Hallo sobat Ruang Mahasiswa, pembahasan kali ini khusus bagi kamu yang memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris, “kenapa memilih jurusan ini?”.

Pertanyaan ini mungkin sering kita jumpai, dan itu bisa dimaklumi. Banyak orang mengambil jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tentu dengan alasan yang berbeda, mau jadi guru, guide atau lainnya, bahkan ada yang hanya ingin fokus pada fasih Bahasa Inggris-nya saja.

Memang semua yang di atas tidak ada yang salah, namun, jika dicermati lebih dalam Pendidikan Bahasa Inggris sebenarnya tidak fokus pada bahasa-nya saja tetapi lebih banyak mempelajari pada pengajaran bahasa itu sendiri.

Dimana mahasiswa/i di jurusan ini dipersiapkan dengan matang untuk memasuki dunia kerja menjadi guru nantinya setelah mereka selesai menempuh pendidikan minimal Strata 1.

Pertanyaan lain, kenapa harus kuliah di jurusan ini kan bisa kursus? Nah, kursus tidak sama dengan pendidikan Bahasa Inggris di lembaga formal.

Mengapa?
Karena kursus hanya mempersiapkan siswanya untuk lulus tes UN, TOEFL, dll. Sedangkan di Pendidikan Bahasa Inggris kita benar-benar diajarkan secara mendalam baik berupa keterampilan maupun keilmuan.

Maka, bagi kamu yang suka dengan dunia bahasa Inggris, sebaiknya harus memilih kuliah jurusan Pendidikan Bahasa Inggris karena beberapa alasan yang cukup penting dan bermanfaat di zaman sekarang.

Berikut 9 alasan memilih jurusan pendidikan bahasa inggris:

1. Bahasa Inggris dipakai di mana saja

Seperti yang kita diketahui bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa internasional.

Ini dibuktikan dengan aplikasi penggunaan bahasa Inggris ditemukan dimana saja, mulai dari smartphone, aplikasi, bahasa software, sampai internet semuanya menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar.

Sehingga dengan memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris, maka kamu tidak akan mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang asing, karena bahasa ini sudah menjadi bahasa dunia atau second language.

2. Fasih Berbahasa Inggris

Memilih jurusan pendidikan bahasa inggris adalah peluang terbesar agar kamu bisa  fasih berbahasa inggris.

Hal ini berhubungan dengan kegiatan praktek berbicara hanya dalam bahasa Inggris selama proses berkuliah nantiya.

Dengan mata kuliah yang disusun secara bertahap, maka kamu akan memperoleh ilmu yang sesuai dan lengkap.

Selama 4 tahun konsisten belajar dan praktik bahasa Inggris, sangat mungkin kemampuan berbahasa Inggris kamu akan cukup bagus

Hal inilah yang membedakan tingkatan kuliah dan juga kursus bahasa Inggris yang sekarang banyak tersedia.

Baca: 5 Website Berbahasa Inggris Yang Wajib Dibaca Mahasiswa

3. Menjadi Penerjemah Part Time

Orang yang memilih jurusan sastra inggris mungkin juga bisa menjadi penerjemah part time selama kuliah, tetapi orang yang pilih jurusan pendidikan bahasa inggris akan memiliki kemudahan dalam menjadi penerjemah part time.

Hal ini dikarenakan bahasa inggris yang diajarkan di jurusan pendidikan bahasa inggris merupakan bahasa Inggris yang sebenarnya karena tujuan jurusan ini sendiri yaitu mengajarkan ilmu bahasa inggris kepada orang lain.

Sehingga banyak mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa inggris yang bekerja di situs freelance atau kerja part time di sebuah lembaga, mereka akan memiliki kemudahan dalam menerjemahkan proyek yang diberikan.

Baca juga: 7 Kerja Part Time Cocok Buat Mahasiswa

4. Membangun Tempat Kursus Bahasa Inggris

alasan kuliah bahasa inggris

Sumber gambar: pikuuu.com

Selain menjadi penerjemah part time, mahasiswa ini juga berkesempatan untuk membuka tempat kursus bahasa Inggris sendiri

Ilmu yang dipelajari di jurusan pendidikan bahasa Inggris sudah cukup untuk menjadikan diri mahasiswa ini sebagai pengajar bahasa Inggris non-formal.

Bahkan bisa ada perkembangan dengan membuka kursus akan semakin meningkat bahasa Inggrisnya, maka menjadi pengajar kursus bahasa inggris bisa dijadikan sebagai prospek kerja utama setelah lulus kuliah.

5. Meningkatkan Peluang Diterima Kerja

Dikarenakan Indonesia memiliki angka pelamar kerja yang melebihi angka pemberi kerja.

Hal ini membuat banyak perusahaan, terutama perusahaan besar untuk membatasi jumlah penerimaan karyawan mereka yang mengakibatkan mayoritas pelamar kerja tidak diterima.

Namun, jika pelamar kerja itu memiliki keahlian berbahasa inggris yang lancar, maka hal ini akan membuat dirinya sendiri terlihat lebih unggul dibandingkan pelamar kerja lainnya

Sehingga perusahaan akan lebih memprioritaskan pelamar yang mempunyai kemampuan berbahasa Inggris, terutama di sektor yang public relation, dan sektor – sektor komunikasi ke masyarakat.

6. Mudah Diterima Kerja di Luar Negeri

keuntungan kuliah bahasa inggris

Sumber gambar: tribunnews.com

Saat ini, semakin banyak orang yang ingin bekerja di luar negeri karena menurut mereka bekerja di luar negeri itu akan mendapatkan gaji yang lebih besar dan juga bisa mengenal budaya baru.

Namun, ada satu hal yang bisa menghalangi mereka dalam meraih mimpinya, yaitu penggunaan bahasa Inggris yang kurang lancar

Tetapi jika kamu memilih jurusan pendidikan bahasa Inggris, kamu akan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang membuat kamu lebih mudah diterima kerja ketika melamar kerja di luar negeri.

Baca: 7 Kunci Sukses Masuk Dunia Kerja untuk Mahasiswa Fresh Graduate

7. Prospek Kerja Luas

Lulusan pendidikan bahasa Inggris juga memiliki prospek kerja yang luas. Selain bisa menjadi guru, jurusan ini juga bisa menjadi penerjemah online atau offline, penulis konten Bahasa Inggris dan sejenisnya.

Setelah lulus jurusan kuliah, kamu memiliki kesempatan untuk melamar kerja sebagai penulis, reporter, penerjemah, staff perbankan, tour guide, departemen luar negeri, dan masih banyak lagi.

8. Berkesempatan Melatih Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Penggemar bahasa Inggris sejati pastinya mau berbicara dengan native speaker bukan?

Maka dari itu, dengan memilih jurusan pendidikan bahasa inggris, mahasiswa ini tidak hanya berkesempatan untuk bicara dengan native speaker.

Akan tetapi, mahasiswa di jurusan ini juga berkesempatan untuk melatih keterampilan berbahasa Inggrisnya bersama native speaker selama masih menjalani kurikulum kuliah.

Sehingga mahasiswa di jurusan ini mempunyai pengalaman langsung berbicara dengan native speaker.

9. Mendapatkan Ilmu yang Lengkap

Pendidikan Bahasa Inggris pada dasarnya memiliki ilmu yang mendasar yakni reading, listening, writing, dan translating.

Selain itu, jurusan ini juga akan mempelajari ilmu lain yang masih berhubungan dengan bahasa Inggris seperti syntax, linguistic, sastra, dan tentu saja pendidikan dan inovasinya.

Maka, dengan ilmu yang lengkap dan spesifik inilah nantinya setelah lulus kamu akan mudah mencari pekerjaan dan diterima bekerja di banyak tempat.


Itulah 9 alasan untuk meningkatkan kepercayaan diri kamu dalam memilih jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Apalagi, jika kamu tertarik dengan dunia pendidikan maka jurusan pendidikan Bahasa Inggris adalah jawabannya untuk menggapai impian kamu lebih luas lagi.