Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi Kampus

alasan mengikuti organisasi kampus

Menjadi mahasiswa (baru) tentunya sobat-sobat  masih bingung mengatur kegiatan kampus selain jadwal kuliah.

Namun untuk mahasiswa yang sudah (berumur) artinya sudah punya pengalamana di kampus juga yang mencari tahu kegiatan – kegiatan yang lagi tren di kampus.

Kegiatan – kegiatan ini sebagai jalan keluar untuk untuk mengisi hari senggang setelah selesai jadwal perkuliahan atau juga sebagai refreshing terhadap padatnya jadwal perkuliahan.

Memang kadang kala di satu sisi banyak juga kakak-kakak senior kita yang menawarkan banyak organisasi mulai dari organisasi yang dibentuk di dalam kamapus bahkan ada juga yang di bentuk di luar kampus yang tentunya semua itu organisasi yang punya visi misi.

Sekarang tinggal bagaimana sobat memilih organisasi kampus yang benar – benar bermanfaat bagi kamu serta mendukung perkuliahanmu.

Nah untuk saran, sobat bebas untuk memilih tergantung sobat minatnya di mana yang tentunya bersifat membangun dan berguna untuk sobat nantinya.

Tak jarang juga para sobat merasa enggan mengikuti organisasi karena beberapa alasan yang mungkin  diantaranya ada yang  merasa takut  jika nantinya  mengikuti organisasi  maka kuliahnya akan terganggu, hingga ada yang memang malas ikut organisasi karena alasan tertentu.

Padahal menurut saya sendiri mengikuti organisasi itu  memiliki banyak sekali  manfaat pada diri kita nantinya  tentunya setelah sobat tamat dari bangku perkuliahan.

Baca: Mahasiswa Seharusnya Bukan Hanya untuk Kuliah

Perlu sobat juga ketahui manfaat dari mengikuti organisasi itu banyak sekali lho, apa saja manfaatnya ikut organisasi di kampus , yuk ikuti ulasannya di sini.

1. Melatih skil dan pekembangan hobimu

Tujuan sobat mengikuti organisasi  bisa saja melatih skil sobat , mulai dari skil bersosialisasi kepada teman kampus atau bahkan di luar kampus sekalipun.

Misalkan saja sobat dikampus mengambil jurusan komputer atau tentang program atau memang dasarnya sobat hobbi mengoprek komputer, maka sobat bisa mengikuti organisasi yang berlandaskan program atau komputer.

Hal ini tentu saja melatih skil sobat nantinya di bidang program atau komputer sekaligus dapat mengembangkan hobbi sobat. Atau sobat bisa mengikuti organisasi lain yang tentunya semua itu bermanfaat bagi diri sobat.

2. Melatih kepemimpinan

manfaat mengikuti organisasi
source: thoughtfulcampaigner.org

Saat sobat berada di sebuah organisasi, maka sobat akan bertemu dan bekerja sama dengan banyak orang mulai dari teman sekampus atau  bahkan orang dari luar kampus.

Tak jarang juga kamu akan diberi tanggung jawab  untuk memimpin sebuah kegiatan. Meski hanya sebuah kegiatan kecil – kecilan kamu tetap dituntut untuk jadi pemimpin yang mampu mengarahkan kegitan tersebut supaya nantinya akan berjalan dengan lancer dan sukses.

Baca: Kuliah atau Organisasi, Kamu Pilih Apa?

Secara otomatis tentusaja jiwa kepeminpinan kamu juga ikut terasah saat berdiskusi dengan banyak kalangan.

3. Bisa menjadi modal melamar pekerjan

Mulai dari mengadakan seminar sampai melakukan diskusi terbuka , melakukan pengggalangan dana atau melakukan sosialisasi maka pengalaman ini nantinya menjadi modal kamu untuk melamar pekerjaan.

Karena tak jarang juga perusahaan menanyakan kreatifitasmu dalam organisasi saat menjadi mahasiswa.

4. Memperluas jaringan

manfaat mengikuti organisasi
source: www.fourlook.com

Tentu saja ini menjadi salah satu keuntungan kamu bergabung dalam sebuah orangisasi karena kamu akan bertemu banyak orang.

Apalagi jika kamu mengikuti organisasi yang cukup besar maka kamu akan banyak teman yang bisa kamu minta bantuan.

Nantinya jika kamu sudah tamat dari perkuliahan kamu bisa meminta bantuan mereka dalam hal mencari pekerjaan untukmu nantinya.

Nah, mulai dari sekarang sobat jangan ya cuma menjadi mahasiswa kupu –kupu yang artinya mahasiswa yang rute perjalannya hanya kampus – kos aja, banyak manfaat yang bisa sobat ambil dari mengikuti sebuah organisasi.

Baca: Jangan jadi Mahasiswa Kupu – Kupu, Jika 6 Hal Ini Tidak Ingin Terjadi

Karena mengikuti organisasi di kampus kita memiliki banyak manfaat seperti bertemu dengan banyak orang yang menurut saya penuh dengan inspirasi, tentu saja mengembangkan bakat, menambahkan pengalaman, tanpa lupa kita juga harus bisa membagi waktu antara kuliah dan aktif dalam organisasi kampus.

Jadi tunggu apalagi ? semua ada pilihan ada pada sobat sendiri .

Komentar: