Panduan Jualan E-Book, Lengkap!

Panduan Jualan Ebook – mulai jadikan hobi menulis Ebookmu sebagai keuntungan!

Yuk, simak dulu ulasan berikut!!!

E-book sudah dikenal dengan singkatannya yang berarti electronik book atau dalam bahasa Indonesia berarti buku elektronik.

Ebook biasanya berisi entah itu berisi panduan, cerita, artikel, atau pun rangkuman penjelasan dalam versi digital, yang artinya buku tersebut dapat dibuka dan dapat disebar-luaskan lewat perangkat elektronik. Contohnya seperti komputer, smartphone, dll.

Nah, secara fungsional e-book ini sama saja seperti halnya buku-buku biasanya, yang juga memuat gambar ataupun tulisan.

Hanya saja e-book tidak perlu menggunakan lembaran-lembaran kertas dalam menyusunnya untuk membuat satu buku yang utuh. Soalnya, e-book  sendiri tersusun dari teks atau gambar yang berupa digital. Ingatl ho ya, digital!

Tujuan utama dari adanya book ini tentunya sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu di e-book selayaknya Anda seperti mencari pencerahan tentang sesuatu dengan modal membaca).

Keuntungannya adalah pasti lebih mudah diakses, tidak ribet dan less paper.

Anda bisa mengumpulkan banyak sekali ilmu-ilmu dari e-book yang bisa didapat dengan sangat mudah dan dapat dibagikan ke teman dengan mudah pula. Sudah banyak juga orang yang mau membagikan ebook gratis lewat e-mail, dan kebanyakan orang-orang tersebut akan menawarkan ebook mereka lewat sosial media terlebih dahulu.

Untuk menerbitkannyapun, sangat mudah dan tidak memerlukan banyak biaya! Kamu hanya perlu menyiapkan isinya saja,dan lebih detailnya lagi tentang persiapan membuat e-book, telah saya jabarkan di bawah ini:

Inilah semua yang harus Anda persiapkan:

  1. Microsoft Word (PC), Pages (Mac), Google Docs (Web), bisa juga dengan software pembuat dokumen lainnya. Software ini harus ada karena Anda akan menulisnya di situ.
  2. PowerPoint atau bisa juga dengan Adobe InDesign. Tidak wajib kalau Anda lebih suka menggunakan Word, tapi mendesain ebook yang indah dan efektif sebetulnya lebih mudah di PowerPoint atau InDesign.
  3. Evernote atau OneNote. Ini juga tidak wajib, tapi bisa digunakan untuk membuat kerangka isi ebook dan mencatat hal-hal yang Anda rasa penting. Keduanya sama-sama gratis.
  4. Adobe Acrobat. Tidak wajib juga, bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran PDF. Kalau Anda punya Photoshop dan mengoperasikannya, lebih bagus lagi.

Berbeda dengan pembuatan buku yang biasa kita baca di perpustakaan pada umumnya, ebook lebih mudah dibuat.
Mengapa begitu mudah untuk membuatnya?

Pertama, Anda bisa membuat isinya di mana pun Anda berada ketika merasa Anda punya waktu luang (asalkan ada media seperti laptop ataupun gadget dan aplikasi seperti di atas yang telah saya jabarkan) \

Kedua, jika ada kesalahan dalam ebook, sangat mudah untuk memperbaiki kesalahan tersebut, yaitu dengan cara mengeditnya. Ini tidak mudah untuk dilakukan jika Anda telah mencetak buku biasa, ‘kan?

Baca juga : 10 Situs Download e-Book Gratis dan Legal

Yang paling dibutuhkan di sini adalah kreativitas Anda. Apalagi jika Anda pandai menulis sesuatu, menguraikan pengertian tentang sesuatu atau pun mengarang cerita, pasti tulisan tersebut akan banyak diminatioleh pembaca.

Anda bisa menjadikannya sebagai lahan bisnis yang menyenangkan. Setelah semuanya selesai, marilah masuk ke tahap pemasaran.

Di bawah adalah hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mempromosikan dan menjual e-book milik Anda:

  1. Jangan mematok harga terlalu mahal. Mengapa? Karena Ebook mudah sekali didapat dari mana saja, dari siapa saja. Jadi, tidak perlu langsung memikirkan keuntungan atau pun eksistensi, tawarkanlah dulu dengan harga yang bersahabat.
  2. Buatlah tulisan yang bekualitas dan bermanfaat, tentu orang tidak akan ragu untuk membelinya.
  3. Pastikan modal yang sudahAnda keluarkan tidak berbanding terbalik dengan penghasilan Anda mantinya. Modalnya apa saja? Kuota misalnya, hehe.

Baca: 6 Cara Memanfaatkan Gadget Untuk Meningkatkan Produktivitas

Jika masih bingung juga dengan bagaimanakah langkah menulis e-book yang baik, saya pribadi dengan senang hati bisa membantu Anda. Silakan simak langkah di bawah ini.

Cara berikut ini bisa dibilang paling mudah dan hasilnya juga ternilai memuaskan. Langsung saja, tanpa berlama-lama,silakan ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini:

  1. Garaplah tulisan yang kamu inginkan menggunakan aplikasi MS. Word di PC-mu. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dariWindows yang pastinya sudah sering kamu gunakan untuk mengetik dokumen-dokumen, kan? Jadi tidak perlu dijelaskan lagi untuk hal ini.
  2. Setelah tulisan yang akan kamu jual menjadi ebook sudah selesai, tambahkan image/gambar yang sudah kamu edit terlebih dahulu sebagai cover pada halaman awal file MS. Word (halaman 1 di draftmu).
  3. Selanjutnya atur layout konten diembokmu menjadi semenarik mungkin. Pisahkan juga menjadi beberapa bab atau Capter, supaya pembaca mudah mengikuti alur isi Ebook.
  4. Jika pengaturan telahselesai semuanya, langkah selanjutnya simpan file ke dalam format PDF dengan menekan menu File >Save As > PDF or XPS.
  5. Beri nama untuk fileebookmu, lalu tunggu untuk beberapa saat. Dan sekarang ebookmu telah jadi, kemudian bersiaplah untuk masuk tahap mendesain cover.

Sebagai info, Save As PDF or XPS di MS. Word hanya ada di aplikasi MS. Word 2007 ke atas. Jika kamu masih memakai MS. Word 2003 ke bawah, maka fasilitas ini belum tersedia. Dan tidak usah berkecil hati untuk hal ini, masih ada aplikasi conventer WORD to PDF atau onlineconverter WORD to PDF yang bisa Anda gunakan.

Nah, setelah jadi isi Ebooknya, tugas Anda selanjutnya adalah mendesain cover. Jika Anda punya kemampuan editor yang baik, tidak perlu lagi untuk menyewa jasa orang lain untuk melakukan pekerjaan edit cover tersebut. Di bawah ini adalah situs yang bisa mempermudah Anda untuk mendesain cover.

1. 3D Box Shot Maker

3D Box Shot Maker

3D Box Shot Maker bisa kamu downloadlewat playstore. Software-nya sendiri sangat kecil, tidak sampai 2MB. Tapi software kecil ini punya kemampuan mumpuni untuk membantu kamu melakukan desain 3D untuk coverebook.

2. Box Shot Online

Box Shot Online

Jika aplikasi sebelumnya mengharuskan kamu untuk download dan installterlebih dahulu, aplikasi Box Shot Online ini tidak perlu download. Kamu bisa kunjungi langsung websitenya dan bisa langsung kamu pakai. Praktis sekali!

3. Free Ebook CoverCreator

Free Ebook CoverCreator

Aplikasi ini merupakan aplikasi online yang sangat praktis. Cukup klik dan ikuti panduannya maka kamu akan mendapatkan desain 3D coverebook kamu sendiri yang sesuai dengan isi ebookmu.

4. MyEcoverMaker

MyEcoverMaker

Meski mempunyai fitur yang hampir sama dengan Box Shot Online dan Free Ebook CoverCreator, pada versigratis MyEcoverMakerini, kamu tidak bisa mendapatkan resolusi gambar tinggi. Ada juga keunggulan aplikasi ini yaitu lebih banyak pilihan kustomisasinya, sehingga hasilnya semakin unik dan tentunya berbeda.

Komentar: