Menjadi anak kos menjadi salah satu pilihan bagi kita, jika kita memutuskan merantau keluar kota untuk tujuan sekolah, kuliah atau bekerja.

Salah satu yang harus kita lakukan jika memilih menjadi anak kos adalah menata atau merapikan kamar kos sebagai kegiatan rutin.

Menata kamar kos adalah hal yang gampang-gampang susah. Kamar kos yang relatif kecil seharusnya tidak butuh waktu yang banyak untuk menatanya.

Tapi, justru karena ukurannya kecil, kamu tidak boleh menaruh koper, sepatu, dan barang-barang sembarangan karena akan terlihat penuh sesak.

Lalu, bagaimana cara menatanya agar tampak rapi? Berikut ini  beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Singkirkan barang yang tak terpakai

Untuk kamar kos biasa dengan ukurannya kecil, kamu hanya berkutat di tempat yang itu-itu saja. Dan kelihatannya ruang yang kecil itu mengumpulkan lebih banyak barang, kotoran, dan debu yang tidak diinginkan!

Dari hari ke hari, rasanya semakin sulit untuk menjaganya tetap bersih.

Jadi, menyingkirkan barang yang tak terpakai atau menjualnnya adalah aturan nomor satu. Kalau kamu tidak suka atau tidak menggunakan barang itu, kenapa masih menyimpannya?

tips menata kamar kos
Sumber gambar: tribunnews.com

Singkirkan benda yang sepertinya tidak pernah kamu sentuh, dan ruangan pun akan terlihat lebih lega.

Ruang yang lega akan tampak lebih rapi, dan bonusnya, kamu tidak perlu membersihkan banyak barang!

2. Jangan membeli barang yang tidak butuh

Ini berkaitan dengan aturan nomor satu. Kalau kamu tidak suka atau tidak akan menggunakannya, kenapa membelinya?

Kamu hanya akan menambah sesak kamar saja. Jadi, pertimbangkan baik-baik saat hendak membeli barang.

Kalau kata orang manajer keuangan, jika ingin membeli barang baru pikirkan dalam 2×24 jam

Apakah kamu benar-benar membutuhkannya, atau hanya menginginkannya karena desain yang cantik atau harga promo?

Baca: 5 Tips Cari Kost buat Mahasiswa Baru

3. PASTIKAN sedia ruang penyimpanan

Satu hal yang membuat kamar tampak berantakan adalah banyaknya barang yang terlihat di sana-sini. Karena itu, pastikan kamar kamu memiliki ruang penyimpanan yang cukup.

Jadi, jika kamu tidak bisa menyingkirkan beberapa barang, carilah cara untuk menyimpannya di lemari. Dengan begitu, debu yang menempel di permukaan benda-benda juga akan berkurang.

Tidak boleh ada barang berserakan di meja atau lantai. Dengan begitu, kamu akan menemukan barang-barang dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, kamar yang rapi juga lebih baik untuk kesehatan mental karena tidak menimbulkan stres.

Kabel yang melintang di sana-sini juga membuat kamar tidak rapi. Kamu tidak harus membuat semuanya menghilang secara ajaib.

Kalau kamu punya banyak kabel yang menjuntai di bawah meja, gunakan pengikat kabel dan ikat menjadi satu. Sedikit penataan bisa membuat perbedaan besar.

4. Pilih perabot yang multifungsi

Kalau perlu perabot / furniture baru, sebaiknya kamu memilih yang multifungsi atau memiliki ruang penyimpanan tersembunyi.

tips menata kamar kos
Sumber gambar: furnizing.com

Misalnya meja yang bisa dilipat. Meja tersebut juga bisa kamu pakai untuk makan, belajar/bekerja, menyetrika baju, dan bagian bawahnya bisa dipakai untuk menyimpan sesuatu.

Dengan begitu, kamar kamu tidak akan terlihat sesak karena 2 atau bahkan 3 fungsi dapat disatukan dalam satu furniture.

Selain itu, sebisa mungkin pilihlah ukuran yang lebih kecil. Optimalkan pengaturan furniture untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan.

Baca: Wajib Tahu 7 Tips Supaya Aman di Kos – Kosan

5. Bersihkan sambil jalan

Kalau kamarmu berukuran mungil, sebaiknya bersihkan segala sesuatu ketika kamu sedang berada di area tertentu kamar itu.

Misalnya, jika di malam hari kamu harus pindah dari meja belajar ke tempat tidur, rapikan dahulu meja itu. Kembalikan barang-barang ke tempatnya. Bersihkan meja dari sisa makanan dan minuman.

Keesokan paginya, kamu akan berterima kasih kepada diri sendiri karena kamarmu bersih.

Kamu juga bisa memulai kebiasaan untuk bersih-bersih 5 menit setiap hari. Ketika sedang nonton TV, bersihkan kamarmu selama jeda iklan.

Buanglah sampah segera setelah kamu masuk kamar. Singkirkan sepatu dan benda-benda yang seharusnya berada di luar ruangan.

Kegiatan 5 menit yang singkat ini akan membuat kamar kos kamu lebih bersih.

Tentukan satu hari setiap minggu sebagai “hari bersih-bersih”. Saat hari itu tiba, kamu perlu meluangkan waktu untuk membersihkan kamar secara menyeluruh.

Hari bersih – bersih bisa dimulai dari menyedot debu, mengganti seprei, mengganti sikat gigi, membuang riasan atau sabun lama yang sudah tidak digunakan, membersihkan area tersembunyi di bawah furnitur, dan menyeka meja dengan disinfektan.

Baca: 5 Kelebihan dan Kekurangan Kos Sendiri VS Kontrak Rumah Bersama

Nah sebagai pelajar atau mahasiswa, salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk memastikan waktu bekerja/belajar produktif dan waktu istirahat kamu nyaman adalah memastikan kamar serapi mungkin.

Maka, poin – poin di atas patut kamu coba segera ya…