Terapkan 9 Tips Ini agar Dapat “Membaca Cepat”

tips membaca cepat

Pernah tidak merasa kagum terhadap terhadap para pakar, ilmuan, pemimpin, dosen yang seolah – olah mereka tahu segalanya?. Kamu terheran – heran dengan luasnya wawasan mereka. Mereka sangat ahli dibidang profesi mereka dan juga kalau membahas bidang lain, mereka juga “nyambung”.

Jawabannya adalah “Mereka banyak membaca”. Mereka – mereka yang sudah luas wawasannya kemungkinan besar sudah selesai membaca ratusan hingga ribuan jumlah buku.

Nah… bagaimana dengan kita? Kok, pengetahuan kita begitu – begitu saja ya? Ya, karena kita jika sudah mau membaca buku, bawaannya jadi ngantuk, bosan, susah konsentrasi.

Sebagai pelajar atau mahasiswa, membaca buku itu tidak hanya untuk hobi tapi adalah sebuah “keharusan”. Alasannya adalah kita banyak mata pelajaran atau matakuliah dan setiap mata pelajaran atau mata kuliah tersebut pasti membutuhkan buku pedoman/panduan yang tidak cukup 1 buku. Belum lagi tebal halamannya yang bisa ratusan hingga ribuan halaman.

Baca: 7 Manfaat Membaca Buku

Bagaimana cara membaca buku setebal halaman tersebut? Atau bagaimana cara yang dilakukan oleh mereka yang telah selesai membaca buku dengan jumlah ratusan atau ribuan?

Jawabannya adalah menerapkan teknik Membaca Cepat atau yang dikenal dengan istilah “Speed Reading

Berikut ini akan kami bagikan 7 tips membaca cepat. Silahkan disimak:

1. Membaca di tempat kondusif

tips membaca cepat
source: http://litbang.kemendagri.go.id

Biar bisa membaca cepat, usahakan cari tempat yang kondusif, tenang, jauh dari keributan, suara bising. Misalnya tempat – tempatnya adalah ruang belajar, kamar pribadi, taman dan perpustakaan. Pastikan juga tempatnya memiliki pencahayaan yang cukup.

2. Arahkan mata kamu

Pastikan pkamungan Kamu fokus pada bacaan. Untk pemula supaya tidak hilang fokus, coba gunakan alat bantu seperti pena, lidi atau jari Kamu untuk menunjuk huruf – huruf, kata – kata atau kalimat yang Kamu baca.

Alat bantu ini akan membantu kita untuk menangkap kata lebih banyak lagi. Maka semakin lama, mata Kamu akan dapat menangkap kata – kata atau frasa dengan lebih cepat.

Baca: 10 Alasan Mengapa Kita harus Banyak Membaca

3. Jangan bergumam

Banyak orang yang jika membaca mulutnya ikutan bergumam. Tentunya kebiasaan ini tidak efektif dan tidak baik jika ingin membaca cepat. Kamu akan  memakan waktu lama karena membaca secara kata per kata. Selain itu, kamu juga akan sering mengulangi bacaan sebelumnya karena lupa batas bacaan.

4. Posisi tubuh sangat berpengaruh

Posisi tubuh mempengaruhi tingkat fokus kamu dalam membaca.  Pastikan kamu membaca dengan posisi duduk yang tenang, jarang pandang 30 cm supaya lebih fokus. Jika ingin membaca cepat, pastikan Anda membaca tidak sambil tiduran, makan atau mengerjakan hal yang lain seperti menonton.

5. Jangan bolak – balik membaca

tips membaca cepat

Saat membaca, usahakan fokus dan tidak tergoda untuk mengulang kata – kata atau frasa. Hal ini akan memberlambat kamu untuk membaca. Selain itu, kamu juga bisa menangkap kata – kata atau frasa yang sebenarnya tidak terlalu penting. Hal ini malah membuat bingung ketika melanjutkan kembali membaca kalimat berikutnya.

6. Membaca dalam 1 kalimat utuh

Untuk membaca cepat dan efektif, jangan membaca secara kata per kata karena akan menghabiskan waktu. Artinya jangan memahami kata demi kata, karena artinya juga akan berbeda.

Maka cobalah untuk membaca secara per kalimat. Letakkan fokus untuk selalu menyelesaikan bacaan setiap kalimat. Kemudian, cari kata kunci dari setiap kalimat yang telah dibaca sehingga kamu akan memahami makna dari kalimat selanjutnya.

7. Cari ide pokok setiap paragraf

Ketika masih belajar bahasa Indonesia dulu, kita memang diajari bahwa setiap paragraf kita harus mencari dan mengerti ide pokok atau gagasan utama. Itu benar adanya, bahwa membaca itu tidak perlu semua, tapi kita mampu menemukan ide pokok per paragraf. Biasanya, ide pokok ini terletak di awal atau akhir paragraf.

Jika sudah menemukannya, coba berti tanda highlighter menggunakan stabilo atau sejenisnya.

8. Mengukur rutin kemampuan membaca

Membaca cepat selalu identik kecepatan. Namun, ada kalanya kita membaca cepat namun kurang memahami isi buku. Maka membaca tidak perlu mengukur dari kecepatan, melainkan dari KEMAMPUAN MEMBACA DAN DAYA SERAP KATA.

Cara mengetahui kemampuan ini juga mudah. Cara mengetahui kemampuan ini juga mudah. Pertama, setel timer selama 1 menit. Kemudian, bacalah buku dengan senyaman mungkin sampai timer-mu berbunyi. Hitung berapa banyak paragraf atau halaman yang bisa kamu baca dan catat sebagai bukti.

Ulangi cara ini setiap kamu akan membaca buku yang lain. Usahakan waktu yang kamu butuhkan menjadi semakin singkat tetapi dengan pemahaman yang lebih baik, supaya membacamu nggak hanya semakin cepat tetapi juga semakin efektif.

Baca: Menghidupkan Kembali Budaya Membaca

9. Rajin dan tekun

Apapun tips yang telah dibagikan di atas, kunci utamanya adalah rajin dan tekun. Rajin terus membaca buku, e-book, koran atau artikel online. Rutin melatih diri akan membautmu semakin lebih baik. Membaca juga seperti belajar musik atau olahraga, perlu ketekunan supaya mendapat hasil yang maksimal.

Tony Buzan sebagai seorang yang memperkenalkan teknik mind mapping juga mengembangkan metode meningkatkan kemampuan membaca berkata seperti ini: “Reading is to the mind as aerobics training is to the body.”

Membaca adalah olahraga untuk otak. Semakin sering berolahraga, maka tubuh kamu akan semakin kuat. Misalnya, semakin sering berenang, maka kecepatan renang kamu akan sembakin bertambah. Demikian halnya dengan membaca, makan kecepatan membaca kamu akan semakin bertambah. Membaca cepat butuh latihan yang rajin dan tekun.

Itulah 9 tips membaca cepat yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat bagi teman – teman dan dapat meningkatkan kemampuan membaca kamu. Semoga kami lebih suka lagi dalam membaca.

Komentar: