5 Tips agar Semangat Menjalani Kuliah

tips agar semangat menjalani kuliah

Mahasiswa yang giat dalam melakukan aktivitas perkuliahan sudah sangat jarang kita temui. Kalaupun ada, mungkin hanya beberapa dari sekian banyak mahasiswa yang berkuliah.

Mahasiswa sekarang cenderung menjadi mahasiswa yang pasif. Sekedar kuliah, mengisi absen, bercanda-ria, lalu pulang. Kamu akan terkejut jika mengetahui bahwa fakta sebagai mahasiswa yang pasif akan menghantarkan mu pada dunia yang sempit. Motivasi merupakan salah satu hal penting yang akan membawamu pada pandangan yang lebih baik lagi dari “sekedar” berkuliah. Berikut 5 tips yang akan membuka matamu untuk menjadi mahasiswa yang aktif.

1. Ubah perspektif dan cara pandangmu

Kamu tidak bisa membangun fondasi untuk hidup ke depanmu tanpa pernah bergerak ke sisi lain. Sebagai mahasiswa, hal seperti berorganisasi dan memiliki lingkungan yang luas, jauh lebih baik dari sekedar berprestasi di bidang akademik. Hal ini bukan berarti kegiatan belajar tidak begitu penting.

Sebagai contoh, jika saja kamu orang yang sangat pandai dan berprestasi, tapi sama sekali tak mempunyai sosialisasi yang baik dan lingkungan yang luas, ke manakah kamu akan pergi? Dibandingkan jika kemampuan kamu pandai dan memiliki lingkungan yang luas. Sudah pasti jalanmu akan lebih mudah jika memiliki lingkungan sosial yang luas. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa pun dituntut untuk menerjunkan diri dalam pengorganisasian dan kegiatan kampus lainnya.

Baca: Kuliah atau Organisasi, Kamu Pilih Apa?

2. Temukan satu bidang yang akan menjadi keahlianmu

Tidak ada mahasiswa yang benar-benar menyukai ataupun menguasai semua bidang dalam perkuliahan. Setiap orang pastinya memiliki kemampuan tersendiri dalam bidang tertentu. Mustahil seseorang tidak memiliki satu hal pun yang bisa dikuasainya.

Jika sudah menemukan bidang tertentu yang menjadi keahlianmu, fokuskan dirimu untuk menjadikannya lebih baik lagi. Keahlianmu dalam bidang tertentu tersebut mempunyai daya tarik tersendiri dalam membangkitkan semangat mu untuk menjadi mahasiswa yang aktif.

3. Jangan takut bersaing

tips agar semangat dalam menjalani kuliah

Gagal hal yang biasa. Kegagalanmu mungkin yang akan menuntunmu pada kesuksesan yang tertunda. Bersaing juga merupakan hal yang perlu kamu lakukan. Bersaing yang dimaksud bukan berarti yang bersifat brutal. Persaingan yang sehatlah yang dapat menjadi motivasi yang inspiratif  jika kamu tau bagaimana mendekatinya.

4. Hadiahkan dirimu

Hal yang paling disenangi oleh banyak orang termasuk mahasiswa adalah mendapatkan penghargaan. Siapa pula yang tak senang dengan hal itu. Kerja kerasmu merupakan usaha terbaikmu. Oleh karena itu kamu pantas mendapatkan penghargaan, apa pun hasilnya.

Tidak harus hadiah dari orang lain, bahkan hadiah dari dirimu sendirilah yang lebih indah ketimbang menerimanya dari orang lain. Karena kesadaran akan perlunya kamu menghadiahi dirimu, maka timbul keinginan untuk berjuang lebih baik lagi.

5. Dapatkan dukungan untuk sebuah motivasi

tips agar semangat dalam menjalani kuliah

Sebuah dukungan memiliki kekuatan tersendiri dalam membangun semangat yang tak terduga sebelumnya. Setiap orang perlu mendapatkan dukungan untuk menunjang semangatnya. Tidak sedikit memang orang tua yang terlalu sibuk bekerja, malah tidak memperhatikan perkembangan anaknya. Tapi jika memang kamu merasa kurang mendapat dukungan dari orang tua, bukan berarti hal itu mengganggumu.

Kamu masih punya teman, sanak saudara, guru, dan pastinya banyak orang yang akan mendukungmu jika saja kamu menunjukkan diri bahwa kamu mampu melakukan hal yang baik tentu saja. Oleh karena itu tunjukkan diri mu sebagai pribadi yang mampu dan positif. Maka dukungan itu akan melimpah bagimu.

Baca: Pemulung Ini Ingin Lanjut S3 di Luar Negeri

Nah, sobat mahasiswa, kamu sudah mendapatkan tips yang akan membantumu dalam membangun jiwa yang baik, terkhusus dalam perkuliahanmu. Oleh karena itu tidak ada lagi kata malas apalagi menyerah dalam hidupmu. Semangatmu dalam perkuliahan akan menjadikanmu mahasiswa yang aktif.

Di bawah ini ada beberapa kalimat mutiara yang akan memotivasimu tetap semangat:

“Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia. Karena itu kamu dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela

“Jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatkannya. Jika kamu tidak bertanya, maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan berada di tempat yang sama” – Nora Roberts

“Adalah baik untuk merayakan kesuksesan, tapi hal yang lebih penting adalah untuk mengambil pelajaran dari kegagalan” – Bill Gates

“Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar akan menjadi pemilik masa depan” – Mario Teguh