Hari menjelang subuh dan saya harus bangun lebih pagi untuk berangkat ke salah satu universitas di Medan. Pada saat itu, saya sudah mempersiapkan fisik dan mental saya untuk mengikuti SBMPTN demi masuk ke PTN favorit saya.

Ketika waktu sudah menunjukkan pukul 7 pagi, seluruh peserta SBMPTN sudah harus masuk ke ruangan dan bersiap-siap untuk “berperang”. Rasa takut dan gugup terus menghantui diri saya. Akan tetapi, saya tidak membiarkannya melainkan terus melawannya.

Itulah saat-saat yang akan dihadapi kalian yang sudah tamat SMA dan ingin melanjut kuliah di PTN. SBMPTN adalah salah satu jalur dengan ujian tertulis yang akan menguji kelayakan kalian untuk masuk ke PTN favorit kalian.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang sudah lolos ujian SBMPTN, saya ingin sedikit berbagi tips kepada kalian. Tips yang akan saya bagikan adalah hal-hal yang harus dilakukan ketika sedang mengikuti ujian SBMPTN supaya berjalan dengan lancar.

Baiklah, tanpa basa-basi lagi, langsung saja simak tips-tipsnya berikut ini.

Bersikap Tenang

Bersikap Tenang - SBMPTNHal pertama yang harus dilakukan adalah usahakan untuk tenang. Jangan merasa takut atau gugup ketika sedang menunggu soal SBMPTN dibagikan. Bersikaplah biasa-biasa saja dan duduklah dengan tenang.

Untuk melakukannya, kalian bisa tersenyum untuk menyemangati diri kalian. Dan yang paling penting adalah jangan lupa berdoa dan merenung sejenak untuk menghilangkan rasa takut dan gugup kalian.

Fokus

Pada saat ujian, pastikan pikiran kalian diarahkan untuk mengerjakan soal-soal ujian. Jangan memikirkan hal-hal lain di luar SBMPTN yang bisa membuat pikiran kalian terdistraksi.

Mengingat waktu yang diberikan terbatas, manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya. Kerjakan soal-soal tersebut dengan penuh konsentrasi tetapi santai. Alangkah baiknya juga untuk istirahat atau menenangkan pikiran kalian selama 1-2 menit supaya tidak terlalu “panas”.

Baca juga: 8 Cara Jitu Menaklukan STAN

Kerjakan soal yang lebih mudah dulu

Kerjakan soal yang lebih mudah dulu - SBMPTNAgar tidak membuang-buang waktu, kerjakanlah soal-soal yang menurut kalian lebih mudah dulu. Bisa juga menjawab dulu soal-soal yang perhitungan matematisnya tidak terlalu banyak.

Misalnya, jika sedang mengerjakan soal TPA, kalian bisa menjawab dulu soal-soal sinonim dan antonim, hubungan kata, dan pola matematika. Jika mengerjakan soal TKD Saintek, usahakan untuk menjawab soal-soal teori terlebih dahulu.

Maksimalkan soal TPA

Usahakan semaksimal mungkin dalam menjawab soal-soal TPA. Mengapa? Karena persentase penilaian TPA adalah 30% dan sisa 70% adalah mata pelajaran Saintek/Soshum. Soal-soal TPA tidak terlalu banyak perhitungan matematisnya dan hanya membutuhkan logika.

Kalau bisa, jauh-jauh sebelum ujian SBMPTN, rajin-rajinlah untuk mengerjakan soal-soal TPA tahun lalu, soal-soal try out, atau soal-soal yang ada di internet. Mengerjakan soal TPA dapat melatih kecerdasan dan kemampuan logika kita.

Baca juga: Penting! Apa yang Berbeda dengan Sistem Penilaian SBMPTN 2017?

Jangan terlalu memaksakan diri

Mungkin kalian pernah mendengar kalimat “Usaha tidak akan mengkhianati hasil”. Iya, saya setuju dengan kalimat tersebut. Usahakan untuk mengerjakan soal-soal SBMPTN dengan penuh totalitas dan pastinya dengan usaha yang benar.

Akan tetapi, jika memang kalian sudah tidak sanggup mengerjakannya, maka jangan terlalu memaksakan diri kalian. Yang penting kalian sudah mengerjakannya semaksimal mungkin.


Nah, itulah tips-tips yang bisa saya berikan kepada kalian tentang apa yang harus dilakukan ketika kita sudah duduk di bangku ruangan kelas pada saat ujian SBMPTN. Alangkah baiknya untuk melakukan 5 tips di atas supaya ujian kalian lancar.

Jangan gugup, jangan takut, tetap fokus, kerjakan soal yang lebih mudah dulu, maksimalkan soal TPA, dan jangan terlalu memaksakan diri.

Hadapilah ujian ini dengan penuh optimisme dan semangat. Tetap ingat, kerjakanlah dengan semaksimal mungkin. Usaha tidak akan mengkhianati hasil.

Semoga artikel saya ini dapat menginspirasi kalian yang sedang bersiap-siap menghadapi tantangan ujian SBMPTN. Semoga ujian SBMPTN kalian semua lancar dan membawa kalian ke PTN favorit kalian.

Baca juga: SUKSES SBMPTN? PASTI BISA! Berikut Tipsnya