Halo teman – teman, sudah tahu kan dengan RuangBelajar? RuangBelajar adalah sebuah fitur yang ada di Ruangguru yang membuat belajar kita bisa lebih mudah dan lebih efektif

Kali ini kita akan membahas fitur baru yang ada di RuangBelajar. Tentunya fitur terbaru ini akan sangat membantu kamu dalam pembelajaran bebasis online apalagi di masa pandemi ini.

Saat ini belajar online cenderung menjadi pilihan utama karena pemberlakuan sistem belajar jarak jauh, sehingga harus bisa membuat cara belajar baru ini lebih efektif dan efisien.

Baca: 7 Tips Belajar Online di Masa Pandemi Covid-19

Maka itu RuangBelajar hadirkan fitur-fitur terbaru untuk membantu pelajar Indonesia tetap produktif dan semangat belajar yang tinggi dan tetap berprestasi.

Tentu ini sudah tidak asing lagi di kalangan generasi pelajar saat ini, Ruangguru menjadi bimbel online nomor satu di Indonesia yang memiliki kualitas tinggi dalam sistem pembelajaran yang diterapkan ruang guru.

Dengan adanya fitur-fitur baru diharapkan dapat membantu kamu untuk mewujudkan target-target yang ingin kamu capai.

Walaupun berbasis online tapi tak kalah seru dengan biasa belajar offline di ruangbelajar karena tidak ada yang mustahil asalkan kamu rajin belajar dan tidak mudah menyerah.

Nah, apa saja fitur baru RuangBelajar yang bisa membuat kamu bisa belajar lebih mudah secara online?

Mari simak 8 fitur ini berikut:

1. Pemberitahuan

fitur baru ruangbelajar jadwal belajar

Sumber gambar: ruangguru.com

Fitur baru ruangbelajar yang pertama adalah fitur pemberitahuan otomatis.

Fitur ini ada pada video Pembelajaran baru. Jika ada video pembelajaran baru maka akan muncul tulisan “New” pada judul materi di ruang belajar.

Dengan adanya fitur pemberitahuan otomatis seperti ini, diharapkan akan memudahkan kamu untuk mengetahui jika ada video-video belajar baru.

Konsep video pembelajaran juga mengutamakan kualitas agar video belajar tetap menarik dan mudah dimengerti.

Setiap harinya, Ruangguru berkomitmen untuk menyediakan video terbaru, video-video yang memuat kata “New” pada judulnya itu artinya, video terbaru. Hingga saat ini, Ruangguru sudah memiliki puluhan ribu video belajar.

Selain itu tidak sekadar meningkatkan kuantitas atau jumlahnya saja. Tetapi, kualitasnya juga selalu dibuat agar dapat semenarik mungkin untuk membantu kamu memahami materi yang dipelajari.

Ada video-video apa saja ya yang sudah diperbarui? Cek daftar berikut:

  • Kimia SMA XII IPA – Sifat Koligatif Larutan
  • Ekonomi SMA XII IPS – Persamaan Dasar Akuntansi
  • Sejarah SMA X IPA – Cara Berpikir Sejarah
  • Bahasa Indonesia XII IPA/IPS – Teks Editorial
  • Sosiologi XII IPS – Perubahan Sosial
  • Bahasa Inggris X IPA/IPS – Common Expression 1, dan masih banyak lagi.

2. Video Timeline

Fitur timeline khusus pada kelas 12 saja, fitur ini membebaskan kamu untuk memilih materi daftar isi yang tersedia pada bagian video belajar.

Jadi, jika ingin menonton materi pelajaran pada menit tertentu bisa pilih materi yang tersedia pada bagian bawah video belajar.

Selain itu, ketika kamu memutar video belajar maka di bagian bawahnya terdapat scene index atau semacam daftar isi.

Gunanya untuk apa?

Agar ketika kamu tidak sempat menonton keseluruhan video dan hanya ingin mengulang pada penjelasan materi tertentu, bisa langsung klik menit dan nama pembahasannya.

Misalnya:

Dalam video “Konsep Wilayah” (Geografi, Kelas XII) yang berdurasi selama 6.24 menit, pengguna bisa langsung memilih menit ke 03.02 untuk pembahasan “Definisi Wilayah”.

Jadi waktu belajar lebih efektif. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan fitur ini juga akan disediakan untuk kelas lainnya.

3. Latihan Topik

fitur baru ruangbelajar asah otak

Sumber gambar: ruangguru.com

Fitur selanjutnya di RuangBelajar adalah tingkatan latihan topik mulai dari level mudah sampai level expert, jadi kamu bisa menchalenge diri kamu untuk bisa menaklukan soal-soal yang sulit.

Kamu pernah tidak memperhatikan soal-soal di latihan topik baru-baru ini? Apa sih yang dirasa berbeda?

Nah, sekarang latihan topik memuat tingkatan soal juga. Dimulai dari level mudah, sedang sampai sulit. Masing-masing tingkatan ini memiliki 10 butir soal.

Setelah kamu mengerjakannya, kamu akan diberi tahu jawaban yang benar beserta pembahasannya.

Lengkap bukan?

Jadi siapkah menantang diri kamu untuk mengetahui sampai dimana level kemampuan kamu dalam menjawab soal?

Nah, kamu bisa segera gunakan fitur ini.

4. Ruangguru Live

Tidak kalah dengan fitur terbaru lainnya fitur Ruangguru live bisa menemukan berbagai pembahasan materi pelajaran langsung bersama master teacher.

Fitur ini juga membahas mengenai topik sekolah hingga universitas sampai live Quiz berhadiah.

Fitur ini sangat tepat untuk kamu yang suka menonton sambil belajar di Instagram atau YouTube Live Ruangguru. Nah, Mulai dari bahas berbagai materi pelajaran, sampai quiz berhadiah.

Jadwal Ruangguru Live setiap Senin, Rabu, Kamis. Kamu juga bisa cek langsung di notifikasi aplikasi kamu akan ada pemberitahuan sesuai jadwal.

Bahkan, kamu juga bisa ikutan kirim pertanyaan untuk pembahasan pelajaran di IG story Ruangguru.

Kabarnya mendatang akan ada di pertengahan Juli nanti saat kamu masuk sekolah, Ruangguru Live setiap hari lho! seru bukan?

Jangan sia-siakan kesempatan ini karena kamu akan mendapatkan pembahasan materi pembelajaran langsung tentunya.

5. Bank Soal

Fitur terbaru lainnya datang dari fitur bank Soal. Fitur ini dapat kamu temukan pada laman utama aplikasi Ruangguru, kamu akan menemukan fitur bank soal yang berupa kumpulan soal terlengkap untuk persiapan kamu menuju ujian.

Cara kerjanya mirip sekali seperti try out online.

Selain itu, fitur ini tersedia seluruh mata pelajaran baik IPA maupun IPS.

Ada beragam jenis paket soal juga di sini, mulai dari untuk UTS dan UAS tiap semester genap dan ganjil, UN, bahkan SBMPTN.

Masing-masing paket terdapat 40-50 soal dan diberikan waktu berkisar antara 1,5 jam-2 jam untuk menyelesaikan paket soal.

Tambahan lainnya, sama seperti latihan topik, seusai mengerjakan soal-soalnya akan diberikan pembahasan.

Jadi, jika kamu ingin latihan mengerjakan soal maka fitur ini tepat untuk kamu jadikan bahan pembelajaran.

Dengan kumpulan soal yang lengkap beserta pembahasannya tidak menutup kemungkinan hasil juga sesuai dengan yang kamu inginkan asalkan sering mengerjakan soalnya.

Baca: 6 Hal yang Berubah di Dunia Pendidikan karena Covid-19

6. Challenge Level

Selanjutnya, Fitur Challenge Level fitur ini mirip seperti games, tapi bukan games untuk merasakan keseruan saja.

Namun, kamu juga akan latihan mengerjakan materi yang diberikan tentu akan menambah wawasanmu terhadap materi pembelajaran.

Setiap kali kamu behasil melewati suatu latihan topik pembelajaran kamu akan diberikan reward berupa Xp dan Goal, yang akan nantinya reward ini bisa digunakan untuk uprade level kamu ketingkatan yang lebih tinggi lagi.

Fitur ini emang di rancang seperti games yang seru dan menantang. Disamping itu, diselipkan materi pembelajaran juga, tentu dengan fitur ini kamu akan menumukan pembelajaran yang tidak membosankan.

Jadi, fitur ini sangat cocok buat kamu yang bosan dengan pelajaran yang monoton

Tunggu apalagi, kamu bisa coba dan rasakan pembelajaran yang menyenangkan dalam fitur Challenge Level ini.

7. Avatar

fitur baru ruangbelajar avatar

Sumber gambar: ruangguru.com

Selanjutnya fitur terbaru yaitu Avatar Ruangbelajar, fitur ini dirancang semenarik mungkin untuk kamu yang suka mendesain. Ini akan menjadi hal yang menyenangkan di sela-sela pembelajaran.

Fitur Avatar di Ruangbelajar salah satu daya tarik untuk membuat kamu betah belajar di Ruangguru dengan berbagai design yang ada di fitur ini akan membuat kamu belajar adalah hal yang menyenangkan tentunya.

Jadi, selain belajar kamu juga bisa mendesain avatar diri sendiri yang sesuai dengan keinginanan.

Pastinya dengan adanya fitur ini akan membuat kalian semangat belajar menggunakan aplikasi belajar online ruang Guru.

8. Rekomendasi Belajar

Fitur terakhir ini termasuk salah satu fitur unggulan dari Ruangbelajar yaitu rekomendasi belajar

Fitur ini akan merekomendasikan ke kamu pelajaran-pelajaran apa yang mesti kamu lebih permantap lagi.

Cara kerja fitur ini adalah melalui robot canggih dari ruang guru yaitu akan menganalisa kebiasaan belajar, gaya belajar, soal-soal atau mtaeri yang sering kamu kerjakan.

Sehingga fitur ini akan mampu mengetahui kekurangan kamu ada pada materi apa saja.

Selain itu, fitur ini akan merekomendasikan kamu untuk mempelajari hal-hal yang mesti ditingkatkan lagi pada diri kamu. Tentu ini sangat membantu kamu terhadap materi yang kurang kamu pahami.

Baca juga: Lulusan SMK Haruskah Kuliah? Berikut 7 Alasannya

Di atas adalah 8 ulasan terkait fitur-fitur baru Ruangbelajar yang bisa kamu gunakan dengan mendownload aplikasi Ruangguru .

Tahun ini 2020 Ruangguru resmi mengenalkan rangkaian fitur terbarunya. Dengan fitur baru ini diharapkan bisa membantu kamu dalam meningkatkan pemahaman materi pembelajaran.