminan pendidikan tinggi.

9. Kampus yang Sejuk

sejuknya danau dan hutan di universitas hasanuddin
Sumber gambar: brisik.id

Selama penulis menjadi mahasiswa di Universitas Hasanuddin, penulis melihat banyak pepohonan yang tumbuh di sepanjang jalan dalam kampus.

Bahkan di dalam area fakultas juga di tanami pohon yang berukuran besar, sobat!

Teman-teman juga bisa berduduk santai bahkan tidur di bawah teduhnya pohon. Berhubung disediakannya tempat duduk di sana.

Sobat Mahasiswa dapat melihat kerindangan universitas ini secara langsung maupun melalui google maps dengan memilih jenis peta satelit. 

Dalam citra peta satelit, terlihat jelas bahwa Universitas Hasanuddin didominasi oleh warna hijau dan merah yang merepresentasikan pepohonan, tanaman, dan bangunan dalam kampus ini. 

Jadi, sobat sekalian tak perlu risau dengan wajah glowing kalian. Suasananya rindang, kok!

10. Memiliki Sejumlah Spot Mistis

Universitas Hasanuddin, selain terkenal sebagai universitas top di Sulawesi, ternyata ia menyimpan beberapa tempat yang berbau mistis, sobat!

Sebut saja rumah kecil di tengah parkiran depan Gedung Baruga. 

Sampai saat ini, penulis sendiri masih penasaran soal apa isi rumah kecil tersebut dan untuk apa ia didirikan. 

Selain tempat tersebut, masih ada beberapa spot yang tak kalah seram. 

Namun, penulis tak ingin menyebutkannya. Teman-teman langsung ke lokasi aja, yah. Agar sensasinya terasa lebih mantap. Cocok buat kalian yang mau buat vlog horror nih, hehe.

Nah, itulah tadi 10 fakta mengenai Universitas Hasanuddin. Bagi kalian calon mahasiswa khususnya, jangan ragu untuk memilih universitas ini, yah!

Semoga informasi tadi dapat membantu teman-teman, khususnya dalam mempertimbangkan di mana kalian akan melanjutkan studi.

Sekian dari penulis, ya!
Selamat berkuliah!
Ganbantte Minaa!

*) Artikel ini telah ditulis dengan beberapa sumber referensi terpercaya

Penulis Syahrul Anami
Mahasiswa Universitas Hasanuddin