Kenali 5 Jenis Organisasi Kampus Ini

jenis organisasi kampus

Organisasi Kampus itu wadah nyalurin hobi dan bakat kamu loh.. Kuy Kenali !

Tujuannya sih memang kuliah, tapi bosen juga kali kalau gitu melulu… Pergi kuliah dengarin dosen yang ‘mud mud tan’ atau dosen yang ‘killer’ bikin kuliah makin bosen.

Jadi kupu-kupu deh…Kuliah pulang-Kuliah pulang… Padahal kan hobi ini itu, tapi aku jurusan ini, gimana mau lanjutin hobi? Kayaknya gak bisa deh…

Guys… No No No. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Kamu tetap bisa kuliah di jurusan apapun dan tetap nyalurin minat bakat kamu sebagai mahasiswa.

Kamu tetap bisa jalani hobi kamu sehari-hari yang tentunya bakalan buat hari-hari kuliahmu nggak hanya jadi Kupu-kupu (Kuliah Pulang, Kuliah Pulang).

Baca: Jangan jadi Mahasiswa Kupu – Kupu, Jika 6 Hal Ini Tidak Ingin Terjadi

Mari kenali kegiatan kampus yang membuat kuliah kamu semakin asyik dengan wadah yang dapat kamu jadikan sebagai penyaluran hobi kamu.

Di dalam dunia kampus tidak lepas dengan yang namanya Organisasi. Sama saja seperti kamu waktu SMA. Hanya saja, organisasi di dunia kampus memiliki pembagian dan cakupan yang lebih luas. Secara kan sudah Mahasiswa bukan Murid SMA lagi.

Apa itu Organisasi?

Menurut Wikipedia, organisasi mahasiswa dalah organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat dan potensi mahasiswa yang dilaksanakan di dalam kegiatan kampus dan ekstrakurikuler.

Organisasi adalah bagian yang tidak terlepaskan dari dunia kampus. Menurut para aktivis kampus, organisasi wadah untuk penempaan kemampuan untuk menjadi seorang agen of change.

Baca: Kuliah atau Organisasi, Kamu Pilih Apa?

Organisasi kampus sendiri terbagi menjadi 4 macam, yaitu Organisasi intra kampus, organisasi ekstra kampus, UKM dan UKK, serta komunitas kampus.

1. Organisasi Intra Kampus

Organisasi intra kampus memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) untuk mengurus wilayah kemahasiswaan dalam bidang legislasi dan eksekutif.

Organisasi intra kampus meliputi : Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan lainnya.

Nah, buat kamu yang ingin aktif dan hobi di keaktifan kampus di jurusan sendiri, kamu bisa bergabung dalam kepengurusan mahasiswa jurusan. Atau mungkin kamu yang suka memimpin, kamu bisa mencalonkan diri sebagai ketua BEM atau yang lainnya.

2. Organisasi Ekstra Kampus

organisasi ektra kampus
Source: himaindonesia.com

“Bosen ah organisasi di dalam kampus, liat orang-orangnya itu-itu aja. Pengen bergerak sama orang-orang yang di universitas atau organisasi yang lain”

Bisa.. Kamu bisa gabung dan menggeluti organisasi ekstra kampus.

Organisasi ekstra kampus adalah organisasi mahasiswa yang wilayah kerja dan geraknya berada di luar kampus.

Organisasi ekstra kampus memiliki jaringan nasional, tidak seperti intra kampus yang hanya bersifat lokal kampus. Jenjang struktural organ ekstra sampai di kancah nasional (Pengurus Besar Organisasi – biasanya di Jakarta).

Organisasi ekstra kampus memiliki tugas melakukan pengkaderan untuk nantinya kader tersebut membumikan nilai idealis gerakan organ. Organisasi ekstra kampus antara lain : PMII, HMI, GMKI, PMKRI, IMM, KAMMI, GMNI, LMND, dan lainnya

Meskipun organisasi ekstra kampus tidak memiliki hubungan mengikat dengan struktur kampus, namun kiprah dan wilayah gerakannyanya yang mencakup mahasiswa dan kampus.

3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK)

Yang mau organisasi penyaluran minat bakat seperti menari, futsal, badminton, pramuka, marching band, atau apapun itu, kamu bisa gabung di organisasi UKM dan UKK.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus(UKK) adalah organisasi yang memiliki tugas pokok dan fungsi dalam mengasah skill bakat dan minat para mahasiswa.

Perbedaan UKM dan UKK adalah jenjang struktur organisasinya. Jika UKM jenjang strukturnya hanya di level kampus, UKK memiliki affiliasi struktur diluar kampus dengan skala nasional.

UKM meliputi : UKM olahraga, tari, teater, dan lainnya. UKK meliputi : Pramuka, Koperasi, PMI, dan lainnya.

Baca juga: Alasan Kenapa Harus Ikut Organisasi Kampus

4. Komunitas Kampus

buat komunitas kamu
Source: bisnisukm.com

“Aku mau organisasi yang tidak terikat. Berjalan santai dan sesuai dengan keinginan.”

Oke, kamu bisa masuk ataupun membentuk yang namanya komunitas.

Komunitas kampus adalah komunitas yang berada di dalam kampus. Komunitas ini berdiri bisa secara sah dengan adanya legalitas formal atau yang hanya bersifat perkumpulan saja.

Komunitas kampus biasanya lebih bersifat kesamaan minat, misalkan komunitas diskusi, komunitas menulis, dan lainnya.

Gimana? Apapun jurusanmu, kenalilah bakatmu, kembangkan hobimu, tetapi harus pintar membagi jadwl yaa… Seperti yang dikatakan di awal tujuan utamanya memang kuliah. Semoga bermanfaat.

Penulis: Dewi Safrida

Teknologi Informasi USU

Komentar: