Semangat Baru Anak – Anak Parlilitan

Pada hari Jumat & Sabtu (10 & 11 Februari 2017) kemarin acara Talkshow in Our School (TOS) 2017 telah digelar di SMAN 1 Parililitan dan SMKN 1 Parlilitan. Acara ini dipersembahkan oleh mahasiswa/i Parlilitan yang berkuliah di Medan. Acara ini mengusung tema: “Membangun Pendidikan dari Desa” yaitu sebuah kerinduan akan adanya peningkatan mutu pendidikan di desa, terutama desa – desa di kecamatan Parlilitan.

Acara yang didukung penuh oleh Ruang Mahasiswa ini berjalan cukup baik dan sukses. Ada pun hal yang melatarbelakangi diadakannya acara ini adalah sebuah keprihatinan mahasiswa/i Parlilitan terhadap rendahnya minat lulusan SMA/SMK dari Parlilitan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Di samping itu, tingkat siswa yang masuk ke PTN setiap tahunnya sangat rendah. Jika diperkirakan maka tidak sampai 10% yang masuk PTN dari lulusan SMA/SMK dari Parlilitan.

Maka mahasiswa/I yang berkuliah di Medan membentuk acara ini  dengan 3 (tiga) tujuan, yaitu:

  1. Memberikan tips dan trik menembus PTN
  2. Memberikan cara mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi
  3. Sharing pengalaman, motivasi dan tips belajar.

Pada hari kamis (09/02), panitia sebanyak 15 orang yang semuanya berasal dari Parlilitan telah tiba di SMAN 1 Parlilitan yang disambut hangat oleh pihak sekolah. Pada hari tersebut mulai dilakukan persiapan tempat dan para siswa/I terlihat melakukan kebersihan. Sehingga pada hari jumat, 10 Februari 2016 acara ini pun digelar di lapangan terbuka sekolah tersebut. Seminar ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru serta kepala sekolah.

Sesi demi sesi seminar disampaikan oleh mahasiswa yang diselingi oleh beberapa hiburan yang luar biasa seperti tor – tor batak dan modern dance.

tari tor - tor persembahan siswa SMAN 1 Parlilitan
Tari tor – tor persembahan siswa SMAN 1 Parlilitan

Seminar Tips dan Trik Menembus PTN disampaikan oleh Bonar Situmorang (Mahasiswa Sosiologi USU 2013), Cara Mendapatkan Beasiswa di Perguruan Tinggi oleh Fajar Anugrah Tumanggor (Mahasiswa Ilmu Politik USU 2014) sedangkan Sharing Pengalaman, Motivasi dan Tips Belajar oleh Ronaldi Tumanggor (Mahasiwa Ilmu Komputer USU 2013). Walaupun semakin siang, cuaca semakin panas namun tidak menyurutkan semangat siswa/i untuk mendengarkan talkshow tersebut, ditambah lagi para pemateri menyampaikan isi seminar dengan banyak lelucon sehingga membuat suasana lebih mencair.

Setelah selesai 1 sesi, para siswa boleh memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan tema seminar yang disampaikan oleh pemateri. Di akhir acara, para pemateri memberikan pertanyaan kepada siswa, bagi yang menjawab benar, panitia akan memberikan hadiah berupa peralatan sekolah,serta ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada pihak sekolah sebagai ucapan terimakasih.

Setelah selesai hari pertama di SMAN 1 Parlilitan, maka acara kembali dilanjutkan di SMKN 1 Parlilitan pada hari berikutnya. Acara dilakukan dengan konsep yang sama namun dilakukan di ruangan kelas dan hanya diikuti oleh siswa/i kelas XII.

seminar di SMKN 1 Parlilitan
Seminar di SMKN 1 Parlilitan

Materi seminar yang disampaikan juga sama, hanya materi Tips dan Trik Menembus PTN disampaikan oleh Rolly Frans Tinambunan (Teknik Elektro Unimed 2013). Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan makan bersama dengan guru – guru SMKN 1 Parlilitan.

Mahasiswa/i Parlilitan menegaskan acara ini bukan semata – mata memberikan eksitensi mereka melainkan sebagai awal untuk meningkatkan mutu pendidikan di kecamatan Parlilitan. Bahkan mereka berjanji akan membantu siswa/i yang berminat melanjut melalui SNMPTN dan SBMPTN 2017 dengan membantu memberikan informasi yang dibutuhkan, membantu pendaftaran dan menyediakan tempat penginapan jika mereka ujian nanti di Medan.

Acara ini ternyata bukan berdampak besar kepada siswa/i namun juga kepada mahasiwa/i yang menjadi panitia itu sendiri yaitu terciptanya hubungan yang baik dan menjadikan mereka memiliki visi yang sama. Semoga niat mereka selalu terjaga dan mendapatkan dukungan dari banyak pihak ya sobat mahasiswa.

Penulis: Panitia TOS 2017

Komentar: