Bingung Memilih Jurusan Komputer? Ketahui Hal Penting Ini

tips memilih jurusan komputer

Kamu ingin kuliah di jurusan komputer? Tapi bingung memilih dan membedakannya? Teknik Informatika, Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Komputer.

Itu semua sama nggak sih? Sekilas jurusan komputer memang terlihat sama saja. Namun tentunya TIDAK.

Orang awam mungkin boleh menganggap itu sama. Tapi tentunya tidak dengan kamu yang akan menjadi mahasiswa berpendidikan di bidangnya.

Baca: Jurusan dengan Peluang Kerja Terbesar Hingga 2020

Oleh sebab itu, kenali apa saja yang membedakan jurusan komputer agar kamu tahu kamu cocoknya dibagian mana.

Tentu hal ini menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi masa kuliah kamu selama 4 tahun kedepan, dan tentunya akan mengantarmu pada pekerjaan yang kamu inginkan.

Jadi jika bingung, langsung saja yuk disimak penjelasan berikut ini…

ACM (the Association for Computing Machinery), AIS (the Association for Information System), dan IEEE-CS (the IEEE Computer Society) secara bersamaan telah menerbitkan Computing Curricula yang menjadi acuan jurusan komputer

Secara konsep jurusan komputer di Indonesia mengacu pada computing curricula tersebut. Perlu diingat negara kita Indonesia hanya mengadaptasi dan mengacu pada computing curricula tersebut, tidak mengadopsi secara mutlak.

tips memilih jurusan komputer

Computing Curricula memberikan panduan tentang penyelenggaraan, penamaan mata kuliah beserta pembobotannya dan penyusunan kurikulum pada 5 jurusan, yaitu :

  1. Computer Engineering (CE)
  2. Computer Science (CS)
  3. Information Systems (IS)
  4. Information Technology (IT)
  5. Software Engineering (SE).

Indonesia sendiri mengacu dan mengadaptasikan kurikulum tersebut menjadi :

  1. Computer Science : untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer atau Informatika.
  2. Computer Engineering: untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer.
  3. Information System: untuk program studi (jurusan) Sistem Informasi atau Manajemen Informatika.

 

Sisanya dianggap bukan merupakan program studi (jurusan) karena masih bisa masuk salah satu bagian dari Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.

Baca juga: Ini 7 Alasan Yang Sebaiknya Kamu Pertimbangkan Saat Menentukan Jurusan Kuliah

Namun sekarang ini telah banyak Universitas mengadakan program studi (jurusan) Information Technology/Teknologi Informasi yang berdiri sendiri. Seperti UGM, USU dan lainnya.

“Lalu apa yang membedakan ke-lima jurusan komputer tersebut? Bukankah matakuliah yang didapatkan juga terbilang ‘sama’?”

Ya… benar. Sekilas mata kuliah yang didapatkan dari kelima jurusan komputer tersebut memanglah ‘sama’. Namun setiap universitas memiliki pembobotan yang berbeda ditiap jurusannya. Inilah yang akan menjadi jalur karier dan bidang kerja lulusan.

Misalnya, antara Informatika (IF) UNS dengan Ilmu Komputer (Ilkom) UI sama-sama belajar Algoritma, Pemrograman, Database, Jaringan Komputer, Matematika Diskrit, Teori Bahasa, Automata, dll.

Lalu, contoh mata kuliah yang diwajibkan oleh Ilkom-UI adalah Open Source, sedangkan IF UNS dijadikan sebagai mata kuliah pilihan masih banyak yang lainnya.

Berikut penjelasan mengenai kelima jurusan komputer tersebut.

1. Computer Science (Ilmu Komputer)

Jurusan ini menghasilkan lulusan dengan kemampuan yang cukup luas dimulai dari penguasaan teori atau konsep sampai pengembangan software.

Biasanya pada jurusan ini akan memiliki konsentrasi dalam pemilihan bidangnya mengingat cakupannya yang terbilang luas.

2. Computer Engineering (Sistem Komputer atau Teknik Komputer)

Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasi sistem yang terintegrasi, baik software maupun hardware. Banyak yang bilang kalau jurusan ini fokus ke hardware aja.

TIDAK! Lulusan Teknik Komputer nantinya bukan yang membuat komputer, gadget, robot, dll. Tetapi di jurusan ini, kalian akan belajar bagaimana membuat otak dari suatu alat elektronik. Jadi semacam processor atau chip dari alat tersebut.

Nah, mereka yang buat sistem canggih supaya barang elekronik bisa jalan.

3. Information System (Sistem Informasi atau Manajemen Informatika)

tips memilih jurusan komputer

Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan bisnis (requirement), proses bisnis (bussiness process), dan mendesain sistem berdasarkan tujuan dari organisasi.

Sehingga lulusan ini diharapkan mampu menjembatani kerjaan orang “teknis” dengan klien atau user dari salah satu departemen di sebuah perusahaan.

4. Information Technology (IT)

Jurusan ini menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan merawat infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

5. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak)

Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktivitas pengembangan software berskala besar dalam tiap tahapannya (software development life cycle).

“Pertanyaan selanjutnya, terus yang suka desain grafis dan animasi-animasi masuk ke jurusan komputer yang mana?”

Perlu ditegaskan, desain grafis dan animasi atau hal lain yang menyerupai, tidak termasuk ke dalam lima jurusan komputer yang dijelaskan di atas. Karena desain grafis dan animasi adalah merujuk Fakultas Seni Rupa dengan jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Baca: 7 Hal Yang Dapat Dilakukan Mahasiswa Jika Salah Jurusan

Jangan bingung-bingung lagi.. Sudah terbayang mau memilih jurusan komputer yang mana? Jangan salah ambil yaa…

Penulis: Dewi Safrida 

Teknologi Informasi USU

Komentar: