Alasan Mengapa Belajar Tidak Hanya dari Pendidikan Formal Saja

Alasan Mengapa Belajar Tidak Hanya dari Pendidikan Formal Saja

Walaupun kurikulum pada sekolah dan juga perguruan tinggi negeri maupun swasta sudah semakin baik, namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak skills yang kita butuhkan dimasa depan tidak masuk dalam pembelajaran dibangku pendidikan formal. Apalagi pada bagian soft skill sob, Misalkan saja dalam berkomunikasi yang baik dan benar dan juga cara berkepemimpinan yang oke.

Inilah yang menjadi alasan mengapa pendidikan formal itu tidak cukup untuk mencapai kesuksesan. Banyak orang yang sukses duluan setuju dengan hal ini. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan Mengapa belajar tidak hanya dari pendidikan formal saja.

1. Terbiasa Memotivasi diri sendiri

Bisa kita lakukan dengan belajar sendiri, seperti les bahasa, belajar public speaking, belajar menjadih atau memasak dan masih banyak yang lainnya, biasanya kegiatan seperti itu dilakukan atas motivasi kamu sendiri.

Maksudnya, hal-hal yng kamu pelajari di luar sekolah pastinya kamu pilih berdasarkan passion kamu atau sesuatu yang kamu rasakan itu bermamfaat untuk dilakukan sehinga kamu dapat belajar memotivasi diri sendiri dan bergerak bukan hanya dari pendidikan formal saja atau bukan karena hal tersebut wajib diberikan untuk kamu.

Itulah yang menjadi perbedaan besar antara belajar sendiri dan belajar di sekolah. Kalau di bangku sekolah mau nggak mau, suka tidak suka kamu harus dituntuk mengikuti pelajaran berdasarkan kurikulum yang sudah ditetapkan.

Sehingga kamu tidak berajar untuk mencari tahu apa saja yang menjadi passion kamu dan tidak memotivasi diri kamu lebih besar.

2. Mencari sumber lain yang membuat pengetahuan kamu lebih baik

Selengkap-lengkapnya bahan pembeajaran dikelas, pastinya tidak bisa mengajarkan kamu secara mendalam. Misalkan saja ketika kamu masuk jurusan Hubungan International dan diberikan pelajaran soal Teori Diplomasi, Beberapa SKS tidak akan bisa mengurai pelajaran itu secara lebih mendalam. untuk mengetahui dan memahaminya lehih tajam dan mengasah perspektif lain kamu wajib mencari sumber lain and go deeper!

Asik enggk Sob.. Bila kamu dapat mengetahui hal-hal ain yang baru yang terkait mata pelajaran tertentu?!

3. Karena Keahlian teknis wajib diiringi Soft Skills yang baik

Karena Keahlian teknis wajib diiringi Soft Skills yang baik

As i said before, Tidak semua keahlian yang kita butuhkan dimasa depan di ajarkan didalam kelas. Misalnya cara membangun network, menjadi pendengar yang baik, bagaimana cara memimpin dan masih banyak lagi.

Seperti pesan dari orang sukses untuk anak muda adalah Ikut Organisasi di usia muda. Karena didalam organisasi mengajarkan kita sesuatu yang tidak diajarkan didalam kelas.

Baca juga sob : 5 Tips agar Semangat Menjalani Kuliah

Keahlian teknis yang kamu dapatkan dari kelas juga tidak akan banyak bermamfaat jika tidak diiringi dengan soft skills yang baik.

Contohnya, kamu mengerti dengan soal teori bisnin dan ingin menjalankan sesuai dengan ilmu yang kamu dapatkan dari pendidikan formal, tetapi kamu tidak mengerti soal manajemen dan kerjasama tim secara langsung. Bila itu terjadi di kehidupan nyata dan kamu membuka bisnis beneran, kamu akan kelabakan berhadapan dengan dunia bisnis yang sebenarnya.

Atau misalkan saja kamu banyak tahu tentang teknik arsitektur tetapi kamu tidak bisa berkuminkasi dengan klien. Sehingga langkah kamu untuk menjadi arsitek yang sukses bisa jadi terhambat.

Makanya sob, Yuk semangat belajar bukan hanya dari pendidikan formal saja, Tetapi juga dari pendidikan informal!.

Komentar: