10 Universitas Swasta Terbaik Setara PTN

universtias swasta terbaik

 

Berbicara tentang universitas atau kampus, tentunya setiap orang ingin kuliah di kampus – kampus terbaik, karena kita berkeyakinan bahwa otomatis kualitas pembelajarannya juga pasti sudah berkualitas.

Nah…. bagi kamu yang ingin kuliah. Waktu sekarang kan sudah selesai SNMPTN, dan SBMPTN tinggal menunggu pengumuman. Sebenarnya ke-2 jalur ini adalah jalur utama kamu untuk kuliah S1 di PTN.

Memang ada sih 1 lagi jalur untuk kuliah S1 di PTN, yaitu jalur Mandiri. Namun, jika melalui jalur ini biaya kuliahnya relatif mahal.

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi tentang universitas swasta yang menurut kami terbaik dan tidak kalah saing dengan PTN.

10 Universitas Swasta Terbaik setara PTN

Kami  menetapkan 10 Universitas Swasta Terbaik versi ruangmahasiswa.com sudah berdasarkan situs rangking universitas seperti: www.4icu.org, dan http://www.webometrics.info dan beberapa sumber terpercaya.

Silahkan disimak berikut ini:

1. Universitas Telkom

Rangking 4icu: 14 | Rangking webometrics: 33 | Alamat: Bandung | Situs: www.telkomuniversity.ac.id

Universitas Telkom merupakan sekolah tinggi informasi yang terbaik yang ada di Indonesia dan kami cantumkan sebagai universitas swasta terbaik urutan pertama.

Universitas Telkom ini didirikan pada tahun 31 Agustus 2013, dimana merupakan gabungan empat perguruan tinggi antara lain Yayasan Pendidikan Telkom, Institut Pendidikan Telkom, Institut Manajemen Telkom, STISI Telkom, dan Politeknik Telkom.

Kampus ini dikatakan “terbaik dalam bidang informasi ” karena fasilitas yang serba lengkap dan canggih  serta banyak menghasilkan lulusan yang berkualitas.

2. Universitas Gunadarma

Rangking 4icu: 16 | Rangking webometrics: 29 | Alamat: Depok | Situs: www.gunadarma.ac.id

Universitas Gunadarma didirikan pada 7 Agustus 1981. Kampus utama Universitas Gunadarma berada di daerah kota Depok dimana merupakan salah satu lokasi yang strategis untuk ukuran wilayah tempat pendidikan di Indonesia. Banyak universitas / perguruan tinggi terbaik yang berlokasi di depok.

Memiliki kualitas yang siap bersaing secara internasional, Universitas Gunadarma juga terus menerus menuai prestasi, yang baru-baru ini berhasil diraih adalah menempatkan mahasiswanya sebagai salah satu Google Ambassador serta menduduki peringkat kedua di Telkom Smart Campus Award.

Universitas Gundarma memiliki 7 Fakultas yang sudah berstandar nasional dan internasional, seperti Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Sipil, Fakultas Dokter Teknologi Informasi, Fakultas Dokter Ilmu Ekonomi, Fakultas Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra.

Universitas Gundarma ini juga membuka kelas internasional dan kelas virtual dimana memang keberadaannya memang untuk menjawab tantangan dunia pendidikan global.

Selain itu, kampus ini juga memiliki pusat literatur online yang sering dijadikan rujukan untuk masalah literatur yakni UG – Pedia, yang selalu melayani para mahasiswa Universitas Gunadarma maupun masyarakat luas dalam mencari referensi perihal literatur.

Secara akademis, Universitas Gunadarma bahkan dikatakan bisa bersaing dengan universitas negeri bergengsi lainnya di Indonesia, seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

3. Universitas Bina Nusantara

kampus swasta terbaik
source: id.wikipedia.org

Rangking 4icu: 17 | Rangking webometrics: 20 |  Alamat: Jakarta | Situs: binus.ac.id

Universitas Bina Nusantara didirikan pada tanggal 8 Agustus 1996, dimana universitas ini mampu berkembang menjadi salah satu universitas swasta yang terkenal di Indonesia.

Walaupun tergolong masih baru, Universitas Bina Nusantara sudah layak disebut sebagai salah satu perguran tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Hal ini karena kualitas jurusan Teknologi Informasi yang sangat unggul, ditunjang dengan berbagai peralatan canggih serta relasi dengan berbagai universitas luar negeri.

Pilihan fakultas yang dimiliki oleh Universitas Bina Nusantara antara lain Fakultas Ekonomi dan Informasi, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Sekolah Sistem Informasi, Sekolah Bisnis dan Manajemen, Sekolah dan Teknik Informatika.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik versi Webometrics 2017

Fasilitas berupa “kuliah jarak jauh juga menjadi salah satu layanan favorit kampus ini”. Universitas ini juga dikenal dengan program kuliah internasional dimana gelar akademik dapat diperoleh dengan mengikuti program kuliah di kampus rekanan Universitas Bina Nusantara yang ada di luar negeri.

Fasilitas yang lebih dari memadai dan atmosfer akademik yang kondusif membuat Universitas Bina Nusantara dipandang sebagai salah satu perguruan tinggi bergengsi di Jakarta.

4. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rangking 4icu: 26 | Rangking webometrics: 40 | Alamat: surakarta | Situs: www.ums.ac.id

Kampus ini merupakan universitas ketiga milik ormas Muhammadiyah yang merupakan universitas swasta yang terfavorit di Indonesia bersama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Universitas Muhammadiyah Surakarta ini didirikan pada tahun 18 September 1958.

Fakultas yang bisa anda pilih di universitas ini antara lain, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Farmasi, Fakultas Psikologi, Fakultas Geografi, Fakultas Agama Islam, dan Fakultas Komunikasi dan Informatika.

Berdiri di bawah naungan yayasan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memiliki reputasi sebagai “perguruan tinggi yang unggul di bidang seni dan IPTEK serta mencetak lulusan yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam”.

Universitas ini dikenal sebagai salah satu universitas paling bergengsi di kota Surakarta.

5. Universitas Kristen Petra

Rangking 4icu: 27 | Rangking webometrics: 27 | Alamat: Surabaya | Situs: www.petra.ac.id

Yang menjadi ciri khas dari Universitas Kristen Petra adalah hasil publikasi ilmiah mereka yang bisa diakses secara online oleh siapapun.

Baca juga: 10 Universitas Hijau di Indonesia Versi UI GREEN METRIC

Universitas Kristen Petra berdiri sejak tahun 22 September 1961 yang dikelola oleh yayasan pendidikan kristiani yang ada di kota Surabaya.

Fakultas yang bisa kita pilih di Universitas Kristen Petra adalah Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni dan Desain, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Fasilitas seperti perpustakaan hybrid juga sudah dimiliki oleh universitas ini, sehingga memudahkan para mahasiswanya dalam mencari informasi.

Universitas Kristen Petra juga memiliki jaringan kerjasama dengan beberapa universitas – universitas lainnya yang ada di luar negeri, sehingga banyak dilakukan program pertukaran pelajar dengan pihak universitas di luar negeri.

Moto dari universitas ini adalah Let Your Light Shine (biarkanlah cahayamu bersinar) karena memang merupakan cerminan filosofi kata Petra yang identik dengan makna pencerahan bagi umat manusia.


6.  Universitas Islam Indonesia

Rangking 4icu: 28 | Rangking webometrics: 30 | Alamat: Yogyakarta | Situs: www.uii.ac.id

Perguruan tinggi yang dikenal dengan nama UII ini memiliki sejarah panjang dan menjadi salah satu universitas swasta pertama di Indonesia.

Universitas Islam Indonesia ini juga merupakan salah satu favorit universitas yang ada di kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota para pelajar.

Dalam sepuluh tahun terakhir ini, UII mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama dalam pembangunan infrastruktur, fasilitas, dan peningkatan hubungan internasional dengan kampus-kampus di luar negeri.

Untuk Fakultas yang dimiliki oleh Universitas Islam Indonesia antara lain Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Agama Islam, Fakultas Kedokteran, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan.

Universitas ini juga memiliki kerjasama internasional dengan universitas – universitas lainnya yang ada di luar negeri, dimana kita bisa mengikuti program pertukaran pelajar guna memajukan kualitas ilmu pendidikan antara kedua kampus yang bekerjasama tentunya.

Baca: Ayo Bantu Adik – Adik Mengenal Kampusmu melalui Gerakan #kenaliKampusku

Universitas Islam Indonesia dikenal bukan hanya mendidik para mahasiswa dengan kompetensi keilmuan, namun juga perihal akhlak yang bercirikan islam tentunya sebagaimana visi dan misi yang dimiliki oleh kampus ini dalam persaingannya dalam dunia pendidikan.

Di Yogyakarta, konon kualitas UII sendiri sudah bisa disandingkan dengan Universitas Negeri semacam UGM dan UNY.
Memang, UII berhasil memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi untuk menjadikan kampusnya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

7. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

perguruan tinggi swasta terbaik
source: www.edumor.com

Rangking 4icu: 32 | Rangking webometrics: 22 | Alamat: Yogyakarta | Situs: www.umy.ac.id

Universitas ini didirikan pada tanggal 1 Maret 1981. Nama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) boleh dibilang memiliki pengaruh yang cukup kuat, karena berdiri di bawah naungan yayasan Muhammadiyah.

Fakultas yang bisa kita pilih di universitas ini antara lain Fakultas Agama Islam, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Pendidikan Bahasa.

Kegiatan berupa pertukaran pelajar juga menjadi sebuah tradisi yang senantiasa dilakukan oleh universitas ini dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia, khususnya dalam dunia pendidikan.

Selain fasilitas dan infrastruktur kampus yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, UMY juga dikenal memiliki jaringan hubungan dengan kampus-kampus di luar negeri.

Bisa dipastikan, tiap tahun UMY mengirimkan tenaga pengajar maupun mahasiswanya untuk menuntut ilmu di luar negeri.  Selain itu, kampus ini juga memiliki fakultas kedokteran yang kualitasnya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

8. Universitas Muhammadiyah Malang

Rangking 4icu: 29 | Rangking webometrics: 39 | Alamat: Malang | Situs: www.umm.ac.id 

Universitas ini didirikan pada tahun 1964.

Universitas ini memadukan pendidikan kompetensi keilmuan dan sebagai sarana dakwah bagi ormas Muhammadiyah dalam mencetak generasi yang unggul dan beradab islami di Indonesia.

Dalam perkembangannya Universitas Muhammadiyah Malang mampu menjadi salah satu kampus swasta terbaik yang ada di Indonesia dengan berbagai macam prestasinya bersama Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Yogyakarta

Fakultas yang bisa kita pilih di kampus ini antara lain Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian dan Peternakan, Pakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Kesehatan.

Selain menanamkan pembinaan di bidang akademis, Universitas Muhammadiyah Malang juga memiliki misi untuk mencetak lulusan yang memiliki budi pekerti dan nilai-nilai keislaman.

Universitas ini juga memiliki International Relation Office (Kantor Hubungan Internasional) yang aktif dalam menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa maupun tenaga pengajar.

9. Universitas Katolik Atma Jaya

Rangking 4icu: 35 | Rangking webometrics: 25 | Alamat: Jakarta | Situs: www.atmajaya.ac.id

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960.

Fakultas yang bisa kita pilih di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya adalah Fakultas Ekonomi. Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknobiologi.

Dalam situs Webometrics Unika Atma Jaya mendapat peringkat 25 Universitas terbaik se-Indonesia pada 2017 dan menempati peringkat 3531 Universitas se-dunia.

Penilaian Webometrics terhadap data Unika Atma Jaya seperti Presence rangking 1476, Impact rangking 4158, Openness rangking 3055, dan Excellence rangking 4673.

10. Universitas Mercubuana

Rangking 4icu: 102 | Rangking webometrics: 151 | Alamat: Jakarta | Situs: www.mercubuana.ac.id

Universitas Mercu Buana menduduki peringkat 18 nasional versi BAN – PT pada tahun 2013, dan peringkat 1.830 sedunia versi webometrics pada tahun yang sama.

Universitas ini didirikan pada tanggal 22 Oktober 1985. Pilihan Fakultas yang ada di kampus ini antara lain Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Desain dan Seni Kreatif, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Ilmu Komputer.

Dalam perkembangannya Universitas Mercu Buana mampu berkembang dan menjadi salah satu kampus swasta yang terbaik di Indonesia dimana mereka juga selalu melakukan perubahan karena tantangan dan kebutuhan jaman yang semakin maju yang ada di dalam tatanan masyarakat.

Selain memiliki infrastruktur dan kualitas yang baik, Universitas Mercu Buana telah melahirkan lulusan-lulusan yang berprestasi di bidangnya masing-masing

 

4 komentar pada “10 Universitas Swasta Terbaik Setara PTN

Komentar: