Umumnya, semua mahasiswa berkeinginan untuk menjadi mahasiswa terbaik di kampusnya atau di jurusannya, terus apakah mahasiswa yang terbaik adalah mahasiswa istimewa?

Lantas, seperti apa ciri – ciri mahasiswa istimewa itu yang bisa kita temukan di kampus?

Apakah mahasiswa istimewa yang selalu mempunyai IPK cumlaude, yang selalu rajin datang tidak pernah absen, yang presentasinya selalu sempurna, yang penelitiannya jadi juara sana sini, yang selalu sibuk siang malam rapat organisasi atau yang seperti apa?

Jika berbicara tentang mahasiswa istimewa, pasti akan banyak presepsi yang muncul tentang kriteria mahasiswa istimewa ini.

Mahasiswa istimewa adalah mahasiswa paket complete yang mampu menyeimbangkan aktivitasnya di luar dan di dalam kampus.

5 ciri-ciri mahasiwa istimewa, yaitu: prestasi hebat, aksi cepat, IPK 4.0, rajin ibadah dan lulus tepat adalah mahasiswa yang tidak hanya mengejar IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) akan tetapi mahasiswa yang mengejar IPK (Indeks Peradaban Kumulatif).

Baik, saya akan menjelaskan 5 ciri-ciri mahasiswa istimewa, seperti apa?

1. Prestasi Hebat

Prestasi dalam hal ini bukan hanya prestasi akademik saja, tetapi perlu mempunyai prestasi yang mengasa soft skill dan hard skill kita sebagai mahasiswa, semua ini harus segera kita cari dan temui dengan cara mengikuti berbagai kompetisi yang mengisi bakat dan minat untuk terus berdedikasi & berkarya selama mahasiswa.

Baca: 5 Prinsip Mengubah Mahasiswa jadi Lebih Keren

2. Aksi Cepat

Mahasiswa istimewa harus berani ber-AKSI dengan cepat & cekatan, karena persaingan semakin ketat jika kita tidak sigap maka kesempatan akan hilang sia – sia. Mahasiswa istimewa bukan hanya yang pandai  berbicara namun mempunyai karya yang berdampak.

Tetapi mahasiswa istimewa adalah yang benar-benar bisa membuktikan secara nyata apa yang dia impikan, sehingga masyarakat bisa merasakan buah dari aksi nyata karya kita.

3. IPK empat

nilai A indeks prestasi kuliah

Tugas utama mahasiswa di kampus salah satunya adalah belajar dan mengerjakan segudang tugas, biasanya tujuan akhir mahasiswa adalah agar mampu memperoleh hasil belajar yang maksimal, salah satu indikatornya dengan meraih indeks prestasi yang memuaskan yaitu 4.0.

Oleh karena itu kita sebagai mahasiswa istimewa harus sungguh-sungguh dan serius dalam mengikuti kegiatan akademik di kampus, tidak setengah-setengah sehingga hasilnya akan maksimal. Karena salah satu kriteria mahasiswa istimewa adalah IPK nya EMPAT.

Baca: 5 Tips Mendapat IP Tinggi yang Bisa Kamu Pelajari

Namun jangan biarkan IPK menjadi halangan bagimu untuk jadi mahasiswa istimewa, dengan melakukan kegiatan – kegiatan yang lebih bermanfaat lainnya.

4. Rajin Ibadah 

Kuliah adalah sebagai tugas mahasiswa dan pertanggungjawaban kita kepada orang tua, tetapi beribadah adalah KEWAJIBAN kita pada Sang pemilik raga, Tuhan kita.

Maka jangan pernah berpikir bahwa apa yang terjadi pada diri kita saat ini, murni hanya karena hasil dari usaha kita sendiri tanpa ada campur tangan Allah dibalik kesuksesan yang diraih.

Ada kekuatan luar biasa yang senantiasa menjadi anugerah bagi kita kapan pun, dimana pun dan apa pun aktivitas kita.

Maka sebagai mahasiswa istimewa libatkan selalu Allah dalam apapun aktivitas kita dengan menjalankan apa yang menjadi perintah-Nya. Yang suatu saat akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang kita lakukan selama hidup.

5. Lulus Tepat

alumni dan prestasi sekolah di kampus PTN

Sumber gambar: englishforall.id

Orangtua akan merindukan kelulusan kita, saat kita tengah menempuh kuliah adalah masa-masa dimana anak mereka telah menyelesaikan masa studi, dan di wisuda dengan hasil yang memuaskan.

Sebagai mahasiswa istimewa kita tidak boleh melupakan kewajiban dan target kita untuk tetap menyelesaikan studi kita di waktu yang tepat, jangan sampai karena terlalu sibuk dengan aktivitas organisasi atau agenda yang lain, malah akademik kita tak terurus, terbengkalai bahkan sampai Drop Out (jangan sampai). Kecuali ada hal yang ingin kita capai sebelum kita tamat, karena salah satu syaratnya harus status mahasiswa.

Baca: 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Cepat Wisuda

Jadi, mahasiswa istimewa adalah dia yang mampu membuahkan atau menghasilkan sebuah karya yang dapat diimplementasikan nyata serta solutif, memiliki akademik yang bagus, soleh/sholehah dan mampu menyelesaikan studi pada waktu yang tepat.