Kegiatan yang Bisa Menghambat Kelancaran Perkuliahanmu

kegiatan yang menghambat perkuliahan

Teman – teman pasti memiliki tujuan utama yaitu cepat menyelesaikan pendidikan atau cepat tamat dari perkuliahan.

Semua keinginan ini pasti ada di benak kamu yang menjadi mahasiswa, bagaimana tidak bahwa memang menempuh perkuliahan selama 3-4 tahun secara umumnya kadang membuat kamu bosan dan lelah untuk menjalaninya, lain lagi dengan orangtua kita yang memang ingin selalu anaknya cepat dan menjadi seorang sarjana, atau kamu sendiri ingin cepat bekerja untuk mendapat penghasilan sendiri.

Bisakah tamat tepat 4 tahun sesuai target bahkan lebih cepat?

Jawabannya adalah Bisa, pasti bisa.

Tidak sedikit juga teman – teman yang bisa tamat tepat 4 tahun bahkan kurang dari 4 tahun. Yang pasti mereka memiliki tips dan trik khusus untuk cepat menyelesaikan perkuliahannya, diantaranya adalah dengan berusaha terus agar proses perkuliahan tetap berjalan lancar.

Tahukah kamu ada beberapa kegiatan yang mungkin sering kamu lakukan yang bisa menghambat bahkan mengganggu kelancaran perkuliahanmu?

Berikut adalah beberapa kegiatan yang mungkin kamu sering lakukan bahkan sudah menjadi kebiasaan kepada kamu, yaitu:

1. Menontonkegiatan yang bisa menghambat kelancaran perkuliahan
Menyadari atau tidak bahwa ternyata menonton sangat banyak menyita waktu kita, sehingga bisa mengganggu perkuliahan.

Bayangkah saja jika kamu terlalu sering menonton, maka mungkin tugasmu tidak dikerjakan, pelajaran yang sebelumnya tidak diulang lagi dirumah.

Baca: 7 Hal Menjadikan Masa Muda Lebih Bermakna

Menonton ini seperti menonton di bioskop, menonton film di TV atau komputer, atau menonton bola.

– Menonton bioskop

Menonton bioskop jika terlalu sering kamu lakukan tidak baik baik bagi diri kamu, selain kamu terganggu dengan perkuliahanmu, juga memaksa kamu untuk mengeluarkan uang mu secara lebih, padahal mungkin seperti anak kost, uang bulanan yang dikirim dari kampong sudah sangat pas – pasan.

Nah, perlu dipikirkan lagi ya jika ingin menonton bioskop, bisa – bisa saja sih kalo lagi ingin? Tetapi jangan terlalu sering dan lihat dulu uang dikantong, apakah cukup memadai atau sedang mengidap penyakit kanker. Hehe…

Menonton Film atau Sinetron
Kamu tidak menyadari betapa banyak waktu yang lewat untuk hal – hal yang kurang bermanfaat seperti menonton film yang setiap hari kamu lakukan, atau menonton sinetron yang tidak pernah tahu kapan akhirnya, bisa – bisa sampai episode ke-1000 (3 tahun).

Bayangkan saja kamu menonton 1 film saja dengan durasi 2 jam setiap hari, maka jika digunakan untuk belajar maka sudah berdampak baik terhadap perkuliahanmu. Tetapi yang dilakukan adalah menonton film sampai 3 judul film atau bahkan sepanjang hari.

– Menonton Bola
Sebagian mahasiswa laki – laki, ini merupakan suatu penyakit yang agak susah untuk dihilangkan. Banyaknya mahasiswa yang menjadi penggemar sepakbola dan menjadi fans dari sebuah tim.

Maka mahasiswa tidak akan melewatkan tayangan pertandingan sepakbola, terutama dari liga – liga besar dunia, seperti Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Perancis, Liga Italia, dan Liga Jerman.

Atau ketika tim kesayangannya sedang bertanding, siapa yang berani melewatkan? Atau ketiga Liga Champion sudah bergulir atau piala dunia. Para mahasiswa sampai – sampai tidak tidur.

Ini sangat berdampak buruk terhadap perkuliahan dan kesehatan, jika tidak bisa diubah paling tidak dikurangi levelnya, karena kamu saat kuliah akan terasa lelah, mengantuk sehingga tidak semangat untuk mengikuti perkuliahan.

2. Bermain Game

kegiatan yang bisa menghambat kelancaran perkuliahan
Bermain game menjadi salah satu trend yang dilakukan semua orang, tak terkecuali mahasiswa. Dengan banyaknya game – game yang mudah untuk didownload dan digunakan di laptop dan smartphone, memudahkan mahasiswa untuk menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game.

Baca: Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi Kampus

Bisa dipastikan hampir seluruh mahasiswa pernah bermain game.
Kalau tidak terlalu sering, sebenarnya bermain game juga memberikan dampak yang positif seperti penyegaran pikiran atau refreshing, atau menghabiskan waktu santai.

Tetapi yang dilakukan adalah bermain game sepanjang siang dan malam, sampai tidak tidur – tidur atau tidak kuliah. Inilah yang sangat berdampak terhadap terhadap perkuliahan teman – teman.

3. Begadang
Begadang adalah artinya tidur dilarut malam, atau tidak tidur sepanjang malam karena melakukan suatu kegiatan.
Kalau dilakukan untuk tujuang bermanfaat seperti mengerjakan tugas, ya tidak masalah karena memang tuntutan perkuliahan.

Baca: Mengetahui 4 Dampak Buruk Begadang, Masih Beranikah Kamu Melakukannya?

Tetapi seperti kegiatan diatas, tidak tidur hanya karena menonton pertandingan sepakbola, bermain game. Wah… ini menjadi hal yang berbahaya bagi kamu, selain kesehatanmu akan terganggu, bahkan bisa – bisa mengalami insomnia akut, juga kamu akan tidak bersemangat dalam mengikuti perkuliahan.

Jika kebiasaan – kebiasaan ini kamu lakukan tetap berlanjut dan terus menerus, bisa – bisa perkuliahanmu gagal.

4. Nongkrong

kegiatan yang bisa menghambat kelancaran perkuliahan
Bagi sebagian mahasiswa ada suatu hobi yang memang bisa mengganggu kelancaran perkuliahan, seperti nongkrong.

Nongkrong berkumpul menjadi sebuah kelompok yang sering melakukan hal secara bersamaan, bercerita, membahas segala sesuatu sesama teman nongkrong tersebut.

Jika hal ini sering dilakukan, yang bisa adalah melupakan kuliah, tidak mengingat jadwal perkuliahan sehingga terlambat datang, atau tidak hadir.

5. Jalan – jalan
Sangat banyak teman – teman yang mempunyai hobbi jalan – jalan. Sebenarnya tidak masalah, asalkan tidak terlalu sering dilakukan. Kadang – kadang kita ingin selalu jalan – jalan, pulang kuliah pergi ke mall, tempat rekreasi, bioskop, tempat hiburan hingga sampai malam.

Atau diwaktu malam kamu melakukannya, atau ketika liburan juga kamu selalu jalan – jalan ke tempat tersebut, atau juga pergi ke pantai, tempat – tempat liburan, mendaki gunung atau tempat wisata lainnya di luar kota.

Jika ini sudah menjadi hobi kamu, semoga kamu bisa mengubahnya atau menguranginya. Kamu bisa melakukannya sesekali saja, karena selain waktu yang tersita, keuangan juga dan juga tenaga.

Sudah pada tahu sebagian besar mahasiswa memiliki kegiatan yang sangat sibuk di kampus, jadi jika pulang kuliah lebih baik beristirahat di rumah, atau jika ada libur, digunakan untuk beristirahat di rumah.

Berliburlah dalam sebulan atau 3 bulan sekali, dan pergi ke tempat yang memang membuat anda nyaman, ingin melepaskan beban – beban pikiran selama kuliah.

Itulah 5 kegiatan yang bisa mengganggu kelancaran perkuliahan kamu dalam tanda kutip “jika terlalu sering kamu lakukan”, tetapi jika kamu melakukannya dengan terjadwal maka akan berdampak baik bagi kamu yang bertujuan untuk refreshing atau penyegaran pikiran.

Jadi intinya lakukan sesekali saja jangan sampai perkuliahan kamu terganggu dan menghambat kamu untuk menyelesaikannya dengan tepat waktu.

Ingat orangtua kita selalu berharap anaknya untuk cepat menjadi seorang sarjana dan mencari kerja, ingat juga bagaimana perjuangan mereka agar kamu tetap bisa kuliah.

One komentar pada “Kegiatan yang Bisa Menghambat Kelancaran Perkuliahanmu

Komentar: