5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Generasi Millennial di Era Digital

Jangan Pernah Berhenti Belajar untuk Generasi Millennial

Abad ke-21 adalah abad “millennial” yang sudah memasuki zaman yang serba digital. Hampir semua aspek kehidupan bergantung pada ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Terutama bagi generasi millennial, kita tidak boleh melawan arus zaman melainkan harus mengikutinya karena jika tidak maka kita akan jatuh ke jurang “ketinggalan zaman” atau “terbelakang”.

Sudah saatnya bagi kita untuk mempelajari kemampuan yang bertumpu pada era digital serta diperlukan pada semua aspek kehidupan, apapun jurusan atau bidang kerja kita.

Maka dari itu, pada artikel ini, saya akan mengulas beberapa kemampuan yang harus dimiliki generasi millenial berikut ini.

Bahasa Inggris

Bahasa inggris adalah bahasa asing yang harus dikuasai oleh generasi millennial di Indonesia. Bahasa ini merupakan bahasa internasional dan banyak digunakan oleh banyak negara di dunia.

Salah satu alasan mengapa kita harus menguasai bahasa inggris adalah kondisi persaingan global antar bangsa yang semakin memanas. Dari situlah muncul istilah English as a Second Language.

Pelajarilah bahasa inggris baik dari segi mendengar (listening), menulis (writing), membaca (reading), dan berbicara (speaking). Ini adalah amunisi bagi kita untuk menghadapi tantangan ke depan.

Baca: 5 Website Berbahasa Inggris yang Wajib Dibaca Mahasiswa

Menulis Artikel

Menulis artikel bagi generasi millennial

Jangan hanya duduk nonton film, nongkrong, main game, atau update status di sosial media. Di zaman millennial ini, kita harus memiliki karya yang dapat memiliki daya saing.

Menulis berarti berkarya. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari menulis. Cobalah untuk menulis dan rasakan manfaatnya. Menulis dapat melatih otak kita dan mendatangkan inspirasi dan motivasi.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”

Pramodeya Ananta Toer

Baca: Menulis Sebagai Aktualisasi Pembelajaran

Microsoft Office

Loh, bukannya software Microsoft Office itu banyak? Apakah harus semua dikuasai? Tenang, yang harus dikuasai adalah Word, Excel, dan Powerpoint.

Word digunakan untuk membuat makalah, jurnal, laporan, skripsi, dll. Excel digunakan untuk pendataan dan perhitungan. Powerpoint digunakan untuk presentasi di sekolah, kampus, atau kantor.

Dimana, kapan, dan kondisi apapun, kita pasti memerlukan ketiga software tersebut karena berhubungan dengan aspek kehidupan zaman sekarang.

Edit Foto/Video

Jangan terkejut dulu. Hanya dasar-dasarnya saja yang perlu kita kuasai. Untuk mengedit foto, yang perlu dikuasai seperti crop foto, mengganti ukuran foto, atur brightness, mengubah warna latar pas foto (misalnya dari merah ke biru), dan lain-lain.

Untuk video, yang perlu dikuasai seperti cara menggabungkan banyak foto ke dalam satu video atau cara menyambungkan beberapa potongan video menjadi satu. Tidaklah susah karena sebagian besar video editor sudah menyediakan fitur-fitur yang mudah dipelajari.

Dengan adanya bekal kemampuan ini, kita tidak perlu bergantung pada orang lain lagi untuk hal-hal yang sederhana. Berusahalah menjadi orang yang tidak gaptek.

Baca: Tips Menjadi Generasi Milenial yang Bermanfaat

Desain

Cat Warna Warni (Desain bagi generasi millennial)

Kemampuan ini sebenarnya hanya untuk orang yang memiliki passion di bidang desain. Akan tetapi, pasti ada jiwa kesenian di dalam diri setiap orang. Sama seperti sebelumnya, hanya dasar-dasar yang perlu dikuasai.

Misalnya, membuat poster yang sederhana. Tidak perlu desain yang kompleks untuk poster. Yang terpenting adalah informasi yang disampaikan jelas, rapi, dan enak dibaca.

Cobalah untuk mencari inspirasi desain di internet. Terdapat desain yang sederhana, sedikit komponen, dan hanya ada satu warna yang dapat menarik perhatian orang. Sebelum men-desain, bayangkan terlebih dahulu kemudian menggambarnya di kertas.

Software yang biasanya digunakan untuk desain adalah Photoshop, Illustrator, atau Inkscape. Tutorial yang tersedia juga mudah dipahami.

Itulah 5 skill yang harus dimiliki generasi millenial saat ini. Jika pembaca mempunyai kemampuan lain yang perlu dikuasai, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

2 komentar pada “5 Kemampuan yang Harus Dimiliki Generasi Millennial di Era Digital

    1. Kalo menurut saya patut diacungi jempol untuk keberaniannya, namun yang masalah adalah dia melakukannya tanpa dasar yang kuat. Sebaiknya mari kita membahas hal yang lebih positif, dan semoga menjadi mahasiswa yang bermanfaat dan banyak karya bagi banyak orang. Salam mahasiswa

Komentar: