Mengulik Satu Satunya Perguruan Tinggi Negeri di Padangsidimpuan

iain padangsidimpuan

Berbicara tentang perguruan tinggi memang tidak lepas dari apa status perguruan tinggi  itu sendiri.  Apakah swasta ataupun negeri.

Memang, perguruan tinggi swasta tidak selalu seperi apa yang dipikirkan, mahal, tidak bagus ataupun hal lainnya. Tetapi Perguruan tinggi negeri akan tetap menjadi pertimbangan utama. Begitu juga di kota kecil yang dijuluki kota salak, yaitu kota Padangsidimpuan.

Sesuai dengan judul artikel, kita akan mengulik tentang satu-satunya perguruan tinggi negeri di Padangsidimpuan.

Perguruan tinggi apa itu? Yuk kita kenali…

Satu – satunya perguruan tinggi negeri yang dimaksud adalah IAIN Padangsidimpuan. Institut Agama Islam Negeri Padangsidempuan (IAIN Padangsidempuan) adalah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Indonesia.

IAIN Padangsidempuan didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 1997 tanggal 21 Maret 1997 serta Keputusan Menteri Agama R.I. Nomor: E/125/1997.

Sekolah tinggi ini diresmikan oleh Menteri Agama pada saat itu, Dr. H. Tarmizi Taher, tanggal 30 Juni 1997 bersama dengan 32 STAIN lainnya.

Baca: Mengapa Universitas Atma Jaya?

Perguruan tinggi ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol, yang kemudian dialihstatuskan menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2013 tentang Perubahan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Padangsidempuan Menjadi Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Pada hari Senin 6 Januari 2014, Menteri Agama RI Suryadharma Ali meresmikan STAIN Padang Sidempuan menjadi Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, sekaligus melantik Dr. H. Ibrahim Siregar, MCL sebagai Rektor pertama.

PTN di padangsidimpuan
Gerbang IAIN Padangsidimpuan

Peresmian dan Pelantikan ini dilaksanakan di auditorium IAIN Padangsidimpuan dan dihadiri oleh Dirjen Pendidikan Islam Prof. Nur Syam, Direktur Pendidikan Tinggi Islam Prof. Dede Rosyada, para bupati dan walikota se-Tapanuli bagian Selatan serta ribuan undangan lainnya. Itulah sejarah singkat berdirinya IAIN Padangsidimpuan.

Beralih ke visi dan misi, setiap perguruan tinggi tidak akan lepas dari visi dan misi yang menggambarkan pribadi perguruan tinggi itu sendiri. Bagaimana dengan visi dan misi perguruan tinggi yang satu ini? Secara ini adalah perguruan tinggi negeri yang satu-satunya berstatus negeri di Kota Padangsidimpuan.

Berikut Visi dan Misi IAIN Padangsidimpuan

VISI
Menjadi institusi pendidikan Islam yang integratif dan berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan keilmuan, keislaman, keindonesiaan, dan kearifan lokal yang interkonektif. 

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu sosial, dan humaniora yang integratif dan unggul;
  • Mengembangkan ilmu-ilmu keislaman, ilmu-ilmu sosial, dan humaniora dengan pendekatan inter-konektif;
  • Mengamalkan nilai-nilai keislaman dan budaya luhur dalam memberikan keteladanan dan pemberdayaan masyarakat;
  • Membangun sistem manajemen perguruan tinggi dengan tata kelola yang efektif dan efesien, transparan, dan akuntabel;
  • Membangun transformasi terencana menuju Universitas Islam Negeri tahun 2024.

Mengulik IAIN Padangsidimpuan tidak akan lengkap jika belum membahas tentang fakultas, jurusan dan akreditasi dari perguruan tinggi negeri yang beralamat di Jalan T. Rizal Nurdin KM. 4,5 Sihitang Padang Sidempuan, Sumatera Utara – Indonesia ini.

Baca: 100 Kampus Terbaik di Indonesia 2017 versi Kemristekdikti

FAKULTAS di IAIN Padangsidimpuan

Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 93 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, IAIN Padangsidimpuan memiliki empat fakultas dan satu Program Pascasarjana, yaitu:

  1. Fakultas Syariah dan Ilmu HUkum (dikenal dengan sebutan FASIH)
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)
  3. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK)
  4. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
  5. Program Pascasarjana (S2)

Adapun jurusan dan akreditasi di IAIN Padangsidimpuan adalah sebagai berikut.

Jurusan Jenjang Akreditasi Status
Ahwal Al-Syaksyiah S1 B Berlaku sampai 24 Januari 2020
Pendidikan Bahasa Inggris S1 B Berlaku sampai 10 Juli 2020
Pendidikan Agama Islam S2 B Berlaku sampai 14 November 2020
Pendidikan Bahasa Arab S1 B Berlaku sampai 18 Juni 2019
Bimbingan Konseling Islam S1 C Berlaku sampai 08 Agustus 2019
Hukum Ekonomi Syari’ah S1 C Berlaku sampai 10 Oktober 2019
Komunikasi Penyiaran Islam S1 B Berlaku sampai 07 November 2019
Ekonomi Syari’ah S1 B Berlaku sampai 07 Desember 2019

Sumber data dari website resmi Direktori Badan Akreditasi Nasional / BAN- PT Indonesia (Terakhir di akses pada november/2017). Tulisan ini dibuat pada Februari 2018.

IAIN Padangsidimpuan juga memiliki fasilitas yang cukup baik seperti asrama, perpustakaan, auditorium, area parkir, masjid dan masih banyak lainnya. Selain itu IAIN Padangsidimpuan juga merupakan perguruan tinggi yang menerima mahasiswa bidikmisi yang cukup banyak di setiap tahunnya.

iain padangsidimpuan
Asrama Putri IAIN Padangsidimpuan

Bagaimana dengan prestasi?

Walau berada di tengah kota kecil Padangsidimpuan, IAIN tidak berkecil hati untuk tetap terus menorah prestasi.

Mengemban status sebagai satu-satunya perguruan tinggi negeri padangsidimpuan, IAIN membuktikan kepantasan itu dengan mengumpulkan sangat banyak berbagai prestasi di segala bidang dan berbagai tingkat. Baik itu akademik dan non akademik yang bisa di lihat pada website resmi IAIN Padangsidimpuan http://iain-padangsidimpuan.ac.id/

Baca: Universitas Swasta Terbaik di Sumatera Utara

Baik, demikian informasi seputar IAIN Padangsidimpuan sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri di Padangsidimpuan. Semoga bermanfaat.

Komentar: