Pada artikel kali ini, saya akan berbagi tentang 10 universitas keguruan terbaik yang bisa kamu pilih. Buat kamu yang ingin menjadi seorang guru yang profesional sudah seharusnya bijak dalam memilih universitas yang akan membawa kamu lebih dekat dengan cita-citamu. Maka dari itu, ada baiknya kamu membaca artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan universitas yang akan kamu tuju agar kamu tidak menyesal nantinya. Nah, langsung saja simak 10 universitas keguruan terbaik di Indonesia berdasarkan data dari Kemristekdikti tahun 2017.

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY terletak di Yogyakarta, tepatnya di Kabupaten Sleman. Sebagai universitas terbaik urutan ke-10, universitas ini memang merupakan kampus favorit di daerah Yogyakarta. UNY memiliki 7 Fakultas dan memiliki program pascasarjana. Berdasarkan keputusan BAN-PT, UNY telah ditetapkan sebagai universitas dengan akreditasi A.

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas ini terletak di Bandung. Pada tahun 2017, UPI adalah universitas terbaik yang menempati urutan ke-13. UPI adalah perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. UPI memiliki 8 fakultas dan memiliki program pascasarjana. UPI adalah perguruan tinggi dengan akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT.

3. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang | Sumber: quipper.com

UM terletak di Malang dan merupakan universitas terbaik urutan ke-15. Memiliki 8 fakultas, program pascasarjana, dan 107 program studi, UM adalah universitas dengan akreditasi A oleh BAN-PT.

Baca juga: 100 Kampus Terbaik di Indonesia 2017 Versi Kemristekdikti

4. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Terletak di Semarang, Universitas Negeri Semarang (UNNES) menempati urutan ke-16 sebagai universitas terbaik. Hampir semua program studinya sudah terakreditasi A. UNNES memiliki 8 fakultas dan program pascasarjana. UNNES telah diberikan akreditasi A oleh BAN-PT.

5. Universitas Negeri Medan (UNIMED)

UNIMED adalah universitas terbaik yang menempati urutan ke-21. Berlokasi di Medan, UNIMED memiliki 7 fakultas dan program pascasarjana. UNIMED juga merupakan perguruan tinggi dengan akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT.

6. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ adalah universitas terbaik urutan ke-26 yang terletak di Jakarta Timur. UNJ merupakan kampus pendidikan yang mencetak pengajar-pengajar profesional. Kampus ini memiliki 7 fakultas dan program pascasarjana.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Webometrics 2017

7. Universitas Negeri Makassar (UNM)

UNM terletak di kota Makassar. Kampus ini merupakan universitas terbaik dengan menempati urutan ke-28. UNM memiliki 9 Fakultas. Nah, untuk fasilitas umum yang diperlukan, sudah tersedia antara lain Poliklinik, Auditorium, tempat ibadah, asrama mahasiswa, sarana olahraga dan kesenian, kafetaria, toko, koperasi, dan lain sebagainya.

8. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya | Sumber: quipper.com

Berlokasi di kota Surabaya, UNESA adalah universitas terbaik urutan ke-31. Saat ini, UNESA memiliki 7 fakultas. Yang lebih menarik, sejak tahun 2010, di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, ada 4 program studi yang telah melaksanakan program kelas internasional. Berdasarkan keputusan BAN-PT, UNESA telah diberikan akreditasi A.

9. Universitas Negeri Gorontalo (UNG)

Universitas di kota Gorontalo yang memiliki 10 fakultas ini adalah universitas terbaik urutan ke-50. Meskipun terletak di bagian timur, kampus ini tidak kalah saing dengan kampus-kampus lain di wilayah Indonesia bagian barat yakni dengan visi menjadi Leading University di kawasan Asia Tenggara. Caranya yaitu lewat pengembangan kebudayaan dan inovasi berbasis potensi regional.

10. Universitas Negeri Padang (UNP)

Perguruan tinggi yang menggandeng akreditasi A ini terletak di Padang. UNP adalah universitas terbaik yang menempati urutan ke-67. Kampus ini mempunyai 8 fakultas dan fakultas yang paling difavoritkan adalah Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP).

Nah itulah 10 universitas keguruan terbaik di Indonesia yang bisa dipilih buat kamu yang bercita-cita menjadi seorang guru professional. Semoga kamu tidak salah dalam menentukan pilihanmu, tetap semangat. Jangan menyerah sebelum berjuang.

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik Setara PTN