Pengertian, Prinsip, dan Cara Menumbuhkan Rasa Solidaritas

Pengertian Solidaritas

Solidaritas ialah sikap yang dipunyai oleh manusia, dalam kaitannya dengan ungkapan perasaan manusia karena rasa senasib dan sepenanggungan terhadap orang lain, atau kelompok.

Makna dari solidaritas sendiri sangat dekat arti rasa simpati dan empati karena didasarkan pada rasa kepedulian pada orang lain.

Sebagai catatan penting, solidaritas ini hadir dalam diri seseorang karena adanya rasa kebersamaan dalam kurun waktu cukup lama.

Solidaritas ini juga erat dengan rasa harga diri seseorang maupun milik kelompok. Jadi, rasa persatuan yang kuat dan mantap bisa disebabkan karena rasa solidaritasyang tumbuh dalam diri seseorang untuk kelangsungan hubungan dengan orang lain ataupun kelompok.

Rasa solidaritas ini bisa dalam bentuk ungkapan penerapan Pancasila.

Rasa solidaritas yang hadir dari rasa setia kawan tersebut bisa menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan yang tinggi meski banyak terdapat perbedaan di antara kedua belah pihak dan banyak penghalang dalam mengungkapkan rasa solidaritas ini.

Prinsip inilah yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman oleh orang yang menerapkan rasa solidaritas meski prinsip ini bukan tergolong suatu yang wajib untuk dipahami.

Karena rasa senasib sepenanggunganini pada dasarnya ialah sifat alami manusia sebagai makhluk sosial yang juga perlu berinteraksi dengan orang lain, serta membutuhkan hubungan timbal-balik.

Prinsip Dari Rasa Solidaritas:

1. Rasa Senasib Sepenanggungan

Rasa senasib sepenanggungan adalah dasar yang memunculkan rasa solidaritas dalam diri seseorang untuk diri sendiri ataupun kelompok.

Rasa senasib seperjuangan juga merupakan dasar untuk melakukan tindakan sebagai ungkapan rasa solidaritas, karena rasa solidaritas pada dasarnya timbul karena perasaan ini, sama seperti sejarah kelam Indonesia.

Baca: Jangan Terlarut dalam Kegagalan, Bangkitlah untuk Sejuta Mimpi

Para Pejuang dan pendahulu kira pada zaman dahulu juga memiliki rasa senasib seperjuangan yang luar biasa sehingga memperkuat keinginan Indonesia agar bisa bebas dari penjajahan meski harus berkorban nyawa.

Ungkapan nyata dari solidaritas mereka dalammemperjuangkan kemerdekaan dipakukan atas rasa ikhlas, bahkan tanpa meminta pamrih, hal tersebut demi tercapainya kepentingan bersama.

2. Sebuah Bentuk Ungkapan Timbal Balik

Rasa solidaritas berprinsip sebagai bentuk ungkapan timbal. Balik seseorang kepada orang lain atau kelompok.

Dalam ungkapan timbal balik ini, seseorang pasti punya tujuan tertentu, misalnya agar seseorang tersebut mendapatkan sebuahpengakuan atau bisa dipandang oleh kelompok atau orang lain.

Solidaritas yang timbul cenderung tidak memedulikan perbedaan yang ada karena rasa senasib seperjuangan yang amat tinggi dan telah tertanam di benak masing-masing anggota.

Bentuk dari ungkapan timbal balik dalam diri seseorang ini bisa lewat sebuah ungkapan dalam bentuk upaya seseorang untuk merawat kemajemukan yang ada pada rutinitas sehari-hari.

Umumnya, rasa ini muncul dari diri seseorang karena adanya pertolongan atau jasa yang diberikan oleh orang lain atau sebuah kelompok kepada orang tersebut.

Sebab itu, bentuk ungkapan timbal balik ini merupakan bentuk ungkapan yang bisa dibilang sebagai bentuk ungkapan balas budi yang dilalukan seseorang terhadap pertolongan atau jasa yang pernah diterimanya.

3. Diungkapkan Sesuai Porsi

Meskipun rasa solidaritas timbul dari adanya rasa senasib seperjuangan, pengungkapan dari rasa solidaritas ini pun sebaiknya jangan diungkapkan secara berlebihan.

Karena ketika seseorang memilih mengungkapkan rasa solidaritas secara berlebihan, justru akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain di sekelilingnya.

Hal lain yang lebih buruk adalah, pengungkapan rasa solidaritas tang tidak sesuai semestinya bisa mengakibatkan terjadinya konflik sosial dalam masyarakat.

Baca: Tips Menjadi Generasi Milenial yang Bermanfaat

Karena biasanya pengungkapan rasa solidaritas bisa dilakukan dengan lewar sebuah aksi dengan skala kecilmaupun besar sesuai tujuan dan kepentingan bersama, serta lebih cenderung berbentuk penyampaian pendapat di muka umum.

Jadi, penting bagi setiap insan untuk memperhatikan peraturan dan tata cara yang dipatok dalam Undang-undang ketika ingin mengungkapkan sebuah rasa solidaritas demi terjaganya kenyamanan individu maupun kelompok.

Cara Menumbuhkan Rasa Solidaritas:

Rasa solidaritasbisa didapat dan dipelihara dengan langkah berikut agar kebersamaan dankekompakan antar tim atau individu satu dengan lainnya bisa semakin erat.

1. Menumbuhkan Empati Pada Orang Lain

Menumbuhkan rasa empati, berarti Anda harus berusaha untuk mengerti secara keseluruhan tentang orang lain sesuai apa yang diresahkan orang lain tersebut.

Karena ketika Anda mengerti seutuhnya tentang perasaan orang lain serta bisa menempatkan diri pada posisi orang tersebut, maka tindakan yang akan Anda ambil akan sesuai dengan apa yang dibutuhkan orangtersebut.

2. Jalin Silaturahmi Dengan Orang Lain

Dalam kehidupan berorganisasi atau kelompok, komunikasi merupakan hal pokok yang amat penting . Karena, tak kenal berarti tak sayang, maka Anda harus pintar-lintar dalam melewati langkah ini.

Karena bukan hanya mengenal, tapi Anda juga harus bisa berinteraksi dengan rutin melakukan komunikasi demi menjadi tali silaturahmi yang intensif dengan individu atau kelompok lain.

Sebagai tahap awal, kalian harus saling mengenalterlebihdahulu agar tercita sebuah rasa solidaritas yang diinginkan.

Baca juga gays: 5 Tips Meningkatkan Kepercayaan Diri

3. Usahakan Saling Menyapa

Saling menyapaakanmenumbuhkan ikatan yang kuat antara saru dan lainnya. Aroma persahabatan juga akan muncul jika kian kerap menyapa meski di tempat umum, juga saling menegur ketika salah satu tidak memperhatikan.

Dengan sering melakukan hal itu, kalian akan semakin terbiasa dan bisa menjadi penyambung antara seseorang dengan seseorang lainnya.

4. Saling Memberi & Tolong Menolong

 

Jika dibandingkan dengan 3 langkah di atas, mungkin langkah terakhir ini bisa dibilang paling sulit untuk dilakukan.

Namun, ketika kesabaran dan keuletanmembawa Anda sukses melewati 3 langkah di atas, maka poin 4 ini akan dengan otomatis bisa Anda lakukan dan terapkan dal kehidupan sehari – hari.

Dengan empati dan jalinan silaturahmi yang baik, maka Anda tidak akan merasa berat hati untuk memberikan kepada individu lain yang membutuhkan dan juga rela menolong ketika individu lain merasa kesulitan.

 

Ulak: Hidup berawal dari sebuah perjuangan. Jadi tetap lah Bersemangat :)