Tahu gak sih istilah mahasiswa kupu – kupu dan mahasiswa kura – kura. Yang sudah jadi mahasiswa pasti sering dengar istilah ini dong?

Ya, benar banget mahasiswa kupu – kupu adalah mahasiswa kuliah pulang – kuliah pulang sedangkan mahasiswa kura – kura adalah kebalikannya, yaitu mahasiswa kuliah rapat – kuliah rapat.

Dalam artikel kali ini kita akan menjelaskan perbedaan dari mahasiswa kupu – kupu dan mahasiswa kura – kura.

Setelah ini boleh simpulkan kamu pilih mahasiswa apa ya? Hehe

Langsung disimak saja:

1. Ketika habis kuliah

Ketika habis kuliah,  mahasiswa kura – kura memilih masih di kampus, nongkrong di sekretariat organisasi, rapat atau nongkrong di UKM. Sedangkan mahasiswa kupu – kupu memilih untuk langsung pulang, atau ngerjain tugas di perpustakaan atau kosan teman

Mahasiswa baru belajar

2. Kalau engga ada kelas

Mahasiswa kura – kura akan tetap ke kampus, ada saja yang harus dikerjakan, namun mahasiswa kupu – kupu memilih gak ke kampus kalo tidak penting – penting amat

3. Pandangan tentang aktif organisasi

Jika mahasiswa kura – kura ditanya apakah penting aktif di organisasi? Jawabannya pasti “penting”, namun mahasiswa kupu – kupu bilang penting sih, tapi gak begitu aktif karena ada kesibukan lain seperti membantu orang tua dan gak boleh pulang malam.

Baca: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Masuk Organisasi

4. Jumlah senior dan alumni yang dikenal

Mahasiswa kura – kura akan jawab banyak dan kenal dengan senior dan alumni banyak manfaat, suka dapat bantuan dll. Sedangkan mahasiswa kupu – kupu jawab hanya beberapa saja, itu pun hanya dari masa PMB atau 1 kelas dalam mata kuliah tertentu

5. Jumlah teman dari jurusan atau fakultas lain?

Mahasiswa kura – kura: Banyak, organisasi membuat kita bertemu dengan banyak mahasiswa jurusan atau fakultas lain bahkan antar universitas lain. Mahasiswa kupu – kupu: kenal yang satu sekolah saja

Baca: Jangan jadi Mahasiswa Kupu – Kupu, Jika 6 Hal Ini Tidak Ingin Terjadi

6. Organisasi itu penting?

Mahasiswa kura – kura, sangat penting karena kita akan belajar tentang wawasan, relasi, kerjasam dan banyak manfaat lain yang akan menjadi modal kita di dunia kerja nanti. Mahasiswa kupu – kupu, tidak terlalu penting. Masih banyak yang bisa dikerjakan selain organisasi, kadang sangat banyak menyita waktu.

Alasan Mengapa Belajar Tidak Hanya dari Pendidikan Formal Saja

7. Pernah dapat tawaran magang atau project bareng senior atau alumni?

Kebanyakan mahasiswa kura – kura jawab pernah atau bahkan sering mendapat tawaran, tinggal kesiapan mau atau tidak. Namun mahasiswa kupu – kupu mengaku jarang, bahkan sebagian tidak pernah mendapat tawaran dari alumni

8. Bagaimana kesiapan untuk masuk dunia kerja?

Mahasiswa kura – kura mengaku sudah punya bekal tapi masih harus belajar lebih banyak, sedangkan mahsiswa kupu – kupu masih harus belajar lebih banyak lagi.

Baca: 5 Softskill Dasar yang Dibutuhkan di Dunia Kerja

Itulah 8 perbedaan antara mahasiswa kura – kura dan mahasiswa kupu – kupu. Nah kamu di posisi mana nih?

Hosting Unlimited Indonesia

Saran dari kami bahwa lakukanlah yang terbaik menurut kamu, karena apa pun itu bagusnya memang yang mendukung masa depanmu. Yang penting jangan asal kuliah saja, manfaatkan kesempatan yang ada.
Supaya lebih dalam lagi, silahkan baca artikel ini: