Hello, readers! Apakah kamu pecinta matematika? Atau kamu salah satu dari mereka yang gak senang dengan matematika?

Pada faktanya matematika menjadi mata pelajaran yang paling horror di mata siswa.

Bisa dihitung berapa siswa atau mahasiswa sih yang suka matematika dalam sekelas. Benar, bukan? Lah, kenapa?

“Matematika itu abstrak banget, gak paham dengan alur pikirnya!”,  “ Rumus Trigonometri itu serem, deh!”, dan pernyataan lainnnya yang semakin menyakiti hati sang Matematika.

The point is You have thought that Mathematic is difficullt.

Siapa bilang matematika itu sulit dan menyeramkan? Kita hidup di zaman digital, guys. Untungnya jadi aku dan kamu di era ini, semua serba dimudahkan, termasuk kemudahan untuk membuka hati pada sang Rajanya Ilmu.

Saatnya move on!

Ingin belajar move on dari anggapan lama kamu? Lakukan hal ini agar belajar matematika gak ribet dan gak buat galau.

1. Download e-book

Gak punya buku buat bahan pelajaran? Download aja gak pake mahal

Mau belajar bangun ruang sisi datar, eh bukunya gak punya. Don’t be panic. Google punya semua bahan pelajaran yang kamu butuhkan.

Daripada stalking akun mantan yang udah bahagia di sana, mending kamu buka semangat baru untuk stalking all about mathematics.

Untungnya apa? Kamu bebas memilih bahan yang kamu inginkan dari sekian banyak pilihan yang ada. Pilih bahasa yang mudah kamu pahami. Gak melulu dari buku online, kamu juga bisa belajar dari blog terpercaya yang bahasanya mudah dimengerti.

Seringkali yang menjadi masalah buat memahami matematika adalah bahasanya yang rumit. So, guys, start from a simple method, stalking bahan pelajaran.

2. Nonton Youtube

Belajar matematika dari Youtube

Merasa bosan hanya dengan metode baca? Buka youtube aja

Yang udah hidup di zaman youtube tapi belum pernah belajar via youtube mana suaranya? Yuk bertobat, manfaatin gadget kamu untuk belajar.

C’mon, guys. Youtube punya banyak penjelasan materi matematika yang bisa kamu pelajari kapanpun dan dimanapun. Bahkan banyak dosen dan guru dari berbagai belahan bumi yang sering upload video mengajar disana.

Kamu bebas memilih pemateri dan belajar melalui penjelasan mereka.

3. Sering latihan model – model soal matematika

Mulai membuka hati karena terbiasa? Lanjutkan dengan mencari model – model soal matematika di google

Faktanya memang seperti itu, ala bisa karena biasa. Kamu yang membiasakan diri dengan step 1 dan 2, cepat atau lambat akan move on dari anggapan lama.

Google dapat menjawab kerinduanmu, guys. Perkaya wawasan dengan model – model soal terkait materi yang telah kamu bahas. Saat ini banyak soal yang tersedia dengan kunci jawaban dan langkah penyelesaian yang mudah diipahami.

Jadi banyak juga situs – situs yang mengulas banyak tentang matematika, mulai dari materi, soal – soal hingga pembahasannya seperti contoh situs edumatik.net

4. Join Diskusi Online

“Help me, I couldn’t understand!” Tenang! Ada kelas diskusi online. Saat membahas soal, tiba – tiba stuck karena soalnya rumit. Jangan menyerah, kamu boleh mencari bantuan di kelas – kelas diskusi online.

Saat ini banyak layanan yang bisa kamu manfaatkan untuk bertanya dan berdiskusi, sebagai contohnya di Brainly. Kamu dapat memanfaatkan gadget untuk berdiskusi dalam menyelesaikan persoalan yang belum tuntas tersebut.

5. Bimbingan belajar Online

belajar online matematika

Source: blog.iu.edu

Kamu semakin haus akan matematika? Cari bimbingan belajar matematika online

Kamu mulai merasa semuanya menyenangkan dan mengalir begitu saja. Kamu butuh seseorang yang bisa membimbing kamu agar semakin memahami matematika. Tepatnya, kamu sudah sampai di tahap ini, guys!

Saat ini, kamu boleh mencari tentor belajar matematika online dengan mudah dan biaya yang murah, sob.

Banyak penyedia layanan belajar online, misalnya ruang guru. Kamu bisa join dengan mudah, belajar dimanapun dan kapanpun.

Nah, lima langkah di atas dapat kamu tempuh agar belajar matematika itu gak ribet lagi. Di zaman digital yang serba mudah informasi ini, yang sebenarnya terjadi adalah kurangnya rasa ingin mencari tahu dan mencoba hal yang baru.

Zaman digital mempermudah banyak hal, salah satunya belajar matematika. Intinya adalah kamu memiliki kemauan untuk belajar. Dengan cara menyenangkan seperti di atas, dijamin deh kamu akan semakin tertarik untuk belajar matematika.

Selamat berjuang untuk membuka hati pada matematika, guys!