Persiapkan 8 Hal Ini Sebelum Ke Luar Negeri

tips ke luar negeri

Hai… hai … Mahasiswa. Saat menjadi mahasiswa, bukan berarti kamu tidak bisa pergi ke luar negeri. Banyak alasan kamu untuk keluar negeri, seperti yang biasanya adalah liburan.

Namun ada juga kepentingan lain seperti umroh, mengikuti kompetisi tingkat internasional, konferensi internasional, pelatihan,  pertukaran pelajar (student exchange) dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin pergi ke luar negeri, terutama untuk yang pertama kali. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum bepergian ke luar negeri.

Persiapan ini dirasa sangat penting agar perjalanan lancar dan tidak terjadi masalah yang bisa membuat perjalanan kamu jadi tidak menyenangkan.

Berikut adalah hal – hal yang perlu kamu persiapkan jika ingin berangkat ke luar negeri.

1. Lengkapi dokumen (terutama paspor)

Kamu ingin ke luar negeri untuk tujuan apa? Maka persiapkan semua dokumen yang diperlukan, terutama paspor.

Paspor adalah syarat utama untuk bisa pergi keluar negeri. Bisa di istilahkan paspor adalah jantung dalam tubuh manusia. Tanpa jantung, manusia tidak bisa hidup.

2. Bahasa Inggris

tips ke luar negeri

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang menjadi penghubung komunikasi antar manusia dengan berbeda negara.

Memang setiap negara mempunyai bahasa masing – masing, justru karena itu maka penghubung kita untuk berkomunikasi dengan warna negara tujuan adalah bahasa inggris.

Jadi persiapkan bahasa inggris kamu, paling tidak dapat berkomunikasi untuk hal – hal dasar dan sehari hari.

Baca: Langkah Mudah Mengurus Paspor

3. Pesan tiket jauh – jauh hari

Pastinya perjalanan keluar negeri umumnya memakai jasa transportasi pesawat. Maka dari itu, jika sudah pasti akan keluar negeri segera pesan tiket, karena jika semakin menunda – nunda tiket akan terus naik harganya.

4. Pelajari peraturan dan tradisi negara tujuan

Hal yang paling penting juga adalah kamu harus mempelajari tentang peraturan – peraturan dan budaya negara tujuan kamu. Karena setiap negara memiliki peraturan dan tradisi yang berbeda – beda. Jangan sampai kamu melakukan pelanggaran di negeri orang. Bisa ribet urusannya.

5. Rencanakan perjalanan dengan detail

Ya…. jika kamu ingin bepergian, kamu harus merencanakan perjalanan secara detail. Tujuannya adalah supaya bisa menentukan biaya (cost) yang akan kamu perlukan.

6. Packing untuk yang perlu saja

tips ke luar negeri

Bepergian ke luar negeri, kamu harus mengutamakan kenyamanan kamu selama perjalanan. Maka dari itu membawa barang secukupnya saja, pakaian dll harus memang yang memang dibutuhkan.

Tujuannya adalah untuk menghemat biaya bagasi pesawat dan supaya selama perjalanan kamu tidak ribet karena saking banyaknya barang – barang yang kamu urus.

Baca: 6 Tips Liburan Hemat dan Pintar Ala Mahasiswa

Sebuah koper dan sebuah tas ransel sepertinya sudah cukup. Jika bisa gunakan saja sebuah ransel yang bisa memuat semua barang kamu.

7. Membawa kaos kaki dan pakaian dalam yang cukup

Bepergian ke luar negeri kamu harus persiapkan kaos kaki dan pakaian dalam yang cukup banyak supaya tidak repot di luar negeri mencucinya. Karena disarankan kamu bawa sepatu 1 saja, sehingga tetap nyaman bisa kaos kaki banyak.

8. Cek persiapan dan keberangkatan

Cek lagi persiapan kamu, apakah sudah matang dan semua perlengkapan sudah sedia. Kemudian cek jadwal keberangkatan kamu sebaik – baiknya jangan sampai terlambat ke bandara karena akan fatal masalahnya.

Jika sudah siap, saatnya berangkat.

Baca: Liburan Lebih Bermanfaat dengan 5 Kegiatan Ini

 Itulah hal – hal yang perlu kamu persiapkan sebelum pergi ke luar negeri, semoga bermanfaat dan semoga perjalanan kamu menyenangkan.

Have a nice trip 

Komentar: