Tujuan KKN

Mahasiswa sebagai kelompok yang mempunyai peran terhadap perubahan yang lebih signifikan dan progresif, dalam upaya menciptakan masyarakat yang sejaterah, adil dan makmur, dengan kekuatan wacana intelektual yang disertai dengan kegiatan yang nyata.

Selama sejarah bangsa berlangsung dapat membuktikan peran mahasiswa yang sangat strategis yaitu sebagai agent of change dan agent of control social. Mahasiswa tetap berada digaris terdepan dengan peran multi dimensi dan komprehenshif yang bisa dilakukan.

Demi cita-cita yang mulia tersebut, Kelompok 21 KKN UMM diturunkan di Desa Sukoanyar, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang selama 28 hari (17 juli – 15 agustus 2019) untuk melakukan pengabdian pada masyarakat dengan studi lapangan dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang bersifat edukasi dan juga pengabdian.

Program KKN 21 UMM

Selama satu bulan di lapangan, mahasiswa memberikan pengalaman ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan agama untuk memberikan pengarahan agar dapat memecahkan masalah dan menanggulanginya secara tepat.

Menyongsong tema “Mengembangkan Potensi Sumber Daya Manusia Guna Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Desa Sukoanyar, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang” dengan membawa 14 program kerja , kelompok KKN 21 siap melakukan pengabdiannya.

Semua program kerja tersebut hanya memiliki satu tujuan yang sama, yaitu mengembangkan kualitas sumber daya manusia di desa Sukoanyar.

Terbagi menjadi 5 divisi, diantaranya adalah:

  • Divisi pendidikan dan agama yang membawa program kerja lomba cerdas cermat,adzan, dan tebak surat, mewarnai bersama, dan tabliq akbar
  • Divisi sosial budaya membawa program kerja sosialisasi narkoba dan miras, pembukaan taman baca, dan jalan sehat bersama seni modern/tradisional,
  • Divisi kesehatan dan lingkungan membawa program kerja berupa kerja bakti, senam pagi, dokter cilik, pengobatan gratis, dan penyuluhan hipertensi,
  • Divisi ekonomi dan kewirausahaan membawa program kerja pelatihan pembasmian lalat, ternak cacing dan pengembangan produk melalui website, dan divisi terakhir adalah
  • Divisi humas dan pubdekdok yang memiliki beberapa program antara lain mempublikasikan semua kegiatan selama kegiatan baik dalam media online dan juga cetak, membantu mencarikan sponsor untuk berlangsungnya kegiatan selain program itu HUMAS dan PDD turut andil di semua kegiatan yang kelompok KKN 21 selenggarakan.

14 program kerja tidaklah sedikit dengan waktu yang hanya 28 hari, dan tidaklah mudah untuk dijalankan semuanya, walaupun mudah atau tidaknya program kerja tergantung pada panitia yang menjalankannya.

kkn universitas muhammadiyah malang

Proses berlangsungnya KKN

Kuliah Kerja Nyata kelompok 21 Universitas Muhammadiyah Malang diawali dengan pembukaan berupa penyerahan mahasiswa KKN 21 UMM dari Dosen Pembimbing Lapangan kepada Kepala Desa Sukoanyar.

Keesokan harinya dilanjutkan dengan pemaparan program kerja yang akan dilaksanakan selama 1 bulan di desa bersama Kepala Desa Sukoanyar beserta perangkatnya.

Ketika Kuliah Kerja Nyata mulai berjalan, terdapat beberapa perubahan dari rancangan program kerja semula. Diantaranya adalah, program kerja yang terlaksana tidak sesuai dengan time schedule yang sudah direncanakan, atau bahkan juga ada yang sampai menghapus program kerja lama menjadi program kerja baru.

Hal ini dikarenakan beberapa faktor yang menjadi kendala sehingga program kerja tersebut tidak berjalan sesuai dengan perencanaan awal.

Salah satu kendalanya adalah jadwal yang ditetapkan berbenturan dengan akan dilaksanakannya hari raya Idul Adha sehingga memaksa untuk dialihkan ke tanggal lain yang diluar dari masa KKN atau mengganti dengan program baru, kendala dari pihak lain, tidak sesuainya program kerja dengan kondisi masyarakat desa Sukoanyar, dan lain sebagainya.

Akhirnya, tibalah pada ujung pengabdian KKN 21 UMM yang diakhiri dengan penutupan berupa penyelenggaraan bazar dan festival seni serta Tabliq Akbar pada tanggal 14 Agustus 2019.

Berakhirnya acara ini menandakan bahwa KKN 21 UMM telah sukses menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta sukses dalam pengabdiannya kepada masyarakat desa Sukoanyar, kecamatan Wajak, Kabupaten Malang.

Semua kegitan ini bisa berlangsung karena kerjasama tim yang baik dalam menjalankan semua program mulai dari rancangan program hingga pelaksanaan program, ini menjadikan KKN 21 memiliki keluarga baru selama KKN.

kkn universitas muhammadiyah malang c

Keluarga tersebut terbentuk akibat dari seringnya teman teman melakukan diskusi dan juga tukar pikiran terhadap program – program yang ada sehingga menimbulkan rasa memiliki dan juga rasa kerja sama yang baik.

Tak hanya itu KKN 21 juga memiliki semboyan yang membuat semua anggota memiliki rasa yang sama “loyalitas tanpa batas” semboyan ini dibawa hingga KKN berakhir sehingga ini  menimbulkan rasa, jiwa memiliki kebersamaan yang sama.

Artikel dari tim KKN 21 UMM
Kontak: sukoanyarkkn21@gmail.com