Buat kamu mahasiswa keguruan atau calon guru yang ingin menjadi guru yang profesional, artikel ini sangat cocok untuk dibaca. Menjadi seorang guru merupakan cita-cita yang mulia. Tapi, untuk menjadi seorang guru yang profesional tidakkah mudah. Seorang guru harus memiliki 4 kompetensi untuk dapat menjalankan tugasnya sebagai pendidik yang baik. Nah, di bawah ini akan dijelaskan sebenarnya apa saja sih kompetensi yang harus dimiliki guru professional itu?

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan yang berkenaan dengan pemahaman peserta didik dan pengelola pembelajaran yang mendidik dan dialogis.

Seorang guru harus mampu memahami peserta didik dengan berbagai karakteristik. Mampu melaksanakan proses pembelajaran secara menarik, efisien dan kondusif, dan lebih penting dapat mencapai tujuan pendidikan.

Seorang guru juga harus mampu melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar secara berkesinambungan dengan berbagai metode. Menganalisis hasil belajar untuk menentukan tingkat ketuntasan belajar dan memanfaatkan hasil penilaian pembelajaran untuk perbaikan kualitas program pembelajaran.

Guru juga dituntut sebagai fasilitator dimana harus bisa mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Memfasilitasi peserta didik untuk pengembangan berbagai potensi akademik dan potensi non-akademik.

Kompetensi Kepribadian

Kompetensi KepribadianKompetensi kepribadian merupakan kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

Seorang guru harus bertindak sesuai dengan norma hukum, bertindak sesuai dengan norma sosial, bangga sebagai pendidik, dan memiliki konsistensi dalam bertindak.

Guru juga harus menampilkan kemandirian dalam bertindak, memiliki etos kerja, menampilkan tindakan yang didasarkan pada kemanfaatan peserta didik, sekolah, dan masyarakat, dan menunjukkan keterbukaan dalam berpikir dan bertindak.

Selain itu, memiliki kepribadian dan perilaku yang berpengaruh positif terhadap peserta didik, yang disegani, berakhlak mulia, dan dapat menjadi teladan. Sesuai dengan norma religius (imtaq, jujur, ikhlas, suka menolong).

Baca juga: 5 Strategi Membentuk Kepercayaan Diri Untuk Mahasiswa Millenial

Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam.

Hal itu mencakup penguasaan substansi isi materi kurikulum mata pelajaran, substansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru.

Guru juga harus memahami struktur, konsep, dan metode keilmuan, memahami hubungan konsep antar mata pelajaran, dan menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk menambah dan memperdalam pengetahuan/materi bidang studi juga harus dikuasai.

Baca juga: 6 Langkah Menjadi Penulis Profesional

Kompetensi Sosial

Kompetensi SosialKompetensi sosial berkenaan dengan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat.

Pendidik harus mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.


Nah, itu dia 4 kompetensi yang harus dimiliki seorang guru supaya menjadi guru yang professional. Sudah adakah salah satu dari kompetensi itu yang kamu kuasai?

Jika belum, kembangkan dan persiapkan diri kamu dengan keempat kompetensi tersebut. Ketika kamu menjadi seorang guru, kamu akan menjadi guru yang professional. Tetap semangat untuk meraih cita-citamu. Bekerja keras-lah selagi kamu mampu.

Baca juga: 5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Generasi Millenial di Era Digital