Hello, sobat ruang mahasiswa kali ini kita akan membahas jurusan apa saja yang paling tinggi biaya kuliahnya. Memang tidak bisa dipungkiri kalau biaya menjadi salah satu pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah.

Nah, sebelum memutuskan memasuki jurusan ada baiknya kamu check terlebih dahulu berapa biaya kuliah yang akan kamu keluarkan.

Termasuk rincian biaya kuliah biasanya terdiri dari berbagai macam, mulai dari Uang Kuliah Tunggal (UKT), uang gedung, praktikum, SKS, registrasi ulang, dan kebutuhan lain yang sifatnya trivial.

Adapun besaran biaya kuliah berbeda-beda, tergantung program studi dan universitasnya.

Memang ada jurusan-jurusan tertentu yang terbilang mahal.

Penasaran apa saja itu? Berikut 7 jurusan dengan biaya tinggi, di antaranya:

1. Kedokteran

biaya kuliah di jurusan kedokteran

Sumber gambar: pixabay.com

Jurusan kuliah pertama yang paling membutuhkan banyak biaya adalah Kedokteran,

Sudah tidak rahasia lagi, biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit dari puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Salah satu alasannya adalah alat pembelajaran dan praktikum yang jumlahnya tidak sedikit dengan harga yang tinggi dan menguras kantong.

Misalnya untuk praktikum bedah anatomi saja, mahasiswa kedokteran perlu menggunakan kadaver (mayat) yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Ada juga alat lain yang hanya bisa digunakan sekali pakai, seperti jarum suntik. Tidak heran kalau Kedokteran sering dianggap sebagai salah satu jurusan termahal.

Uang kuliahnya bisa mencapai 100 juta bahkan lebih, terutama jurusan kedokteran di PTS

Banyak calon mahasiswa yang sudah dibuat minder hanya dengan mengetahui biayanya.

Tapi, walaupun biaya kuliah yang begitu tinggi kedokteran terbukti paling banyak diminati oleh calon mahasiswa karena termasuk profesi dengan gaji yang tinggi juga.

Baca: Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Anak IPA

2. Penerbangan

biaya kuliah sekolah penerbangan / aviasi

Sumber gambar: sekolahpenerbangan.com

Terakhir, jurusan kuliah yang membutuhkan biaya cukup banyak juga adalah Penerbangan (Aviasi). Kalau kamu bercita-cita ingin jadi pilot, jangan lupa menabung dari sekarang.

Karena uang kuliah di kampus-kampus aviation semacam ini berkisar di angka Rp500-800 juta. Tentu ini bukan lah biaya yang sedikit.

Namun, biaya yang begitu melangit sepadan dengan fasilitas yang didapat. Selama pendidikan, mahasiswa ini akan menjalani praktikum berupa simulasi penerbangan serta sertifikasi yang dananya cukup besar.

Meski begitu, jurusan ini tetap saja ramai peminat. Alasannya karena prospek karier yang menjanjikan. Seorang penerbang (pilot) profesional bisa mendapat gaji sampai puluhan juta rupiah per bulan. Siapa yang tidak berminat?

3. Seni

Seni adalah salah satu jurusan yang harus perlu di pertimbangkan karena biaya kuliah seni tak disangka-sangka memakan banyak biaya.

Para mahasiswa diharuskan untuk menginvestasikan banyak budget untuk kebutuhan kuliah di jurusan ini.

Besarnya biaya untuk belajar di fakultas seni bukan hanya karena iurannya, melainkan juga karena peralatan penunjangnya.

Sebut saja seni rupa untuk membeli kuas seharga Rp 200 ribu sudah biasa.

Belum lagi, bagi kamu yang mendalami desain interior yang dituntut untuk membeli peralatan dengan tarif mahal. Begitu juga seni musik, dan lainnya termasuk dalam jurusan kuliah berbiaya mahal.

Karena sepertinya, memang tidak ada seni yang murah di dunia ini.

Selain itu, dibekali dengan berbagai peralatan yang memadai. Mahasiswa seni juga sengaja menambah kredit mata kuliah untuk makin memaksimalkan kreativitas dan kompetensi di bidang yang ditekuninya.

Baca: 10 Rekomendasi Terbaik Jurusan Kuliah untuk Anak IPS

4. Arsitektur

Jurusan yang satu ini juga jadi incaran para calon mahasiswa. Kesan prestisius yang begitu melekat pun diimbangi dengan biaya perkuliahan yang melejit.

Calon mahasiswa ini harus menyiapkan biaya untuk uang pangkal, uang semesteran hingga biaya praktikum yang tak bisa dibilang murah. B

elum lagi, kamu harus menyiapkan budget untuk presentasi dan pembuatan maket.

Sebagai mahasiswa arsitektur, ada beberapa peralatan wajib yang sangat dibutuhkan di antaranya pulpen dengan tipe tertentu, berbagi jenis kertas, pensil, meja gambar, yang harganya ratusan ribu

Mahasiswa aristektur juga harus punya laptop dengan spek yang sangat tinggi agar mampu rendering 3D. merupakan peralatan yang tidak sembarang.

5. Akutansi

Akuntansi merupakan salah satu pilihan jurusan yang banyak difavoritkan saat ini. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan populer di lingkup ilmu sosial.

Banyak sekali pelajar ilmu sosial yang berminat untuk masuk ke jurusan akuntansi. Salah satu alasannya adalah karena jurusan ini memiliki peluang kerja yang terbuka lebar.

Selain itu, jurusan yang termasuk banyak diminati dan peluang kerja yang bisa didapatkan, kamu juga harus mempertimbangkan biaya kuliah di jurusan ini.

Biaya kuliah akuntansi memang bervariasi tergantung kebijakan universitas. Namun, paling tidak Kamu bisa mengetahui perkiraan biaya kuliah di jurusan ini.

Karena biaya kuliah di jurusan akuntansi kurang lebih Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per semester tergantung universitas dan tingkat penghasilan orang tua mahasiswa yang bersangkutan.

Besarnya biaya ini bisa lebih murah dan lebih mahal tergantung situasi.

Maka, bagi kamu yang berminat di jurusan ini perlu untuk mengecek terlebih dahulu biaya yang akan kamu keluarkan dan kebutuhan lainnya.

Baca: 5 Fakta Unik Tentang Mahasiswa Jurusan Akuntansi

6. Fashion Design

Biaya kuliah fashion design

Sumber : shine.com

Jurusan kuliah berikutnya adalah Fashion Design juga termasuk membutuhkan banyak biaya kuliah karena untuk menyelesaikan tugas-tugas desain mode dan tekstil saja butuh bermacam bahan dan bermeter-meter kain dalam menyelesaikan satu proyek tugas.

Semakin rumit dan mahal bahan, tentunya semakin besar dana yang diperlukan. Selain itu, tidak mungkin mahasiswa Fashion Design bakal ngerjain satu tugas saja selama kuliah.

Memang tidak bisa dipukul rata bahwa satu jurusan dikatakan mahal karena ada banyak variabel yang terlibat dalam penentuan biaya perkuliahan, seperti status perguruan tinggi, golongan UKT, dan sebagainya.

Tapi, yang tak bisa lepas dari pertimbangan adalah kebutuhan perlengkapan perkuliahan, yang menjadi kebutuhan mahasiswa selama kuliah, kebutuhan yang terus mengalir.

Kalkulasi inilah yang tak tampak diatas kertas, jadi sering diabaikan.

Nah, jika sobat mahasiswa ingin memasuki jurusan di atas. Maka pandai-pandailah mengkomunikasikannya dengan orang tuamu. Agar kamu bisa lebih mempersiapkan kebutuhan biaya kuliah di jurusan ini.

7. Broadcasting

Selanjutnya, jurusan kuliah yang cukup menguras uang kamu adalah Broadcasting.

Karena untuk menunjang kegiatan praktikum dan editing selama proses perkuliahan, mahasiswa ini setidaknya perlu memiliki peralatan pribadi seperti kamera, microphone, tripod, serta komputer dengan spek yang mendukung.

Biaya peralatan jurusan ini belum termasuk uang kuliah lain yang sifatnya wajib, seperti SKS, uang semester, biaya praktikum, uang gedung, registrasi, buku-buku, dan lain sebagainya.

Namun, usai lulus dari jurusan ini kamu juga berkesempatan untuk merintis karier di perusahaan-perusahaan penyiaran (broadcasting) dengan gaji yang cukup besar.

Sobat mahasiswa, itulah  7 jurusan dengan biaya tinggi yang harus penuh pertimbangan sebelum menentukan pilihan jurusan yang kamu ingin masuk.

lantas, betulkah biaya kuliah yang mahal berbanding lurus dengan tingginya penghasilan yang akan diperoleh di masa depan?

Tidak selalu. Karena banyak juga lulusan Kedokteran atau bahkan sekolah Penerbangan yang justru tetap menganggur.

Semua kembali pada masing-masing orang. Semahal apa pun jurusan kuliahmu, kalau kamu sendiri tidak  membekali diri dengan ilmu dan kompetensi yang cukup, serta tidak jeli melihat peluang, impian berkarier tentu hanya tinggal impian. Begitu pun sebaliknya.

Nah, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu sobat ruang mahasiswa yang masih bingung memilih jurusan, ya!