Halo adik – adik. Mungkin saat ini kamu banyak mencari tahu tentang Passing Grade masuk PTN, betul tidak?

Ya, biasanya setiap memasuki proses SBMPTN, para peserta sibuk mencari passing grade jurusan yang akan dia pilih.

Apa itu passing grade?

Passing Grade maksudnya adalah nilai minimum yang harus dicapai untuk bisa lolos ke jurusan yang dipilih. Walaupun pada dasarnya passing grade tidak tetap setiap tahunnya, bahkan pihak PTN sendiri tidak pernah mengeluarkan angka passing grade ini secara resmi.

Namun hal ini cukup membantu peserta SBMPTN untuk memprediksi peluangnya dalam memilih jurusan, karena passing grade setiap jurusan dari tahun ke tahun tidak cukup jauh berbeda.

Bagaimana penentuan passing grade?

Pada tahun – tahun sebelumnya, passing grade bisa dihitung berdasarkan jumlah benar dan salah jawaban setiap peserta pada SBMPTN tersebut.

Rumus menghitungnya dapat kamu baca berikut ini: Cara Mudah Menghitung Passing Grade

Namun bagaimana dengan passing grade SBMPTN 2019?

Namun cukup berbeda dengan SBMPTN 2019, dimana SBMPTN sendiri juga menerapkan sistem baru yaitu para peserta terlebih dahulu mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer), kemudian akan mendapat skor ujian setelah 10 hari dari pelaksanaan ujian.

Nilai ini yang akan dibawa dalam mendaftar SBMPTN 2019 dan memilih jurusan. Jadi pada SBMPTN 2019, kita terlebih dahulu mengikuti ujian baru memilih jurusan.

Untuk tahu lebih banyak tentang SBMPTN 2019 dapat kamu baca: 7 Hal Penting tentang Sistem Baru SBMPTN 2019 yang Perlu Kamu Tahu

Maka dari itu, dilansir dari kaltim.tribunnews.com (April, 2019), Bapak Budi Prasetyo Widyobroto selaku Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) sebagai lembaga penyelenggara SBMPTN menjelaskan: “Karena tahun ini baru pertama kali sehingga belum ada gambaran (passing grade). Tahun yang akan datang, akan terlihat, misalkan 600 atau 700 itu bisa masuk ke Fakultas Kedokteran UI, misalkan.”

Kesimpulannya:

Jadi Passing Grade SBMPTN 2019 tidak bisa diketahui sebelum proses seleksi selesai, karena hal ini tergantung pada nilai peserta yang mendaftar.

Jadi proses perhitungan passing grade tahun – tahun sebelumnya tidak berlaku untuk SBMPTN 2019 ini

Maka yang perlu kamu lakukan sebagai peserta SBMPTN adalah kamu harus tahu berapa nilai aman UTBK, kemudian berapa daya tampung dan peminat jurusan yang ingin kamu pilih.
Dari hal – hal di atas, kamu akan tahu apakah nilaimu cukup untuk lolos untuk jurusan yang kamu minati.

Untuk mengetahui nilai aman UTBK untuk lolos ke SBMPTN kamu dapat baca artikel:
Nilai Aman UTBK untuk Lolos SBMPTN 2019

Nah, jika kamu merasa nilaimu rendah, bagaimana tips dan strategi lolos SBMPTN 2019? Silahkan baca:
Tips LOLOS SBMPTN 2019 untuk Nilai UTBK Tidak Aman (Nilai Rendah)

Nah, bagaimana? Apakah sudah paham tentang hubungan passing grade dengan SBMPTN 2019 ini, semoga bermanfaat buat kamu, yang terlalu risau dan sangat banyak mencari – cari informasi tentang passing grade ya.