7 Kegiatan Ini Bukti Nyata Mahasiswa Yang Kreatif

ciri mahasiswa kreatif

Menjadi mahasiswa tidak melulu dengan urusan perkuliahan. Mengejar IP tinggi kemudian berencana untuk wisuda secepatnya. Atau berpikir masuk kuliah, terus pulang. Terakhir jadi kupu – kupu dech…

Atau, apakah kamu termasuk salah satu seperti yang kami maksud?

Jika kamu menjadi salah satunya, mudah-mudahan setelah membaca artikel ini secara keseluruhan, kamu menjadi termotivasi dan tersadarkan bahwa betapa banyak kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan seorang mahasiswa.

Ternyata menjalani masa – masa mahasiswa merupakan hal yang paling menyenangkan dan luar biasa. Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan kesempatan menjadi mahasiswa ini.

Berikut ini akan kami ulas kegiatan – kegiatan yang dilakukan yang menunjukkan kamu sebagai mahasiswa kreatif.

1. Organisasi

Selain hard skill, maka soft skill juga hal yang sangat dibutuhkan untuk siap ke dunia pekerjaan nantinya. Maka antara hard skill  dan soft skill harus seimbang.

Maka untuk membentuk soft skill di organisasilah tempatnya. Maka ikutlah organisasi yang berkaitan dengan bidang kuliahmu. Namun, kamu harus tetap mengingat bahwa tujuan utamamu adalah kuliah, jadi jangan sampai mengabaikan kuliah.

Baca: Kuliah atau Organisasi, Kamu Pilih Apa?

2. Ikut Kompetisi / Perlombaan

Jika mahasiswa mendapat prestasi pasti disebut mahasiswa yang keren. Apalagi kamu adalah mahasiswa yang punya segudang prestasi pasti kamu sebut mahasiswa yang luar biasa.

Maka cobalah untuk mengikuti beragam kompetisi, terutama yang sesuai keahlian, minat dan bakat kamu. Misalnya lomba LKTI, blog, desain grafis, business plan, debat dan lain sebagainya.

menjadi mahasiswa yang berprestasi
Source: www.sinyalpintar.com

Mulailah mengikuti lomba dari tingkat kampus, regional, hingga nasional dan internasional. Jika kamu sudah mendapat prestasi nasional dan internasional, maka orang sudah sangat kagum sama kamu.

Pastinya juga akan dibanggakan teman – teman. Serta ketika kamu nanti melamar kerja, kamu sudah yakin bahwa kamu adalah lulusan yang berkualitas.

3. Pengabdian

Ilmu yang didapat namun tidak dibagikan artinya adalah sia – sia. Untuk apa belajar banyak – banyak, berangkat pagi pulang malam namun toh hanya untuk diri sendiri saja.

Maka solusinya adalah kamu harus bisa mengaplikasikan ilmu tersebut melalui pengabdian. Ya, ikutlah kegiatan – kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM – UKM kampus atau pun pengabdian dari komunitas luar kampus.

Pasti akan banyak sekali manfaatnya kepada orang lain. Mereka merasa sangat dibantu dengan ilmu yang kamu berikan. Di sisi lain, kamu punya rasa bangga yang besar karena telah bermanfaat bagi banyak orang.

4. Penelitian

Seperti Tridharma Perguruan Tinggi, Baca: Mengenal Tridharma Perguruan Tinggi , selain pendidikan, pengabdian dan penelitian merupakan aspek yang sangat penting dilakukan oleh setiap mahasiswa.

mahasiswa melakukan penelitian

Cobalah untuk melakukan penelitian, penelitian akan terasa mengasyikkan karena kamu bisa menciptakan sesuatu yang belum pernah ada. Selain itu, karya kamu bisa dipatenkan ke jurnal nasional dan internasional.

Tentunya banyak keuntungan yang bisa kamu dapat, seperti penghargaan, biaya pembinaan dan lain sebagainya.

Jika kamu berminat untuk melakukan penelitian, cobalah berkonsultasi dengan pihak kampus karena biasanya kamu akan mendapat dana untuk penelitian.

5. Pelatihan

Pelatihan akan sangat bermanfaat bagi kamu. Untuk lebih jelasnya baca artikel ini: 7 Manfaat Mengikuti Pelatihan

6. Membangun Startup

Di zamannya lagi Indonesia berkembang, di saat – saat Indonesia menonjolkan bidang ekonomi kreatif. Ini kesempatan besar untuk kamu sob, jika ingin membentuk startup.

Jika kamu punya ide yang bunya dampak besar bagi lingkungan kamu hingga punya dampak ke seluruh Indonesia, silahkan eksekusi langsung.

Bangunlah startup, dan jadilah seorang founder perusahaan yang akan siap menciptakan lapangan pekerjaan.

7. Kerja

Siapa yang bilang kalo kerja harus wisuda dulu? Malah lebih baik lagi jika masih kuliah sudah bisa kerja, punya penghasilan sendiri dan bisa membiaya kuliah sendiri. Ini pasti keren banget. 

Maka berusahalah bekerja waktu masih kuliah, atur waktu sebaik – baiknya. Pastinya setelah lulus nanti, kamu akan lebih matang lagi untuk masuk ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Inilah artikel tentang 7 kegiatan yang menunjukkan mahasiswa yang kreatif, gimana sob? Udah termotivasi? Mudah – mudahan ya. Semoga kamu dapat memanfaatkan kesempatanmu menjadi mahasiswa dengan sebaik – baiknya.

One komentar pada “7 Kegiatan Ini Bukti Nyata Mahasiswa Yang Kreatif

  1. Udah sibuk kuliah dan organisasi tapi jangan lupa tingkatkan skill bahasa kamu.
    Kelas online buat kita lebih efisien waktu dan biaya.
    Teman2 yang mau belajar bahasa Inggris tp sibuk dg kerjaan dan kuliahnya?
    Coba di britishenglishclass.com, online learning via chatting apps. Langsung dari HP kamu, belajar dua arah. Kelas private. Live interaction.
    Ada lebih dari 100 guru yang siap ngajar bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang

Komentar: