Halo Sobat Ruang Mahasiswa! 

Sudah 1 tahun lebih lamanya kita berkuliah secara online karena pandemi Covid-19. Susah senangnya kuliah online membuat banyak diantara kita yang ingin segera kuliah offline alias kuliah tatap muka seperti sebelum pandemi.

Selain mahasiswa “lama” yang rindu kuliah tatap muka, ada juga nih mahasiswa baru angkatan 2020 yang belum pernah merasakan keseruan kuliah tatap muka.

Tak heran jika mahasiswa baru banyak yang sangat menantikan momen kuliah offline.

Kabar baiknya, mulai bulan Juli, perkuliahan tatap muka akan berangsur-angsur dibuka kembali, loh! 

Nah, buat kamu yang sudah sangat merindukan kuliah tatap muka, terutama mahasiswa angkatan 2020 dan mahasiswa 2021 yang belum pernah merasakan kuliah tatap muka di kelas.

Berikut kami sudah merangkup 10 starter pack untuk mahasiswa baru dalam mempersiapkan diri untuk menjalani perkuliahan offline / tatap muka

Apa saja, simak poin – poin berikut ini:

1. Buku dan Bahan Bacaan

starter pack kuliah offline
Sumber: www.pexels.com

Salah satu perbedaan yang paling mendasar antara mahasiswa dengan anak SMA adalah mahasiswa harus lebih rajin membaca.

Kita dituntut untuk mencari ilmu sebanyak mungkin secara mandiri. Salah satunya adalah dengan membaca buku dan jurnal.

Kamu perlu mencari tahu buku-buku dasar terkait dengan materi perkuliahan yang sesuai jurusan kamu.

Kamu bisa membeli, meminjam buku di perpustakaan, atau meminjam dari kakak tingkat.

Dengan adanya bahan bacaan yang cukup, tentunya kamu akan semakin siap untuk mengikuti perkuliahan dengan baik.

Baca juga: Apakah Membaca Buku itu Wajib? Berikut 8 Alasannya!

2. Pakaian yang Sopan dan Rapi

Beberapa jurusan telah menentukan pakaian apa saja yang boleh dipakai dan pakaian apa saja yang tidak boleh dipakai.

Misalnya, jurusan pendidikan umumnya melarang mahasiswanya untuk mengenakan celana jeans.

Namun banyak juga jurusan yang tidak menentukan pakaian mahasiswanya. Yang terpenting adalah rapi, bebas, dan sopan.

Nah, seperti apakah kriteria rapi, bebas, dan sopan ini? Umumnya kemeja berkerah adalah pakaian nomor satu yang wajib dipunyai oleh mahasiswa.

Kamu bisa memilih kemeja polos dengan warna netral agar mudah dipadu-padankan.

Selain itu, blus dan tunik juga masih dianggap sebagai pakaian yang rapi. Asalkan corak dan modelnya tidak berlebihan.

Untuk laki-laki, memakai pakaian berkerah sudah seperti kewajiban. Hal ini karena banyak kampus yang melarang mahasiswa untuk memakai kaos oblong.

Untuk bawahan, celana bahan atau rok yang tidak terlalu ketat dapat menjadi pilihanmu. Kamu juga bisa memakai celana jeans asalkan terlihat rapi dan sopan.

Untuk sepatunya, kamu bisa menggunakan sepatu kets ataupun flat shoes. Gunakanlah sepatu yang sopan dan nyaman untuk dipakai di kampus.

3. Laptop atau Gadget

Meskipun tidak ada kewajiban bahwa mahasiswa wajib memiliki laptop, alangkah baiknya jika kamu memilikinya. Hal ini karena akan ada banyak materi dan tugas yang harus kamu simpan.

Selain itu, kamu perlu menyesuaikan spesifikasi laptop atau gadget-mu dengan jurusan yang kamu ambil.

Apabila kamu mengambil jurusan hukum, politik, atau filsafat, mungkin spesifikasi laptop yang mumpuni untuk kegiatan administrasi atau mengerjakan tugas mengetik, seperti makalah sudahlah cukup.

Tapi apabila jurusanmu adalah teknik sipil, arsitektur, atau jurusan desain, IT dan komputer, maka kamu membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang lebih tinggi/mumpuni sehingga dapat mengoperasikan berbagai software penting dan spesifik.

Jadi jika uangnya belum cukup, atau kamu belum tahu pasti spesifikasi laptop yang dibutuhkan, lebih baik membeli laptopnya ditunda dulu.

4. Buku Catatan, Alat Tulis, dan Kertas

starter pack kuliah offline
Sumber: www.pexels.com

Meskipun kamu berencana untuk mencatat materi melalui laptop, kamu tetap harus membawa buku khusus untuk mencatat dan alat tulis.

Hal ini karena terkadang ada materi yang lebih mudah untuk dicatat di buku daripada di laptop.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan kertas HVS atau folio dalam jumlah yang cukup. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa kluster saintek yang akrab dengan laporan praktikum.

Jadi, meskipun sudah terbiasa selalu menggunakan laptop, kamu tetap harus menyiapkan alat tulis, buku, dan kertas, ya!

Baca juga: 7 Tips Membuat Catatan yang Efisien saat Kuliah

5. Informasi Mengenai Kampusmu

Mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 mungkin belum begitu mengenal area-area kampusnya.

Oleh karena itu, buat kamu angkatan 2020 dan 2021, perlu mengenali lokasi-lokasi seperti gedung administrasi, gedung perkuliahan, kantin, tempat ibadah, dan sebagainya.

Selain itu, kamu perlu mengenali apa saja organisasi dan komunitas di jurusanmu agar bisa segera menentukan mana yang ingin kamu ikuti.

Jadi, kamu tidak akan kebingungan ataupun terlalu banyak mengikuti organisasi nantinya.

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengenali mata kuliah di jurusanmu, beserta dosen-dosen pengampunya, karena hal ini bisa membantu kelancaran studimu.

6. Daftar Tempat-tempat Penting

Kamu juga bisa membuat daftar tempat – tempat penting yang ada di sekitar kampus atau kost kamu.

Misalnya, untuk menghemat pengeluaran, kamu juga perlu nih untuk membuat list tempat makan murah di sekitar kost-mu.

Hal ini karena kehidupan selama di kost tentu berbeda dengan kehidupan di rumah yang tidak perlu pusing-pusing memikirkan menu makanan tiap harinya.

Jika kamu suka belajar di kafe, tak ada salahnya untuk membuat list kafe-kafe murah dan nyaman untuk belajar maupun mengerjakan tugas bersama teman.

Selain itu, kamu juga perlu tahu dimana tempat belanja murah, tempat percetakan dan fotocopy, serta tempat lain yang menyediakan kebutuhanmu sebagai mahasiswa.

7. Uang Cash yang Cukup

Meskipun di zaman sekarang banyak transaksi yang dilakukan secara cashless melalui pembayaran digital, terkadang kita dihadapkan dengan situasi yang memerlukan dana-dana mendesak.

Misalnya untuk biaya print atau fotocopy dokumen yang hanya 2.000 rupiah. Biasanya juga, pemilik toko seperti ini jarang menggunakan layanan pembayaran digital

Disamping itu, beberapa kantin juga belum melayani pembayaran melalui dompet digital, jadi mau tidak mau kamu perlu menyiapkan uang cash untuk bertransaksi.

8. Kartu Identitas dan Kartu Tanda Mahasiswa

Kartu identitas berupa KTP dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) merupakan 2 benda yang harus selalu kamu bawa ketika berada di lingkungan kampus.

Hal ini karena KTM memiliki peran yang amat penting. Bahkan di beberapa universitas, mahasiswa yang akan masuk area kampus wajib menunjukkan KTM, loh!

Selain itu, KTM sangat berguna untuk pinjam-meminjam buku di perpustakaan, naik bus kampus, atau untuk menggunakan sepeda kampus.

Jadi, pastikan kamu selalu membawa kartu-kartu ini dan dijaga baik – baik, ya!

9. Suplemen dan Camilan Sehat

starter pack kuliah offline
Sumber: www.pexels.com

Tak jarang tugas-tugas kampus menumpuk dan membuat kita begadang. Akibatnya, tubuh kita menjadi lemas, panas dingin, dan tidak bertenaga di keesokan harinya. Bahkan jika terjadi terus menerus, kita bisa jatuh sakit.

Oleh karena itu, menjaga kondisi tubuh agar selalu prima adalah suatu kewajiban. Salah satu cara adalah dengan mengkonsumsi suplemen kesehatan yang aman bagi tubuh. 

Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah, susu, dan sayuran agar tubuhmu lebih kuat. Selain itu, cemilan sehat seperti salad dan sereal tentu akan menjadi teman baikmu ketika sibuk mengerjakan tugas.

Baca juga: 5 Tips Terbaik Bertahan di Perantauan bagi Mahasiswa

10. Pikiran yang segar dan jernih

Selama kuliah atau sekolah online mungkin kita sering tertidur atau melakukan hal-hal yang membuat konsentrasi kita buyar.

Bahkan ketika off-cam, kita terkadang lalai dalam mengikuti pembelajaran karena ketiduran atau melakukan aktivitas lain.

Begitu pula ketika ujian. Apabila tidak diawasi secara langsung, banyak mahasiswa yang mencari jawaban melalui PowerPoint atau Google. Hal ini menyebabkan kemampuan belajar dan pemahaman kita menurun.

Ketika kuliah tatap muka dimulai, tentu kita harus meninggalkan kebiasaan buruk saat pembelajaran online karena akan berbeda situasinya.

Salah satu caranya adalah dengan belajar terlebih dahulu sebelum kelas dimulai agar otak kita lebih segar dan siap untuk belajar.

Selain itu, pembelajaran tatap muka biasanya akan jauh lebih interaktif. Seringkali dosen akan melemparkan pertanyaan kepada mahasiswanya.

Oleh karena itu, penting sekali untuk membaca materi atau melakukan persiapan sebelum kelas dimulai agar kamu memahami garis besar dari materi yang akan disampaikan di kelas.


Nah itu tadi beberapa starter pack untuk menyambut kuliah offline. Sudah ada yang kamu siapkan?

Alangkah baiknya kamu menyiapkan semua starter pack kuliah offline di atas jauh-jauh hari, ya!

Oya…Baca terus dan update artikel – artikel menarik lainnya seputar perkuliahan di website Ruang Mahasiswa, ya!

Selain itu kamu juga bisa follow Instagram @ruangmahasiswa untuk mendapat info terkini, webinar, dan tips-tips yang bermanfaat!

Tetap semangat meraih mimpi, Sobat! Sampai jumpa!


*Artikel ini telah ditulis berdasarkan beberapa referensi valid seperti media – media online yang terpercaya.

Penulis Ardalena Romantika
Mahasiswi Universitas Gadjah Mada