Ketika kamu menjadi mahasiswa, apa impian terbesar yang ingin kamu capai? Pastinya menjadi mahasiswa yang sukses?

Menjadi mahasiswa sukses itu bagaimana sih?

Versi ruangmahasiswa.com, mahasiswa sukses itu adalah menjadi mahasiswa yang aktif dan berprestasi. Sehingga menjadikan acara Laskar 2018 sebagai wadah memulai menjadi mahasiswa yang sukses.

Namun impian itu juga tidak semudah kita membayangkannya, beragam langkah yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mencapainya, namun banyak pula kegagalan yang di dapat.

Bahkan banyak pula mahasiswa yang hilang arah, hilang motivasi dan juga bingung dan tidak fokus pada tujuan utama. Sehingga yang terjadi adalah ketidakpastian dalam menjalani proses perkuliahan.

Hal ini boleh terjadi karena kurangnya wawasan dan motivasi diri sendiri di awal – awal perkuliahan.

Melihat masalah – masalah ini, maka Ruang Mahasiswa membuat acara Laskar 2018.

Baca: 5 Tips agar Semangat Menjalani Kuliah

Dalam acara kali ini dibuat dalam bentuk seminar edukasi tentang langkah awal sukses kuliah & berprestasi yang membahas beberapa topik, yaitu:

  • Cara menjalani kuliah dengan baik
  • Cara mendapatkan beasiswa kuliah
  • Tips memilih organisasi yang baik untuk mendukung akademik
  • Tips mengikuti lomba atau kompetisi dan bermental juara

Dilaksanakan pada hari Sabtu, 06 Oktober 2018 di aula LPPM USU.

ade rapiudin seminar laskar 2018 ruang mahasiswa

Ade Rapiudin.SKM saat memberikan seminar tentang manajemen waktu

Dalam seminar ini, ada tiga pembicara yaitu Wahyu Fatur Rizky ( Duta Mahasiswa USU 2017), Andam Dewi Fahri Utami (Mawapres USU 2018), Akhmad Rapiduin (Ketua Gamadiksi USU 2015/2016), membagikan segudang pengalaman tentang bagaimana menjadi mahasiswa yang sukses secara akademik dan berprestasi mulai dari tingkat regional – internasional.

Dalam seminar ini juga diberikan tips – tips memanajemen waktu, menyeimbangkan waktu kuliah dan organisasi serta kegiatan – kegiatan lainnya.


Wahyu Fatur Rizky mengawali kesempatannya dengan berkisah mengenai pengalaman bermimpi. Wahyu mengajak para peserta untuk menyadari bahwa setiap cita-cita yang dimiliki sejak kecil hingga sekarang akan semakin mengerucut dan khusus.

Baca: 6 Kegiatan Berguna untuk Mahasiswa yang Bisa Jadi Inspirasi

Wahyu juga mengimbau peserta untuk berani bermimpi besar, serta membuat target-target dalam jangka waktu yang dekat. Lantas apakah mimpi bisa menjadi kenyataan? Wahyu menjawab, “Seribu satu mimpi akan dikalahkan dengan satu aksi nyata, dengan mengeksplor mimpi, kembangkan potensi, dan mencari orang-orang yang bisa mengajarkan. Bukan tentang seberapa besar biaya yang kalian keluarkan tapi seberapa besar kalian bermimpi untuk menjadi sukses.”

Pada kesempatan selanjutnya, Akhmad Rapiduin memberi pesan kepaada seluruh peserta untuk dapat hidup seimbang antara kuliah, organisasi, dan cita-cita. Karena menurut Akhmad, mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang bahagia, dan mahasiswa bahagia adalah mahasiswa yang memiliki manajemen waktu yang baik dan seimbang.

Sumber (mediapijar.com)


 

pembicara seminar laskar ruang mahasiswa

Pemberian sertifikat ucapan terimakasih kepada Pembicara dari founder Ruang Mahasiswa, Ronaldi Tumanggor

Hosting Unlimited Indonesia

Harapan Ruang Mahasiswa, melalui acara ini para mahasiswa lebih semangat untuk menjadi mahasiswa/i yang luar biasa yang kaya prestasi dan karya.