TELAH DI UPDATE (08/02/2018)

Kamu mungkin bisa berbangga jika jurusan atau program studi tempatmu kuliah menjadi salah satu jurusan paling favorit di Indonesia pada tahun 2017.

Bagaimana bisa jurusan kamu itu bisa menjadi favorit?

Sobat mahasiswa, jurusan favorit itu bisa dilihat dengan banyaknya peminat dan dibandingkan dengan daya tampung yang disediakan oleh jurusan, maka dapat dilihat perbandingannya. Nilai paling tinggi tersebutlah yang menjadi jurusan paling favorit.

Baca: Ini 7 Alasan Yang Sebaiknya Kamu Pertimbangkan Saat Menentukan Jurusan Kuliah

Jadi ruangmahasiswa.com telah mencoba mengulas jurusan yang paling favorit untuk jenjang S1 dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada di Indonesia dengan melihat data – data peminat pada SBMPTN 2017 tahun lalu.

Yang pada artinya kedua bidang seleksi yang dilakukan Dikti dapat mewakili secara keseluruhan bentuk seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Ruangmahasiswa.com sudah menyusun dan merangkumnya dari beberapa sumber, apa saja jurusan terfavorit tersebut, apakah jurusan kamu ada di dalamnya?

Mari kita simak berikut ini:

10 Jurusan terfavorit menurut jumlah peminat pada SBMPTN 2017

  1. Manajemen
  2. Akutansi
  3. Ilmu Hukum
  4. Pendidikan Dokter
  5. Teknik Sipil
  6. Ilmu Komunikasi
  7. Teknologi Informasi
  8. Psikologi
  9. Farmasi
  10. Agribisnis

Jumlah peserta tahun 2017 adalah 797 ribu dan hanya 14.36 persen dari jumlah tersebut yang berhasil lolos  SBMPTN 2017. (Source: CNN Indonesia)

Baca: Jurusan dengan Peluang Kerja Terbesar Hingga 2020

jurusan kuliah terfavorit

Berikut penjelasan tentang 10 Jurusan Paling Favorit di atas:

1. Manajemen

Mempelajari mengenai tanggung jawab dalam pengelolaan sebuah perusahaan atau organisasi, yang secara singkat merupakan sebuah cabang dari ilmu bisnis. Jadi biasanya lulusan ini akan bekerja pada bagian sekretaris nantinya.

2. Akuntansi

Sebagian besar lulusan dari Jurusan Akuntansi nantinya mengejar karir sebagai seorang Akuntan. Dikarenakan para mahasiswa Jurusan Akuntansi dituntut untuk menguasai cara mengolah data-data keuangan semasa kuliah, maka banyak juga para lulusan yang diterima bekerja di Bidang Perbankan.

3. Ilmu Hukum

Ilmu hukum adalah jurusan yang mempelajari pada praktek hukum. Ilmu Hukum mencakup bidang yang luas meliputi hak asasi manusia, hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Sudah pasti banyak tahu bahwa lulusan Ilmu Hukum ini akan banyak bekerja di kelembagaan hukum indonesia, mulai dari Hakim, Jaksa, Pengacara, Notaris dan banyak lagi.

4. Pendidikan dokter

Pendidikan dokter juga selalu menjadi jurusan yang paling favorit untuk calon mahasiswa setiap tahunnya. Pasalnya, menjadi dokter pasti akan mudah mendapat pekerjaan dan memiliki penghasilan yang terbilang tinggi. Namun jangan salah, biasanay kuliah di kedokteran membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit.

5. Teknik sipil

Pendidikan Teknik Sipil menyiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang perencana, perancang, konstruktor dan manajer dari berbagai pekerjaan teknik Sipil. Teknik Sipil bekerja pada semua tingkatan seperti pada sektor umum dari pembangunan kota hingga pembangunan nasional dan sektor privat dari kepemilikan pribadi hingga perusahaan multinasional.

6. Ilmu Komunikasi

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang mempelajari aspek – aspek komunikasi, baik secara teori dan praktik. Juga bisa dikatakan dari gabungan antara ilmu dan seni dalam mengolah pesan.

Nanti kebanyakan lulusan dari Ilmu Komunikasi akan bekerja pada perusahan media sebagai pembawa acara, reporter dan lain sebagainya.

7. Teknologi Informasi

Teknologi Informatika mencakup ilmu mengenai komputer dan alat-alat komunikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengambil dan merubah data. Saat ini lulusan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam setiap sektor dan instansi, karena hampir bisa dikatakan semua sektor membutuhkan bantuan teknologi informasi.

Baca: 7 Hal Yang Dapat Dilakukan Mahasiswa Jika Salah Jurusan

8. Psikologi

Ilmu Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku kejiwaabn manusia. Banyak kampus yang menyediakan jurusan ini karena cukup banyak peminatnya. Lulusan dari jurusan psikologi biasanya bekerja sebagai HRD, psikolog, guru bimbingan konseling, dosen, penerjemah dan masih banyak lagi.

9. Farmasi

Kuliah di farmasi akan mempelajari ilmu tentang untuk membuat sediaan farmasi yang baik (Farmasetika, Bioteknologi Farmasi, Teknologi Sediaan Padat, Analisis Sediaan Farmasi, dll). Lulusan dari jurusan farmasi pasti sangat banyak bekerja di perusahaan obat.

10. Agribisnis

Sebagai program studi, agribisnis sangat memadukan ilmu Soshum dan Saintek, karena dia mempelajari tentang segala aspek budidaya, pengolahan hasil pertanian, manajemen usaha, kewirausahaan dan pemasaran produk. Jadi agribisnis lebih mempelajari tentang bisnis di bidang pertanian dan perkebunan.

Jadi jangan sia – siakan kesempatan kamu untuk kuliah di dalam jurusan tersebut, karena jika jurusan kamu menjadi terfavorit, maka jika anda lulus sudah mendapat nilai plus bahwa kamu berasal dari sebuah jurusan dengan tingkat persaingan yang tinggi.

Sobat mahasiswa juga jangan lalai akan kuliah, karena kalau kita lalai yang ada hanyalah kegagalan yang kita hadapi, terutama biasanya mahasiswa di dalam jurusan favorit adalah mahasiswa – mahasiswa pilihan dan sekali kita lalai kita akan tertinggal dari mereka.