13 Tips Mencegah dan Menghindari Kejahatan Begal

tips menghindari begal

Akhir – akhir ini aksi begal semakin merajalela. Bahkan, komplotan begal sepertinya tidak takut lagi terhadap pihak keamanan seperti kepada polisi.

Berbagai modus pun dilakukan, seperti mencuri motor di tempat parkir, memesan orderan ojek secara online,  memaksa si pemilik menyerahkan kendaraannya, mengancam dengan senjata tajam hingga pistol, bahkan komplotan begal tidak segan – segan untuk membunuh pemilik kendaaran jika melawan.

Yang paling parah, saat banyak sekali modus langsung membunuh dengan membacok atau memukul dari belakang, tanpa memperhatikan siapa targetnya.

Baca: Wajib Tahu 7 Tips Supaya Aman di Kos – Kosan

Berikut ini ruangmahasiswa.com akan berbagi beberapa tips untuk menghindari begal yang mungkin teman – teman bisa terapkan. Semoga membantu!

Tips mencegah agar tidak menjadi target komplotan begal

Nah, apa saja yang perlu kita lakukan agar kita tidak menjadi target para begal?

1. Selalu parkir motor dengan kunci ganda

Dimana pun kamu parkir, selalu usahakan dan ingat untuk mengunci ganda motor kamu, karena bisa saja lengah sedikit motor kamu lengah. Jadi hal ini boleh jadi perhatian lebih

2. Hindari mengendarai motor mewah/mahal

Sekarang ini, target begal adalah motor dengan tahun tinggi dan harga mahal, peluang laku dijual masih sangat tinggi walaupun tidak dilengkapi dengan berkas – berkas administrasi.

Jadi disarankan untuk menggunakan motor – motor yang biasa saja, yang penting bisa menjadi alat transportasi.

3. Hindari bepergian pada malam hari

Aksi begal biasanya dilakukan pada malam hari, meskipun ada juga yang dilakukan di siang hari.

Terutama pada larut malam, sangat tidak dianjurkan keluar dari pukul 23.00 hingga 04.00 pagi. Ini adalah waktu yang rawan terhadap kejahatan pembegalan.

4. Jangan pergi sendirian

tips mencegah kejahatan begal

Jika memang harus pergi keluar malam karena ada urusan penting, jangan pergi sendirian. Naluru penjahat akan mencoba melakukan aksinya kepada lawan yang dianggapnya mampu dia taklukkan dengan mudah. Setidaknya jika kita berpergian lebih dari 1 orang, kemungkinan penjahat akan mengurungkan niatnya.

5. Persiapkan atribut keselamatan

Jika bepergian jauh, bekali diri anda dengan berbagai atribut  keselamatan berkendara. Seperti helm, jaket, hingga body protector. Pastikan juga kendaraan kamu pada kondisi yang sehat mulai dari kaca spion yang lengkap, gas, rem dan lain sebagainya.

Tips menghindar dari kejaran begal di jalan raya

Nah, setelah di atas tadi dijelaskan tips mencegah agar tidak menjadi target begal, berikut ini kami bagikan tips menghindar dari kejaran begal.

1. Kenali medan yang akan dilalui

Jika ingin bepergian ke suatu tempat, kenali jalan yang akan kamu lalui. Kalau masih awam berusahalah untuk melewati jalan utama yang ramai atau jalan yang paling dekat, tapi sudah paham kondisi jalur yang akan dilewati.

Hindari melewati jalan sepi terutama pada malam hari. Lebih baik jalan dengan jalur jauh asalkan ramai.

2. Jangan berkendara dengan kecepatan konstan

Salah satu sasaran empuk para begal adalah pengendara yang dengan kecepatan konstan atau tidak mengubah kecepatan selama kurang lebih dari 5 menit, terutama pengendara sambil melamun.

Jika kamu terlihat lihai berkendara dan “senang bermain” dengan motormu, para begal akan berpikir lebih panjang lagi untuk mengejar kamu.

3. Berhati – hati pada orang yang berpura – pura

Berhati – hati kepada orang yang berpura – pura menanyakan alamat, pastikan kamu berada di sekeliling orang banyak. Jika ada orang menyetop kamu di tempat sepi, lebih baik kamu tancap gas saja.

4. Jangan melamun dan mengantuk

Seperti yang dijelaskan pada tips no.2 hindari melamun dan mengantuk saat dalam perjalanan. Jika mengantuk, berusahalah beristirahat di tempat yang aman dan ramai

Jika anda sudah dikejar begal, apa yang harus dilakukan?

Tipsnya adalah berusaha menghindar, menghindar bagaimana?

1 Tancap gas dan fokus

tips menghindar dari kejahatan begal

Anda harus lebih fokus berkendara, tancap gas dan tetap memantau pergerakan mereka lewat kaca spion.

Jangan hilang konsentrasi dari jalan yang ada di depan.

2. Berjaga – jaga

Posisikan tubuh anda membungkuk seperti pembalap motor saat di kejar, karena posisi demikian akan menyulitkan begal memukul akan membacok tubuh korban. Berkendara dengan kecepatan tinggi dan posisi zig-zag saat dipepet.

3. Jangan biarkan begal melewati motor anda

Jika begal terus mengejar, jangan biarkan mereka melewati motor anda serta jangan beri ruang kosong di samping kendaraan anda.

Jika berani, cobalah untuk pepet roda depan mereka dengan roda belakang motor kamu, atau tendang roda depan atau shock breaker depan mereka.

Para begal, umumnya full adrenaline , karena itu sentuhan keras akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam menangani motor.

Jika sudah tertangkap?

Menyerahkan harta benda

Jika sudah terlambat dan kamu sudah tertangkap, langkah terakhir adalah lebih baik menyerahkan harta benda daripada harus kehilangan nyawa kamu. Tinggalkan kendaraan, dan lari sekencang – kencangnya ke rumah warga.

Sebisa mungkin kamu ingat plat kendaraannya. Ini adalah langkah terakhir yang kamu lakukan, jika benar – benar dalam keadaan bahaya.

Itulah tips mencegah dan menghindar dari kejahatan begal, semoga menjadi perhatian kita semua. Ingat bahwa keselamatan nyawa lebih penting dari segalanya.

Keluarga, sahabat dan kerabat selalu menyayangi kamu, dan banyak yang menunggu kamu di rumah.

dikutip dari berbagai sumber

 

Komentar: