Penting: Mengetahui Karakter Generasi Milenial

generasi milenial

Apa itu Generasi Milenial?

Generasi Milenial atau sering juga disebut “Generasi Y” atau “Milenials” adalah kelompok orang yang lahir setetelah Generasi X, yaitu orang – orang yang lahir pada kisaran tahun 1980 -2000. Jika diperhitungkan berarti Generasi Milenials adalah orang – orang yang saat ini berumur pada 17 – 37 tahun.

Tentunya jika kamu saat ini adalah pelajar atau mahasiswa, sudah dipastikan kamu termasuk dalam Milenials. Di Indonesia sendiri tercatat ada 81 juta yang merupakan generasi Milenials dari jumlah 255 juta penduduk yang telah tercatat.

Pada saat ini, generasi Milenial cukup special karena dianggap sangat berbeda dengan  generasi – generasi sebelumnya karena karakter dan kebiasaan dalam kehidupan sehari – hari. Baik di bidang pendidikan, moral, budaya terutama hal – hal yang berkaitan dengan teknologi.

Generasi Milenial sangat mahir dalam teknologi, karena lahir pada saat TV berwarna, handhone dan internet sudah ada.

Untuk lebih jelasnya mengenai karakter dan kebiasaan hidup Generasi Milenial yang penting diketahui, berikut adalah penjelasannya.

1. Tidak bisa jauh dari gadget dan media sosial

Hal ini sangat jelas terlihat. Generasi Milenial hampir semuanya melek teknologi, karena generasi inilah yang menjadi saksi berkembangnya produk – produk teknologi.

Kehadiran smartphone dan juga media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dll menjadikan generasi ini tidak bisa jauh dari gadget dan menjadi ketergantungan media sosial.

Menurut survei, rata – rata generasi ini hanya bisa bertahan jauh dari gadget selama 23 menit.

2. Lebih suka yang serba instant dan cepat

Generasi Milenial memiliki karakter untuk segala sesuatunya itu serba cepat, mau makan yang serba cepat, bepergian ingin cepat (paling susah jika menunggu), belanja ingin cepat (sangat suka belanja online), hingga pekerjaan – pekerjaan lain juga harus bisa selesai dengan cepat.

Baca: Ngampus Lebih Mudah dengan #TemanJalan

3. Heboh produk murah

Dibanding dengan generasi X (generasi sebelumnya), Milenial jauh lebih mementingkan harga dibanding kualitas. Sehingga cenderung tertarik pada produk murah atau diskon besar tanpa memperhatikan kualitasnya.

4. Sangat suka narsis

Hampir rata – rata, generasi Milenial sangat narsis. Dengan hampir seluruhnya memiliki smartphone, tiada aktivitas yang tidak luput dari foto. Mau makan? foto makanan dulu, ada kegiatan? foto dulu, mau tidur? foto dulu, terutama jalan – jalan, kewajiban untuk foto – foto.

5. Pendidikan nomor 1 tapi banyak pengangguran

alasan mengapa mahasiswa harus cepat wisuda

Generasi ini mengutamakan pendidikan, sebagian besarnya fokus kuliah dulu dibandingkan langsung kerja. Menjadi tren juga bahwa justru berlomba meraih gelar tertinggi , tidak hanya untuk S1, melainkan juga untuk S2 dan bahkan untuk S3.

Namun banyak juga yang pengangguran walaupun telah mengenyam pendidikan tingkat tinggi.

Ada 2 faktor penyebabnya:

  1. Tidak mau bekerja di kantor atau lebih memilih bekerja paruh waktu
  2. Tidak bekerja utnuk pekerjaan yang sesuai dengan keterampilannya

6. Generasi yang kreatif

Hal yang perlu dibanggakan adalah bahwa generasi ini sangat – sangat kreatif. Berpikir dengan sangat kritis, juga mampu memberikan – memberikan gagasan/solusi terhadap permasalahan yang ada di sekitar.

Baca: Cinta dengan 5 Aplikasi Karya Anak Bangsa Ini

7. Mandiri dan suka berwirausaha

Karena mempunyai pemikiran – pemikiran yang kreatif, maka generasi ini banyak yang memilih untuk berwirausaha dan menjadi bos dalam bisnisnya sendiri sehingga bisa dikatakan mandiri.

generasi milenial

Usaha yang dibuat pun sangat beragam, mulai dari mempunyai toko fisik hingga online-shop dengan memanfaatkan tingginya tingkat penggunaan interrnet.

8. Sukses dulu baru menikah

Tidak mau buru – buru untuk menikah. Generasi milenial lebih memilih sukses dalam dunia karir hingga bisa hidup mapan baru memutuskan untuk menikah. Generasi ini juga lebih selektif dalam memilih pasangan hidupnya. Setidaknya mereka akan menikah pada usia 29 tahun (pria) dan 27 tahun (wanita).

Baca lagi: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Cepat Wisuda

Itulah beberapa hal tentang karakter generasi milenial seperti kita sekarang ini yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat, dan dapat menjadi gambaran ke depannya untuk menjadi generasi yang baik.

Komentar: