Ujian Nasional telah berakhir? Sepertinya perjuangan kamu di tingkat SMA/sederajat bisa dikatakan berakhir pula. Namun bukan berarti tugas – tugas kamu selesai begitu saja. Ini artinya sebuah kehidupan baru akan diawali dari sini.

Biasanya setelah UN, liburan panjang pun akan datang sebelum kamu memutuskan untuk kuliah di mana. Sebaiknya liburan ini kamu manfaatkan sebaik – baiknya agar proses menuju perkuliahan lebih baik.

Hal – hal yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

1. Menentukan jurusan kuliah

Mau kuliah? Kamu harus tahu dulu jurusan apa yang kamu minati dan sukai. Harus sejalan dengan kemampuanmu juga. Maka sebaiknya di saat libur inilah kamu harus berusaha menentukan jurusan yang tepat untuk kamu pilih menjadi jurusan kamu nanti.

2. Mencari kampus yang tepat

Setelah menentukan jurusan kuliah, maka langkah selanjutnya adalah memilih kampus tempat kamu berlabuh. Apakah di PTN atau PTS? Apakah di dalam kota atau di luar kota. Pastikan juga kampus yang kamu pilih memiliki jurusan yang telah kamu tentukan pula.

Baca: 16 Beasiswa Ini Menantimu di Perguruan Tinggi

3. Ikut bimbingan belajar

ikut bimbingan belajar

soure: quipper.video.com

Sembari menunggu pengumuman SNMPTN, tidak ada salahnya ikut bimbingan belajar sebagai persiapan untuk SBMPTN.

Jadi meskipun kamu nanti lulus di SNMPTN, tidak masalah. Pasti ilmu yang kamu dapat di bimbingan belajar akan berguna kelak.

Baca: SUKSES SBMPTN? PASTI BISA! Berikut Tips-nya

4. Belajar di rumah

Jika tidak ingin ikut bimbingan belajar, sebaiknya kamu juga tetap belajar serius di rumah. Tujuannya juga sama, sebagai pemantapan mengikuti SBMPTN. Tetap tunjukkan keseriusan belajar kamu seperti di sekolah dulu, walaupun tidak ada lagi pengawasan penuh.

5. Membantu orangtua

Jika selama sekolah kamu selalu disibukkan dengan kegiatan dan tugas – tugas dari sekolah. Maka pada liburan ini, kamu mempunyai kesempatan membantu pekerjaan orangtua.

Kapan lagi bisa berbakti kepada orangtua?

6. Bekerja

source: mahasiswanews.com

source: mahasiswanews.com

Nah, jika kamu hanya ingin kuliah di PTS aja? Biasanya di PTS tidak ada seleksi ujian masuk. Jika pun ada, namun tidak akan seketat SBMPTN. Kamu boleh memilih bekerja dulu  sembari menunggu waktu perkuliahan datang.

Hosting Unlimited Indonesia

Baca: 5 Website Asal Indonesia untuk Pekerja Lepas

Sebaiknya bekerja jangan pilih – pilih, yang penting halal dan dapat menambah uang saku. Toh, tamat dari SMA/sederajat pasti belum memiliki keahllian lebih.

7. Pengabdian

Jika di sekolah atau lingkungan sekitarmu ada organisasi atau komunitas yang berfokus ke pengabdian, sebaiknya kamu ikuti saja. Daripada hanya makan, tidur di rumah terus badan kamu jadi kembang, lebih baik ikutan kegiatan ini. Sangat banyak manfaat, menambah pengalaman dan relasi. Atau mungkin di kegiatan ini, ada mahasiswa yang bisa kamu ajak sharing tentang cara masuk Perguruan Tinggi atau pun tentang perkuliahan.

8. Rajin komunikasi dengan mahasiswa

Ini salah satu cara memperluas pengetahuanmu untuk masuk ke dunia kuliah , jika ada teman atau kakak – kakak kelasmu yang sudah menjadi mahasiswa, rajin – rajinlah berkomunikasi.

Itu dia hal – hal yang cocok kamu lakukan waktu liburan panjang setelah UN, pastinya hal – hal di atas sangat bermanfaat untuk dilakukan.