7 Hal yang Membuatku Bangga menjadi Indonesia

hal yang membuat bangga menjadi indonesia

Di tengah pertarungan global, baik dari segi ekonomi, sumber daya manusia, teknologi dan lainnya, Indonesia terus berbenah untuk menuju kemajuan yang lebih baik. Negara Indonesia saat sekarang diperhitungkan oleh dunia global, apalagi menyangkut sumber daya alam dan manusianya.

Kita patut berbangga atas hal itu. Di tengah invasi dan eksploitasi yang dilakukan negara barat bagi saudara-saudara kita di Timur Tengah, kita masih bisa menghirup kebebasan. Kita adalah orang – orang yang masih beruntung jika melihat saudara – saudara kita di timur tengah yang selalu menderita, tidak punya harapan hidup dan setiap harinya harus berkutat dengan peperangan.

Namun mengapa kita masih saja terkadang mengeluh, dan merasa semua kejelekan ini hanya berada di Indonesia. Banyak orang yang menganggap bahwa Indonesia saat ini dijajah (oleh ekonomi), dan membuat pesimisme masyarakat maupun intelektual muda memuncak, disitulah kehancuran bangsa akan dimulai.

Kita, kaum muda, sebaiknya harus memupuk optimisme, bahwa Indonesia bisa maju.

Ada 7 hal yang membuat saya bangga menjadi Indonesia, berikut adalah alasannya:

1. Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya SDA

Sebagai negara archipelago (kepulauan) dengan 17.508 pulau yang menghiasi Sabang-Merauke, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Selain wisata bahari yang menyimpan jutaan ton ikan setiap tahunnya.

Indonesia juga memiliki cadangan gas alam yang luar biasa di Blok Cepu yang menghasilkan sekitar 200 kaki kubik minyak bumi dan gas alam.

Selain itu, Indonesia menempati posisi teratas dengan hutan hujan tropis yang luas. Dan banyak lagi kekayaan yang tidak bisa disebutkan satu persatu disini.

Baca: Miliki 8 Kualitas untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

2. Kita Punya Pancasila dan UUD 45

Disaat negara-negara lain masih belum memiliki ideologi negara yang filosofis, Indonesia patut berbangga memiliki Pancasila.

Diambil dari bahasa sansekerta, yakni panca (lima), dan sila (dasar). Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatanan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan, serta Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia menjadi batu pondasi berdirinya negara ini.

Selain itu, kita juga memiliki UUD 45 sebagai konstitusi tertulis kita.

3. Kita punya pertahanan yang Kuat

hal yang membuat bangga menjadi indonesia
source: merdeka.com

Tentara Nasional Indonesia (TNI) sungguh disegani di kancah nasional dan internasional. Apalagi prajurit-prajurit handal seperti Kopassus, Kopaska, sampai Denjaka.

Mereka (kopassus) bahkan melatih beberapa tentara elit di Thailand, Afrika, dan negara ASEAN lainnya. Kemampuan mereka selain kuat dalam beladiri, juga kuat menyelam di kedalaman 100-200 meter (Denjaka).

Pasukan elit ini mampu mengalahkan 100 prajurit biasa. Sungguh hal yang luar biasa.

Baca: Jangan Terlarut dalam Kegagalan, Bangkitlah untuk Sejuta Mimpi

4. Negara dengan kategori demokrasi baik

Tahun 2014, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carothers (ilmuwan politik), memperlihatkan bagaimana kualitas demokrasi kita menuju pendewasaan demokrasi.

Hal ini ditandai dengan pemilu yang demokratis, isu primordialisme tidak begitu kuat lagi dalam pemilihan, rasionalitas dalam memilih lebih dikedepankan, serta mekanisme check and balances berjalan.

Meskipun saat ini banyak anggapan yang mengatakan bahwa negara Indonesia sedang menuju suatu negara yang tirani (sama seperti Soeharto), tapi setidaknya kita tidak seperti negara Timur Tengah yang saat ini masih terus dilanda konflik berkepanjangan.

5. Indonesia adalah kumpulan roang – orang cerdas

Negara Indonesia tidak kekurangan orang cerdas. Mulai dari pendiri bangsa, Soekarno, Hatta, Sjahrir, Tan Malaka, Cokroaminoto, hingga para pemimpin-pemimpin selanjutnya (pasca Indonesia Merdeka), semisal BJ. Habibi (yang memiliki IQ diatas Einsten), Ricky Elson, dan lainnya.

Orang Indonesia tidak dipandang rendah di negara lain, bahkan mendapat sanjungan. Seperti misalnya Soekarno yang dibuatkan nama jalan di Belanda. Pun demikian BJ. Habibie yang dihargai di Jerman dengan invensiny di bidang dirgantara.

Indonesia tidak kekurangan orang cerdas, hanya satu kekurangannya, orang cerdas itu tidak mau bersatu sama lain memadukan ilmu mereka membangun tanah pertiwi. Mulai sekarang bersatulah.

6. Kita negara majemuk

Sebagai negara yang majemuk, Indonesia memiliki ragam suku, agama, ras dan antargolongan yang menjadi kekayaan kultural kita.

Pada dasarnya ini adalah suatu anugerah. Sudah barang tentu, anugerah itu harus dimaknai sebagai sebuah keberagaman yang wajar. Sikap menghargai satu sama lain akan menciptakan kualitas harmonisasi masyarakat yang baik. Hal inilah yang harus kita camkan, untuk meredam konflik-konflik yang mungkin bisa terjadi.

7. Pariwisata yang fantastis

hal yang membuat bangga menjadi indonesia
source: bintang.com

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki destinasi wisata yang menakjubkan. Mulai dari pantai (Bali, Raja Ampat, dll), ritus-situs sejarah (Candi, Kerajaan, Arkeologi, dll), keajaiban dunia (Borobudur, Pulau Komodo, dll), serta masih banyak lagi yang tidak bisa satu-persatu disebutkan disini.

Baca tips liburan ini: 6 Tips Liburan Hemat dan Pintar Ala Mahasiswa

Ini mungkin segelintir yang bisa saya paparkan d isini. Mungkin, masih banyak lagi hal-hal yang sifatnya subjektif yang membuat kita cinta dengan negara Indonesia. Umumnya, kita mencintai negara ini, karena tujuh hal itu. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kita semua.

*Penulis adalah Mahasiswa Departemen Ilmu Politik FISIP USU, Anggota TWF dan Penggagas Politik Literasi

Komentar: